Peta Geologi Singkawang Kalimantan : Lengkap dengan Resume Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur

Di bawah ini merupakan resume dari Geologi Regional Lembar Singkawang, Kalimantan yang terdri atas fisiografi, stratigrafi, tektonik, maupun struktur geologi. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda ambil pada tautan yang disediakan di bagian bawah gambar peta. Pergunakan peta geologi ini secara bijak, khususnya untuk kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Berkaitan dengan ringkasan/resume regional dalam artikel ini, akan lebih baik jika anda mengambil peta geologinya secara langsung serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bagian atribut peta. Jangan lupa, disesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Singkawang, Kalimantan ini.

Lihat juga: Geologi Busur Kalimantan Tengah

Peta Geologi Regional Lembar Singkawang Kalimantan
Gambar Peta Geologi Singkawang Kalimantan.


Fisiografi Singkawang

Thorp, dkk (1990) membagi fisiografi lembar Singkawang, Kalimantan menjadi 5 zona fisiografi yaitu zona pantai, dataran aluvial, undak pasir putih, perbukitan menggelombang rendah, serta perbukitan curam.

Stratigrafi Lembar Singkawang

Dibawah ini adalah rangkuman tatanan stratigrafi untuk lembar Singkawang, Kalimantan:
  1. ENDAPAN ALUVIAL & RAWA (Qa); merupakan lumpur, pasir, kerikil juga bahan tumbuhan.
  2. ENDAPAN LITORAL (Qc); merupakan lumpur, pasir, kerikil dan setempat gampingan.
  3. ENDAPAN ALUVIAL TERBIKU (Qat); tersusun oleh kerikil, pasir dan lumpur.
  4. BATUAN GUNUNG API NIUT (Tpn); basal porfiritik, serta sedikit andesit.
  5. BATUAN TEROBOSAN SINTANG (Toms); diorit, diorit kuarsa, granodiorit, juga tonalit memiliki tekstur dasar holokristalin-porfiritik.
  6. FORMASI HAMISAN (Toh); tersusun oleh arenit kuarsa, arenit lithic, konglomerat polimik dengan fragmen berupa kuarsa, granit, serta serpih.
  7. DASIT BAWANG (Teb); dasit, sedikit tonalit yang terbentuk dari hasil kegiatan magma tahap akhir dari batuan gunungapi Serentak.
  8. BATUAN GUNUNGAPI SERANTAK (Tes); satuan batuan ini terdiri dari piroklastik dasitan tersusun atas tufa lapilli, tufa kristalin, tufa dasitan, setempat terdapat breksi tufaan maupun riodasit; berwarna kelabu muda sampai kecoklatan, sebagian terubah.
  9. GABRO SETINJAM (Kuse); merupakan gabro bertekstur halus sampai kasar setempat berlapis, mineral penyusun utama hornblende dan piroksin setempat biotit dan olivin.
  10. GRANODIORIT MENSIBAU (Klm); granodiorit hornblende – biotit, adamelit, tonalit, diorit maupun granit.
  11. BATUAN GUNUNGAPI RAYA (Klr); batuan vulkanik berkomposisi andesit sampai dasit maupun piroklastik.

KELOMPOK BENGKAYANG:
  • FORMASI SUNGAIBETUNG (Jls); merupakan perselingan batulumpur, batulanau, batupasir halus sampai sedang berwarna kelabu muda – hitam.
  • TRub FORMASI BANAN; batupasir, sedikit konglomerat di bagian atas, batupasir dan serpih di bagian tengah, batupasir maupun batupasir tufaan dengan sisipan tufa berkomposisi asam di bagian bawah.

Lihat juga: Geologi Busur Sunda Banda

Tektonik dan Struktur Geologi

Struktur geologi di lembar Singkawang dikontrol oleh granodiorit Mensibau merupakan batolit Singkawang, Kalimantan. Satuan batuan ini diperkirakan merupakan busur magmatik hasil dari subduksi antara lempeng Proto Laut Cina Selatan dengan bagian utara dataran Sunda yang miring ke arah selatan pada Kapur Bawah (Suwarna dkk, 1993). Proses subduksi lanjutan terjadi pada Eosen – Oligosen Awal akibat terjadinya pemekaran membentuk Laut Cina Selatan.

Magmatisme berumur Oligosen Akhir – Miosen Tengah memotong busur magmatik berumur Eosen – Oligosen Awal. Batuan terobosan lebih muda seperti batuan terobosan Sintang menunjukkan arah kelurusan memanjang timurlaut – baratdaya. Terdapat busur magmatik di zona Sibu-Rajang berumur Miosen Tengah – Pliosen. Busur magmatik ini diperkirakan berhubungan dengan subduksi di palung Palawan.

Demikian Resume dari Peta Geologi Singkawang, Kalimantan beserta tautannya yang bisa kami berikan. Besar harapan kami, semua peta geologi yang dipublish disini dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Apabila ada tautan dari peta ini yang rusak, mohon diinfokan melalui kolom komentar. Kami akan berusaha untuk memperbaikinya. Salam.

Komentar