Jurnal Geologi: Pemodelan 2D TEM untuk Studi Hidrogeologi di Cekungan Sedimen Parana, Brazil

Jurnal geologi yang dipublikasikan ini dihasilkan berdasarkan penelitian menggunakan pemodelan 2D TEM (Transient Electromagnetic) untuk studi hidrogeologi di cekungan sedimen Parana. Wilayah penelitian terletak di Wilayah utara negara bagian Sao Paulo, Brazil, di mana air tanah dieksploitasi Dari dua sistem akuifer yaitu "sedimen dangkal" dan "kristalin dalam". Minat penerapan metode TEM di daerah ini mengacu pada tingkat eksploitasi tinggi terhadap air tanah dari sistem akuifer kristal untuk irigasi, sehingga memicu aktivitas seismik yang cukup banyak secara lokal.

Baca juga: Jurnal Geologi Pemetaan Mineral Hidrotermal Terkait Geothermal Menggunakan Penginderaan Jauh dan SIG

Sistem akuifer tersebut terdiri dari "fracture" basalt di dalam Formasi Serra Geral yag kedalamannya sekitar 120m. 80-6 TEM diperoleh pada lokasi ini, namun dalam 9 kasus, data tidak sesuai dengan model kurva geo-elektrik 1D karena kompleksitas geologi daerah tersebut. Jurnal ini menunjukkan hasil pemodelan geo-elektrik 2D berdasarkan FDTD (Finite Differences in Time Domain) untuk menjelaskan variasi resistivitas lateral dalam lingkungan geologi. Untuk jurnal lengkapnya silahkan lihat pada tautan setelah gambar di bawah ini.

Jurnal Geologi Pemodelan 2D TEM Studi Hidrogeologi Cekungan Sedimen
Peta topografi daerah penelitian, dengan sumur eksploitasi dan Soundings TEM Model GeoElectrical 2D.


Judul Original : "2D TEM Modeling for a Hydrogeological Study in the ParanĂ¡ Sedimentary Basin, Brazil".
Universidade de Sao Paulo, Instituto de Astronomia, Geofisica e Ciencias Atmosfericas, Departamento de Geofisica. Rua do Matao, Butanta, Sao Paulo, Brazil. Universidade de Lisboa-IDL, Lisboa, Portugal.
Sumber: SCIRP
Komentar