Gelombang Transversal : Contoh dan Jenis-Jenisnya

Jenis dan Contoh Gelombang Transversal - Gelombang transversal adalah gelombang yang partikel-partikelnya bergerak dari medium berosilasi di sekitar posisi rata-rata sudut kanan menuju arah rambat gelombang. Gelombang tansversal mmepunyai media partikel yang bergetar dalam arah tegak lurus dengan arah perambatan gelombang.

Gelombang transversal cenderung akan membentuk puncak dan lembah serta kemungkinan besar membentuk polarisasi gelombang. Gelombang transversal juga dapat merambat menggunakan benda padat dan cairan namun tidak melalui gas karena gas tidak mempunyai sifat elastis seperti getaran pada permukaan air, getaran dalam elektronik, dan getaran dalam dali.

Pada partikel medium, gelombang ini masih belum berosilasi dalam arah tegak lurus terhadap arah perambatan. Partikel medium akan berosilasi dengan bergerak ke atas atau ke bawah dari bagian yang melewati bidang tersebut.

Titik gelombang yang ada paling atas adalah hasil dari perpindahan positif maksimum dengan titik terendah pada puncak dimana posisi perpindahan maksimum di sebut sebagai lembah. Sehingga dalam gelombang tranversal puncak dengan lembah akan muncul secara bergantian.

Jenis-Jenis Gelombang Tranversal

Gelombang transversal mempunyai dua jenis yang di antaranya Gelombang Elektromagnetik dan Gelombang Terpolarisasi.

a. Gelombang Elektromagnetik
Gelombang Elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak mementingkan dengan keberadaan media untuk melakukan perambatan. Perubahan periodik yang terjadi di hasilkan oleh listrik dan medan magnet yang di sebut dnegan gelombang elektromagnetik. Dalam gelombang ini terdapat  gerakan vakum,  gelombang E.M yang bergerak dengan kecepatan cahaya.

Gelombang elektromagnetik dapat terpolarisasi serta dapat tranversal di alam yang tidak memerlukan medium untuk menyebarkan gelombang E.M. Selain itu, gelombang elektromagnetik mempunyai momentum seperti gelombang radiasi, cahaya, radio, sinar-X dll.

b. Gelombang Terpolarisasi
Gelombang Terpolarisasi merupakan gelombang yang mempunyai dua dimensi. Gelombang dua mensi ini akan menunjukkan fenomena atau proses terjadinya polarisasi. Selain itu gelombang juga bisa linear terpolarisasi.

Sama halnya ketika saat kita menggerakkan tangan dalam satu garis naik turun maka kita juga dapat mencapai gelombang terpolarisasi. Selain itu gelombang polarisasi bisa di buat dengan bentuk melingkar seperti saat kita menggerakkan tangan kita melingkar itu secara tidak langsung sudah mendapatkan gelombang terpolarisasi melingkar.

Contoh Gelombang Transversal

Disini kami akan memberikan beberapa contoh Gelombang Tranversal yang diantaranya gelombang cahaya, gelombang penonton, gelombang radio, gelombang telivisi, gelombang permukaan air, gelombang cahaya tampak, gelombang sinar gamma, gelombang getarara sinar gitar, gelombang dalam gas dan cairan dan gelombang sekunder serta magnet.

Selain itu terdapat terdapat perbedaan antara Gelombang Tranversal dengan longitudinal yang meliputi:
  1. Gelombang longitudinal getaran partikel dari mediumbergerak pada arah rambat. Sedangkan partikel gelombang transversal bergetar dalam arah tergak lurus berhadapan dengan perambatan gelombang.
  2. Gelombang logitudinal dihasilkan dengan bentuk rapatan dan regangan dengan arah yang sama. Sedangkan gelombang transversal berjalan dengan menggunakan puncak dan lembah yang bergerak ketas dan ke baawah dalam keadaan tegak lurus dengan gerak gelombang.
  3. Gelombang transversal tidak bisa merambat menggunakan gas beda dengan gelombang longitudinal yang dapat merambat menggunakan gas
  4. Gelombang longitudinal harus di tempatkan pada tekanan dan kepadatan yang cenderung maksimum.

Gelombang Tranversal merupakan gelombang dihasilkan oleh pergerakan lembah dengan puncak yang tegak lurus dengan arah rambatan. Pergerakan puncak dengan lembah akan secara bergantian muncul. Selain itu gelombang transversal tidak bisa di hasilkan oleh gas. Gelombang transversal mempunyai dua jenis yang mempunyai perbedaan dalam menghasilkan gelombang.

Gelombang Transversal : Contoh dan Jenis-Jenisnya