Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pengertian Vulkanisme Menurut Geologi

Pengertian Vulkanisme - Jumpa lagi sobat GEOLOGINESIA, artikel yang kamu baca saat ini adalah tentang Vulkanisme Menurut Ilmu Geologi. Sebelumnya wajib diketahui bahwa tujuan Geologinesia memberikan materi ini untuk membuka wawasan kamu mengenai apa itu Vulkanisme. Semoga postingan yang berada pada kategori Vulkanisme, Pengertian Vulkanisme, Gejala Vulkanisme, ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan kamu. Akhir kata dari kami, selamat menyimak serta memahaminya.

Menurut ilmu geologi, pengertian vulkanisme adalah semua gejala di bumi yang diakibatkan oleh aktivitas magma. Aktivitas magma berhubungan dengan gerakan, dan gerakan magma ini dapat terjadi karena magma mengandung gas mobile yang merupakan sumber tenaganya untuk menekan batuan yang ada di sekitarnya. Vulkanisme juga dapat mengandung pengertian sebagai peristiwa yang terkait dengan naiknya magma dari dalam perut bumi ke permukaan bumi.

Baca juga artikel yang berhubungan dengan Pengertian Vulkanisme: Peran Magma Dalam Penciptaan Manusia

Sesuai dengan pengertian vulkanisme diatas, maka kejadian vulkanisme sangat dipengaruhi oleh aktivitas magma yang menyusup ke litosfer (kulit bumi). Apabila penyusupan magma hanya sebatas pada kulit bumi bagian dalam, maka akan disebut dengan intrusi magma. Sedangkan jika penyusupannya hingga keluar ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma.

Ekstrusi magma dapat terjadi bila tekanan magma cukup kuat dan ada retakan pada kulit bumi. Tipe ekstrusi magma dapat di bedakan menjadi Erupsi Sentral, Erupsi Linier, dan Erupsi Areal. Sedangkan bentuk intrusi magma dapat dibedakan menjadi Lakolit, Sill, Diatrema, dan Gang (korok).

Perlu diketahui bahwa ekstrusi magma inilah yang menyebabkan terjadinya gunung berapi atau disebut juga dengan vulkan. Sedangkan intrusi magma bisa mengangkat lapisan kulit bumi menjadi cembung hingga membentuk tonjolan berupa pegunungan.

Bagaimana sobat, apakah sampai pada bagian ini pemahaman kamu mengenai Vulkanisme sudah mulai terbuka?. Untuk penjelasan lebih detail mengenai tipe dan jenis ekstrusi maupun intrusi magma akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya. Jadi, mari kita kembali pada topik mengenai vulkanisme.

Pengertian Vulkanisme adalah gejala geologi terkait aktivitas magma

Baca juga postingan yang berkaitan dengan Magma: Magma adalah Batuan Pijar Cair Dibawah Permukaan Bumi

Pengaruh kegiatan vulkanisme selain yang menguntungkan tadi, ternyata bisa menimbulkan masalah, utamanya terhadap lingkungan di sekitarnya. Misalnya gunung berapi, saat meletus dapat membahayakan dan mengancam jiwa. Bahaya tersebut diantaranya adalah gas beracun, semburan material pasir serta lapili, lahar dingin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian vulkanisme menurut ilmu geologi di atas. Diharapkan postingan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa pada artikel terupdate Geologinesia berikutnya.