Inilah Bukti Bumi Telah Berubah

Bumi dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Beberapa perubahan terjadi merupakan bagian alami dari sistem iklim, seperti perluasan musiman dan kontraksi blok es laut Arktik. Perubahan signifikan yang terjadi pada lubang ozon Antartika merupakan penyebab utama berubahnya bumi kita. Pada seri perubahan bumi ini, berdasarkan dokumentasi terakhi (tahun 2016 dan 2017), geologinesia telah merangkum bagaimana tanah, lautan, dan atmosfer kita berubah dari waktu ke waktu melalui berbagai foto yang bersumber dari NASA.

Perubahan Muka Air (water lavel) Danau Powell
Dikombinasikan dengan tuntutan kebutuhan manusia, kekeringan tahunan di "Upper Colorado River Basin" menyebabkan penurunan dramatis di Danau Powell, Sungai Colorado pada awal tahun 2000an. Danau ini mulai pulih di bagian akhir dekade ini, namun pada tahun 2015 muka air danau ini masih berada di bawah rata-rata.
Bukti Bumi Telah Berubah

Lautan ES di Antartika
Karena perbedaan geografi dan iklim, luas laut Antartika jauh lebih besar daripada Arktik pada musim dingin dan lebih kecil pada musim panas. Sejak tahun 1979, es laut Antartika telah meningkat sedikit, namun fluktuasinya dari tahun ke tahun sangat besar.
Bukti Bumi Telah Berubah

Lautan Es di Arktik
Di Arktik, musim basah dan kering menyebabkan tutupan salju berfluktuasi, namun tren secara keseluruhan telah menurun selama hampir satu dekade.
Bukti bumi berubah

Pertumbuhan Delta di Teluk Atchafalaya
Di Mississippi, laut telah meng-erosi sebagian besar dataran delta Sungai Mississippi, lain halnya disini, sedimen dari Sungai Atchafalaya justru sedang membangun dua delta baru ke arah barat.
bukti perubahan bumi

Lubang Ozon Antartika
Pada awal 1980-an, para ilmuwan mulai menyadari bahwa Cloro Floro Carbon (CFC) menciptakan titik tipis - lubang di lapisan ozon di Antartika setiap musim semi. Rangkaian citra satelit ini menunjukkan lubang ozon pada hari kedalaman maksimum setiap tahun dari tahun 1979 sampai 2016.
bukti bahwa bumi kita berubah

Perubahan Garis Pantai Cape Cod
Garis pantai Cape Cod memberikan studi kasus visual dalam evolusi dan gerakan dinamis dari pulau-pulau penghalang (barrier) dan tanjung (spit).
bumi kita sudah berubah

Columbia Glacier, Alaska
Sejak tahun 1980, volume gletser ini yang tumpah ke Pangeran William Sound telah menyusut setengahnya. Perubahan iklim mungkin telah menyenggol proses ini, namun kekuatan mekanis telah memainkan peran terbesar dalam hilangnya es.
bukti perubahan bumi

Penyusutan Laut Aral
Sebuah proyek irigasi besar telah menghancurkan Laut Aral selama 50 tahun terakhir. Gambar-gambar ini menunjukkan penurunan Laut Aral Selatan dalam dekade terakhir, serta langkah awal pemulihan di Laut Aral Utara.
berubahnya permukaan bumi
Sumber gambar: NASA
Komentar