Peta Negara Albania Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Albania terletak di Benua Eropa atau lebih khususnya di Eropa Tenggara dengan ibukota Tirana. Luas Wilayah Albania sekitar 28,748.00 km2 dimana 4.70% (1,350.00 km2) terdiri atas perairan dan 27,398.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Albania lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Albania yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Albania

Peta Albania
Gambar posisi letak negara Albania dalam peta dunia.

Peta Albania
Gambar Peta Albania.

Berdasarkan peta Albania diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Albania yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Serbia dan Montenegro
  2. Sebelah Timur-Selatan: Berbatasan dengan negara Macedonia dan Yunani Selatan
  3. Sebelah Barat: Dibatasi oleh Laut Adriatik

Kota Penting di Albania

Beberapa kota penting dan besar di Albania diantaranya adalah Bajze, Tirane (Tirana), Tropoje, Celeb, Cerave, Berat, Borsh, Bushtrice, Durres, Elbasan, Covorode, Divjake, Dukat, Gjirokaster (Argyrus), Fier, Fier-Shegan, Iballe, Konispol, Koplik, Korce, Jergocat, Karavasta, Kavaje, Mamuras, Obot, Krume, Lezhe, Lushnje, Peshkopi, Shkoder (Scutari), Pulaj, Sarande, Shegan, Tepelene, Vermosh dan Vlore (Valona).

Lokasi Strategis di Albania

Laut Adriatik, Laut Aegea, Sungai Bune, Sungai Drin, Sungai Drini Zi, Gjiri i Drinit, Gjiri i Durresit, Gjiri i Lalezit, Gjiri i Vlores, Teluk Taranto, Laut Ionia, Keneta Terbufit, Sungai Kiri, Laguna e Karavastase, Laguna e Nartes, Limni Mikri Prespa, Liqeni i Butrintit, Alpen Albania Utara, Ohridsko Jezero (Danau Ohritl), Pegunungan Pindus, Prespansko Jezero (Danau Prespa), Sungai Seman, Skadarsko Jezero (Danau Scutari) dan Selat Ortranto.

Masalah Lingkungan di Albania

Masalah lingkungan di negara Albania adalah akibat pencemaran air, yang berasal dari kegiatan industri dan domestik. Negara ini juga memiliki masalah dengan erosi tanah dan deforestasi.

Sumber Daya Alam Albania

Albania memiliki sumber bahan bakar fosil minyak, gas alam dan batu bara dalam jumlah komersial. Terdapat juga sumber daya logam seperti kromit, tembaga, bijih besi dan nikel. Sumber daya lainnya yang juga ada di negara ini adalah garam, kayu dan hydropower.

Peta Negara Albania Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya