Daftar 5 Danau Terbesar di Indonesia dan Karakteristiknya

Danau Terbesar di Indonesia - Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memang terdiri dari banyak pulau, baik pulau kecil maupun pulau besar. Ada banyak keuntungan yang bisa dinikmati dari kondisi ini. Diantaranya adalah tanahnya yang subur karena banyaknya gunung berapi serta kekayaan sumber daya alam.

Keunggulan lainnya adalah banyaknya kenampakan alam alami yang bisa ditemukan di Indonesia, seperti danau misalnya. Di Indonesia sendiri bisa ditemui beragam danau dengan karakteristik yang berbeda-beda, termasuk danau yang termasuk dalam danau terbesar di Indonesia (lihat juga tentang: Danau Terbesar di Dunia).

Danau sendiri merupakan kenampakan alam berbentuk cekungan berukuran besar yang bisa ditemukan di permukaan bumi. Fungsi dari danau adalah sebagai tempat penampungan air hujan, sehingga bisa menjadi sumber mata air bersih bagi makhluk hidup di sekitarnya. Berbicara tentang danau, ada beberapa danau terbesar di Indonesia yang memiliki karakteristik yang berbeda pula.

1. Danau Toba
Jika menyebut danau terbesar yang ada di Indonesia, Danau Toba pasti masuk di urutan teratas. Ya, danau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini tidak hanya menyandang status danau terbesar di Indonesia, namun juga danau terdalam kedua yang ada di Indonesia serta merupakan danau vulnanik dengan skala terbesar di dunia. Danau Toba memiliki panjang 100km, lebar 30km dan kedalaman 505m. Dengan ukuran ini, volume air di Danau Toba ini bisa mencapai 240km3 dengan luas permukaannya adalah 1.130km2. Satu lagi keunikan dari danau yang berada di ketinggian 905m di atas permukaan laut ini adalah adanya sebuah pulau kecil di tengah danau bernama Pulau Samosir.

2. Danau Towuti
Selanjutnya adalah danau yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Danau Towuti. Danau ini memiliki luas permukaan 561km2 dengan kedalaman maksimalnya mencapai 203m. Danau Towuti menawarkan beragam daya tarik yang tidak akan ditemukan dari danau lainnya. Selain menjadi destinasi wisata alam yang sangat mempesona, danau ini juga menjadi objek penelitian para peneliti. Dari hasil penelitian itu ditemukan hasil bahwa usia danau Towuti ini bahkan diperkirakan lebih tua dibandingkan Danau Toba. Danau yang masuk dalam kategori danau tektonik ini menyimpan kekayaan alam flora dan fauna endemik di dalamnya.

3. Danau Poso
Masih dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Tengah, Danau Poso merupakan danau terbesar ke-3 di Indonesia. Dengan luas permukaan mencapai 323km2 dan kedalaman maksimalnya 450m, tak heran jika danau ini menjadi satu dari 5 danau terbesar yang ada di Indonesia. Karakteristik yang unik dari danau ini adalah pasirnya yang berwarna kuning seperti oasur pantai serta gelombangnya yang juga mirip gelombang laut.

4. Danau Singkarak
Selain Danau Toba, di Sumatera juga ada danau besar lainnya, yaitu Danau Singkarak. Danau ini memiliki panjang maksimal 20km, lebar 6.5km dan luas permukaan 108km2. Dengan pemandangan yang menakjubkan, Danau Singkarak ini juga menjadi destinasi wisata favorit provinsi Sumatera Barat.

5. Danau Matano
Danau terbesar terakhir berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Disebut danau terbesar karena memang danau ini memiliki panjang maksimal hingga 28km dan lebar 8km serta luas permukaan 164km2. Danau tektonik ini menyimpan beragam keanekaragaman hayati termasuk flora endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan Danau Matano.

Untuk memudahkan memahami tentang danau-danau ini, berikut data tentang danau-danau terbesar ini.
Nama Danau Lokasi Luas Permukaan
Danau Toba Sumatera Utara 1.130km2
Danau Towuti Sulawesi Selatan 561km2
Danau Poso Sulawesi Tengah 323km2
Danau Singkarak Sumatera Barat 108km2
Danau Matano Sulawesi Selatan 164km2

Itulah tadi penjelasan dan daftar lengkap 5 danau terbesar di Indonesia. Dengan informasi ini akan semakin memperkaya informasi Anda tentang kekayaan hayati di Indonesia.

Daftar 5 Danau Terbesar di Indonesia dan Karakteristiknya