Gempa Bumi Terkini: Gorontalo di Guncang Gempa 4,4 Skala Richter

Gempa yang berkekuatan 4,4 SR telah mengguncang Provinsi Gorontalo pada hari ini Sabtu 21 mei 2016. Gempa terjadi pada pukul 15.01 WITA pada kedalaman sekitar 40 kilometer.


Indar Adi Waluyo dari Stasiun Meteorologi dan Geofisika Gorontalo mengatakan bahwa Gempa terjadi pada posisi 1,07 LU dan 122,77 BT ke arah 34 kilometer Timur Laut Gorontalo Utara.

Menurutnya, episenter gempa berada di sekitar pesisir Kecamatan Sumalata Timur, dan warga diharapkan melaporkan bila merasakan kekuatan gempa tersebut.

“Kami berharap ada laporan dari warga atau siapapun yang merasakan guncangan tersebut, terutama di wilayah sekitar episentrum,” katanya.


Gorontalo merupakan salah satu daerah yang paling rawan terjadi gempa bumi. Bahkan dalam catatan BMKG, intensitas gempa di daerah itu nyaris terjadi setiap hari.
gempa gorontalo

Sebelumnya, tanggal 7 April 2016 pukul 12.09/Wita terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Gorontalo Utara.

Juga pada November 2008 terjadi gempa berkekuatan 7,7 SR di Gorontalo, menyebabkan seorang warga tewas. Meskipun demikian, gempa jarang dirasakan oleh warga Gorontalo karena rata-rata berkekuatan di bawah 5 Skala Richter (SR).

Sumber: Antaranews
Komentar