Ilmuwan menemukan Abu Batubara sangat kaya Unsur Tanah Jarang (REE)

Ilmuwan AS telah menemukan apa yang bisa menjadi kunci bagi masa depan industri batubara dengan mendeteksi bahwa abu dari penambangan batubara, terutama di sekitar wilayah Appalachian, sangat kaya akan unsur tanah jarang.

Baca juga: Unsur/logam Tanah Jarang dan Kegunaannya

Para peneliti dari Duke University North Carolina berbasis analisis terhadap abu batubara dari pembangkit listrik tenaga batubara di seluruh Amerika Serikat, termasuk di daerah-daerah penghasil batubara terbesar: Pegunungan Appalachian; selatan dan barat Illinois; dan Basin Powder River di Wyoming dan Montana.

Salah satu kesimpulan utama tim adalah bahwa limbah batubara yang dihasilkan oleh operasi batubara Appalachian adalah sangat banyak mengandung unsur tanah jarang, yaitu mengandung 591 miligram REE per kilogram abu.

ekstraksi REE dari abu batubara
Skema ekstraksi unsur tanah jarang dari abu batubara.

"Ada nilai miliaran dolar dari unsur tanah jarang yang terkandung dalam abu batubara bangsa kita," kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

"Jika kita ingin maju, jelas kita akan memilih abu batubara untuk dapat mengekstrak jumlah tertinggi dari unsur tanah jarang (REE), dan pekerjaan kami yang pertama adalah melakukan studi komprehensif untuk memulai sebuah pilihan lewat sebuah survei" kata mereka.

Baca juga: Macam-macam jenis dan Kualitas Batubara

Unsur tanah jarang sangat penting, tidak hanya untuk pembuatan perangkat berteknologi tinggi, tetapi juga untuk sistem komunikasi militer. Itulah mengapa Departemen Energi AS baru-baru ini menawarkan $ 20 juta untuk perusahaan yang bisa memecahkan teka-teki ekonomis dari unsur tanah jarang.

Setelah melakukan penemuan ini, para ilmuwan saat ini memfokuskan penelitian pada metode yang dapat membuat ekstraksi unsur tanah jarang dari limbah batubara layak secara finansial dan juga ramah terhadap lingkungan.

Sumber: Environmental Science & Technology
Komentar