Peta Negara Aljazair Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Aljazair (Algeria) terletak di Benua Afrika atau lebih khususnya di Afrika Utara dengan ibukota Aljir. Luas Wilayah Aljazair sekitar 2,381,741.00 km2 menjadikannya sebagai negara terbesar ke-10 di dunia. Aljazair memiliki ketinggian rata-rata 800 m di atas permukaan laut, memiliki iklim kering hingga semi kering, musim dingin-ringan, dan musim panas. Datarannya terdiri dari dataran tinggi, gurun, serta pegunungan.

Gambar peta negara Aljazair lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Aljazair yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Aljazair

peta aljazair
Gambar posisi letak negara Aljazair dalam peta dunia.

Peta Aljazair
Gambar Peta Aljazair.

Berdasarkan peta Aljazair diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Aljazair yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Dibatasi oleh Laut Mediterania
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan negara Tunisia dan Libya
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan negara Nigeria dan Mali
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan negara Maroko dan Mauritania

Kota Penting di Aljazair

Beberapa kota penting dan besar di Aljazair diantaranya adalah Adrar, Ain Temouchent, Batna, Bechar, Bejaia, Aljir (Algiers), Annaba (Bone), Blida, Bou Saada, Bejaia (Bougie), Biskra, Constantine, El Oued, Dellys, Djelfa, El Harrach, Oran, Ouargla, Laghouat, Mostaganem, M'sila, Setif, Tebessa, Tindouf, Tlemcen, Skikda (Philippeville), Taghit dan Tizi Ouzou.

Lokasi Strategis di Aljazair

Pegunungan Ahaggar (Hoggar), Laut Alboran, Samudera Atlantik, Pegunungan Atlas, Pegunungan Atlas Saharien, Bahar el Hammar, Chott ech Chergui, Chott el Honda, Chott Melrhir, Golfe de Bejaia, Grand Erg Occidental, Grand Erg Oriental, Laut Mediterania, Sebkha Azzel Matti, Sebkha d Oran (danau garam kering), Sebkha Mekerrhane, dan Selat Gibraltar.

Masalah Lingkungan di Aljazair

Masalah lingkungan yang masih terjadi di Aljazair seperti air minum yang tidak memadai, pencemaran sungai, pantai akibat pembuangan sampah, limbah penyulingan minyak bumi dan limpasan limbah industri lainnya. Laut Mediterania, di perbatasan utara Aljazair telah tercemar karena limbah minyak, limpasan pupuk, dan erosi.

Sumber Daya Alam Aljazair

Aljazair memiliki sumber daya bahan bakar fosil seperti minyak dan gas alam. Sumber daya logam seperti bijih besi, uranium, timbal dan seng. Sumber daya fosfat juga ada di negara ini.

Peta Negara Aljazair Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya