Peta Negara Angola Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Angola terletak di Benua Afrika atau lebih khususnya di Afrika Selatan dengan ibukota Luanda. Luas Wilayah Angola sekitar 1,246,700.00 km2 menjadikannya sebagai negara terbesar ke-22 di dunia. Angola memiliki ketinggian rata-rata 1.112 m di atas permukaan laut, memiliki iklim kering, sejuk hingga panas. Datarannya terdiri dari dataran rendah (pantai) dan dataran tinggi dengan plateau yang luas.

Gambar peta negara Angola lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Angola yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Angola

Peta Angola
Gambar posisi letak negara Angola dalam peta dunia.

Peta Angola
Gambar Peta Angola.

Berdasarkan peta Angola diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Angola yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan negara Zambia
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan negara Botswana dan Namibia
  4. Sebelah Barat: Dibatasi oleh Samudra Atlantik

Kota Penting di Angola

Beberapa kota penting dan besar di Angola diantaranya adalah Andulo, Benguela, Balombo, Benguela, Caconda, Canzar, Caiundo, Camacupa, Cambulo, Dondo, Cuango, Cubal, Cuilo, Lovua, Luanda, Gabela, Huambo, Kuito, Lobito, Lubango, Lucapa, Luena, Muconda, Malanje, Mavinga, Menongue, Mussende, N'zeto, Namibe, N'dalatando, Negage, Songo, Quibala, Quinzau, Saurimo, Soyo, Xangongo Ondjiva, Tombua dan Uige.

Lokasi Strategis di Angola

Samudra Atlantik, Baia de Bengo, Sungai Caculuvar, Sungai Cassai, Sungai Chicapa, Sungai Kongo, Sungai Cuando, Sungai Cuango, Sungai Cuanza, Sungai Cubango, Sungai Cuilo, Sungai Cuito, Sungai Cunene, Sungai Luangue, Sungai Luena, Sungai Lungue-Bungo , Sungai Quembo, Sungai Umba, Utembo Luiana, dan Sungai Zambeze.

Masalah Lingkungan di Angola

Angola memiliki masalah lingkungan pada deforestasi hutan hujan tropisnya, karena permintaan kayu baik internasional maupun domestik. Hal inilah yang menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati. Masalah selanjutnya adalah erosi tanah akibat penggundulan hutan. Erosi berkontribusi terhadap terjadinya pencemaran air, pengendapan sungai dan bendungan, serta pasokan air minum yang tidak memadai.

Sumber Daya Alam Angola

Angola memiliki sumber daya logam seperti bijih besi, tembaga, emas dan bauksit. Selain itu ada juga cadangan minyak bumi, berlian, fosfat, feldspar dan uranium.

Peta Negara Angola Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya