Contoh Mineral yang Paling Banyak Dimanfaatkan, Khususnya di Indonesia

Jika mempelajari tentang alam dan seisinya tentu tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini karena sejatinya alam ini tersusun dari materi yang beragam dari yang berukuran paling besar hingga yang paling kecil. Salah satu unsur yang membentuk bumi ini adalah mineral. Contoh mineral yang banyak ditemukan di bumi juga sudah dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Manfaat dan Contoh Mineral yang Mudah Ditemukan di Indonesia
Mineral sendiri selain terdapat di bumi juga terdapat di dalam kandungan makanan yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, dalam konteks ini mineral yang akan dibahas adalah mineral yang ditemukan di bumi atau mineral secara geologis baik itu dalam bentuk jenis senyawa maupun secara native.

Secara geologis, beberapa ahli mendefinisikan mineral hampir sama, yakni bahan padat yang memiliki struktur homogen. Bahan-bahan ini bisa ditemukan di alam dan umumnya memiliki komposisi kimia tertentu yang terbentuk dari proses anorganik. Sudah banyak contoh mineral yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Belerang
Salah satu contoh mineral yang sudah sering dikenal dan tidak asing dalam kehidupan sehari-hari adalah belerang atau sulfur. Sulfur ini adalah jenis mineral yang dihasilkan dari proses vulkanisme. Karena dihasilkan dari proses vulkanisme, sulfur atau belerang ini memiliki sifat-sifat khusus, yakni memiliki kristal yang berwarna kuning hingga kehitaman tergantung unsur yang mengotorinya, mudah hancur namun tidak mudah larut dalam air. Mineral ini banyak dimanfaatkan dalam bidang industri cat, kertas, pupuk bahkan kecantikan.

2. Emas
Siapa yang tak mengenal emas. Ya, emas adalah contoh mineral lain yang terbentuk dari proses konsentrasi yang terjadi di permukaan. Mineral emas yang disimbolkan dengan huruf Au ini masuk dalam golongan native element. Hal tersebut karena emas hanya memiliki satu buah unsur kimia di dalamnya. Seperti yang sudah umum diketahui, emas banyak dimanfaatkan sebagai perhiasan. Di Indonesia sendiri, salah satu jenis mineral ini bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

3. Fosfat
Anda mungkin tidak asing dengan istilah fosfat. Ya, mineral ini adalah contoh mineral yang juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam industri pembuatan pupuk. Mineral Fosfat memiliki ciri-ciri berwarna putih kehijauan, hijau atau putih dengan tingkat kekerasan yang tidak begitu tinggi.

Fosfat sendiri merupakan sumber utama dari unsur nitrogen dan kalium. Mineral jenis ini hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, tidak seperti jenis mineral emas. Fosfat bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Jawa, beberapa wilayah di Sumatera dan Sulawesi serta hanya ada satu di Kalimantan dan Papua.

4. Tembaga
Tembaga (Cu) juga merupakan salah satu contoh dari mineral yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu unsur, tembaga ini bisa ditemukan pada sekitar 250 mineral yang ada di bumi.

Ciri atau sifat dari mineral ini adalah berwarna kuning namun akan berubah menjadi pink kecoklatan atau keabuan ketika dilihat dengan mikroskop. Tembaga ini biasanya dimanfaatkan dalam industri kelistrikan. Daerah di Indonesia yang memiliki potensi mineral tembaga paling besar bisa ditemukan di Papua.

Sebagai unsur pembentuk bumi, mineral sudah pasti banyak ditemukan di alam. Tersusun dari unsur kimia tertentu, mineral kemudian membentuk struktur yang padat yang kemudian bisa diambil manfaatnya. Beberapa contoh mineral di atas adalah beberapa jenis mineral yang banyak ditemukan, khususnya di Indonesia, dan juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Mineral yang Paling Banyak Dimanfaatkan, Khususnya di Indonesia