Tenaga Endogen Adalah Tenaga Dari Bawah Permukaan Bumi, Ini Pengertian Lengkapnya

Pengertian Tenaga Endogen - Tahukah kamu apa itu tenaga endogen serta contohnya? menurut ilmu geologi, tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi (bawah permukaan). Bumi dibentuk oleh banyak proses geologi yang berbeda-beda. Kekuatan yang menyebabkan perubahan fitur bumi dapat berasal dari atas permukaan maupun di bawah permukaan bumi. Beragam contoh tenaga endogen mewakili kekuatan bawah permukaan sedangkan tenaga eksogen merupakan contoh kekuatan dari atas permukaan.

Tenaga endogen sebagian besar diakibatkan oleh energi panas (thermal) mantel dan kerak bumi. Energi termal ini berasal dari peluruhan atau disintegrasi unsur radioaktif seperti uranium, torium, dan potassium serta perbedaan gravitasi di dalam mantel bumi. Pergerakan lempeng litosfer diperkirakan dihasilkan oleh arus konveksi energi panas di dalam mantel.

Sedikitnya ada 3 macam tenaga endogen paling utama, yaitu: melipat (fold), mensesarkan (fault), dan vulkanisme. Melipat dan mensesarkan berhubungan dengan tektonisme, mereka sering terbentuk di sepanjang batas lempeng, yaitu zona yang terletak di tepian lempeng bumi. Zona disepanjang batas lempeng merupakan zona paling lemah. Sedangkan intrusi, ekstrusi dan erupsi magma akan selalu berhubungan dengan vulkanisme.

jenis-contoh-macam-macam-tenaga-endogen

Contoh tenaga endogen baik itu proses maupun fitur yang dihasilkannya adalah: gempa bumi, kemunculan dan perkembangan benua, palung laut, gunung-pegunungan, aktivitas vulkanik, metamorfisme batuan, deformasi, serta pergerakan kerak baik secara vertikal maupun lateral.

Banyak sistem pegunungan seperti Himalaya merupakan produk tumbukan lempeng litosfer. Pergerakan pecahan lempeng, lipatan batuan, dan tumbukan (collision) dapat menghasilkan rangkaian pegunungan luas maupun kerucut vulkanik. Tenaga ini juga dapat menghasilkan bentang alam dipermukaan, contohnya bentang alam struktural.

Target pembelajaran:
Pengertian tenaga endogen: tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang terdiri atas 2 proses besar geologi yaitu tektonisme dan vulkanisme.
Contoh tenaga endogen: tumbukan (collision), gempa bumi, sesar (patahan), lipatan, deformasi batuan, metamorfisme, geothermal, intrusi magma, ekstrusi magma dan erupsi.
Komentar