Ciri-Ciri Pantai Menurut Para Ahli

Ciri-Ciri Pantai - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Secara keseluruhan garis pantai yang dimiliki oleh Indonesia yaitu 81.000 km sehingga merupakan garis pantai terpanjang di dunia. Dan untuk sepanjang garis pantai tersebut terdapat wilayah yang sempit dengan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan manusia  yang dikenal dengan sebutan nama pesisir.

Pantai merupakan batas antara tepi daratan dan lautan yang dipengaruhi oleh gelombang pasang air laut. Bentuk garis pantai akan berubah secara terus menerus karena dipengaruhi oleh angin, gelombang dan arus laut. Sehingga pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pengertian sekaligus ciri ciri pantai menurut para ahli.

Pengertian Pantai Menurut Beberapa Ahli

Berikut ini adalah pengertian dari Pantai menurut beberapa ahli:

Menurut Sandy (1996)
Pantai merupakan muka bumi yang terdiri dari garis  khayal tempat bertemunya daratan dan perairan. Serta dari permukaan air laut rata-rata terendah hingga muka air tertinggi.

Definisi pantai secara fisiologis
Pantai sebagai wilayah garis pantai hingga kearah yang masih dipengaruhi dari terjadinya pasang surut air laut. Dan lebarnya ditentukan oleh kelandaian pantai dan dasar laut dengan dibentuk oleh endapat lempung hingga pasir yang bersifat lepas dan kadang materinya berupa kerikil.

ciri-ciri pantai

Menurut Bird (1984)
Pantai dapat di definisikan sebagai pertemuan antara daratan, lautan dan udara. Ketiga untuk ini saling mempengaruhi, yang meluas pada arah daratan hingga ke batas pengaruh laut masih dirasakan.

Beberapa Ciri Ciri Pantai Menurut Para Ahli

Ciri ciri Pantai Menurut Para Ahli diantaranya adalah Menurut Bird (1984) pantai dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
  1. Pantai pada bagian depan (foreshore) merupakan daerah antara pasang tersurut hingga sampai daerah pasang.
  2. Pantai begian belakang (backshore) merupakan daerah antara pasang tertinggi sampai daerah tertinggi yang terkena ombak.
  3. Lepas Pantai (offshore) merupakan daerah yang meluas dan titik pasang surutnya ke arah laut.

Menurut Para Ahli yang lainnya, ciri ciri pantai yaitu:
  • Terdapat garis pantai yang permanen dan juga terjaga dengan baik. Garis pantai yang dimaksud ini merupakan wilayah atau batas antara daratan dan lautan.
  • Terdapat tanah yang berpasir. Hal ini terjadi akibat ekosistem batu yang menyebabkan tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara yang minim. Biasanya tanah memiliki pori-pori yang besar serta memiliki permeabilitas yang sangat baik.
  • Pantai biasanya terdapat tumbuhan yang mempunyai akar napas yang berguna untuk beradaptasi di daerah pasang laut yang berlumpur. Seperti: Bakau.
  • Terdapat kerang dan mutiara, ada juga terumbu karang
  • Memiliki ekosistem mangrove di sekitar pantai dengan fungsinya sebagai penahan ombak laut yang dapat mengikis pesisir dari pantai tersebut.
  • Ada juga yang mengemukakan bahwa pantai memiliki ciri-ciri terdapat hewan laut, ombak dan pastinya air laut.

Jika ditarik suatu kesimpulan bahwasanya pantai merupakan sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan terdapat di daerah pesisir laut. Hal ini merupakan batas antara daratan serta perairan laut.

Selain hal itu, ciri ciri pantai menurut beberapa ahli yaitu dikemukakan oleh Bird (1984) yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya adalah pantai bagian depan (foreshore), pantai bagian belakang (backshore), dan pantai lepas (offshore). Ciri-ciri pantai selain diatas juga sudah dapat Kamu lihat dengan nyata, yang pastinya terdapat tanah yang berpasir, air laut, bahkan ada kapal.

Ciri-Ciri Pantai Menurut Para Ahli