Sabtu, 07 Oktober 2017

Peta dan Profil Negara Inggris (United Kingdom)

Negara Inggris (United Kingdom) terletak di Eropa Barat. Inggris memiliki panjang garis perbatasan 443,00 km yang berbatasan langsung dengan Irlandia. Inggris terlibat dalam sengketa wilayah dengan Gibraltar dan Argentina.

Inggris merupakan salah satu negara di Benua Eropa dengan luas wilayah 243.610,00 km2, dimana 0,69% adalah perairan dan 241.930,00 km2 adalah daratan. Kawasan ini mencakup Rockall dan Shetland Islands. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-81 di dunia atau dua kali ukuran luas Pennsylvania; sedikit lebih kecil dari Oregon. Koordinat geografis negara ini adalah 54 00 N, 2 00 W dan London adalah ibukota nya.

Istilah "Great Britian" berasal dari abad pertengahan, dan digunakan untuk membedakannya dari Brittany, di Perancis. Kode ISO negara Inggris adalah GB.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Argentina

Peta Negara Inggris

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Inggris dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Inggris, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

peta dan profil negara inggris

Negara yang berbatasan dengan Inggris: Irlandia.

Kota-kota di Inggris:  Antrim, Aberdeen, Aberystwyth, Armagh, Belfast, Ballycastle, Barnsley, Birmingham, Caernarfon, Boumemouth, Bristol, Cambridge, Canterbury, Carmarthen, Chelmsford, Cardiff, Carlisle, Cheltenham, Coleraine, Cookstown, Chester, Chichester, Cupar, Doncaster, Dumfries, Dorchester, Downpatrick, Dundee, Durham, Edinburgh, Exter, Grimsby, Hamilton, Falkirk, Glasgow, Gloucester, Hertford, Inverness, Kirkwall, Lame, Leicester, Lewes, Lincoln, Liverpool, London, Maidstone, Stroud, Swansea, Wakefield, Ipswich, Kingston upon Hull, Manchester, Mansfield, Matlock, Mold, Motherwell, Newcastle Upon Tyne, Newport, Newry, Norwich, Warwick, West Bromwich, Nottingham, Oxford, Perth, Newton Saint Boswells, Northallerton, Northhampton, Plymouth, Preston, Reading, Scarborough, Shrewsbury, South Shields, Reigate, Saint Andrews, Salisbury, Stafford, Thurso, Trowbridge, Truro, Stockport, Stornoway, Winchester, Wokingham dan York.

Lokasi Penting di Inggris: Samudera Atlantik, Bristol Channel, English Channel, Cardigan Bay, Laut Celtic, Firth of Lorn, Laut Irish, Loch Katrine, Loch Laggan, Loch Lomond, Loch Ness, Kilbrannan Sound, Loch Ericht, Loch Rannoch, Pantai Morecambe, North Channel, North Sea, Loch Tommel, Pantai Lyme, Sea of the Hebrides, Strait of Dover, Solway Firth, St. George's Channel dan Pantai Wigtown.

Profil Negara Inggris

Dibawah ini merupakan profil negara Inggris yang mencakup geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, bahaya alam (natural hazard), dan isu lingkungannya.

Geografi
Inggris memiliki ketinggian rata-rata 162 m dpl. Elevasi terendahnya adalah The Fens yang berada di bawah permukaan laut. Elevasinya yang tertinggi adalah Ben Nevis yang tingginya 1.343m. Pulau-pulaunya memiliki iklim subtropis dan tropis. Daerah ini sebagian besar terdiri dari perbukitan terjal dan pegunungan rendah, yang berubah menjadi dataran di timur dan tenggara.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Amerika Serikat (USA)

Jumlah Penduduk (Populasi)
Inggris memiliki populasi 64.430.428 orang, sehingga menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-22 di dunia. Sebagian besar penduduk tinggal dalam jarak yang cukup jauh dari London. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan. Kelompok etnis yang paling banyak dilaporkan adalah berkulit putih. Sebagian besar penduduk beragama Kristen Protestan, serta cukup banyak yang teridentifikasi sebagai non-religius. Kode panggilan untuk negara ini adalah 44.

Pemerintahan
Inggris adalah negara merdeka. "The Royal and Parliamentary Titles Act" mendirikan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara pada tahun 1927. Inggris tidak memiliki dokumen khusus atau yang biasa disebut sebagai konstitusi. Sistem pemerintahan negara ini adalah Monarki konstitusional parlementer; sebuah wilayah Persemakmuran.

Ekonomi
GDP (PPP) Inggris adalah $2,790,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita $42,500.00 (USD). Hal ini menjadikannya sebagai negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-9 serta warganya terkaya ke-37 di dunia. Mata uang Inggris adalah Pound (GBP).

Mitra ekspor utamanya adalah Amerika Serikat, Jerman, dan Swiss. Ekspor utamanya adalah barang-barang manufaktur, bahan bakar, bahan kimia, dan makanan. Mitra impor utamanya adalah Jerman, China, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi barang-barang manufaktur, mesin, bahan bakar, dan bahan makanan.

Sumberdaya Alam
Inggris memiliki bahan bakar fosil batubara, minyak bumi dan gas alam. Sumber daya logam di dalam negeri termasuk bijih besi, timbal, timah, seng dan emas. Sumber daya alam lainnya yang ada juga meliputi garam, gipsum, kalium, kapur, tanah liat, pasir silika, batu tulis, batu gamping dan lahan subur.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Rusia

Bahaya Alam
Inggris memiliki beberapa bahaya alam, yang meliputi banjir, dan badai angin musim dingin (winter windstorms).

Isu Lingkungan
Meskipun Inggris memiliki masalah lingkungan, tetapi mereka selalu berusaha mengurangi masalah tersebut. Pada tahun 2005 pemerintah telah mengurangi jumlah limbah industri dan komersial yang dibuang di tempat pembuangan akhir menjadi 85% dari tahun 1998, dengan mendaur ulang atau mengomposkan setidaknya 25% limbah rumah tangga. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat daur ulang/kompos menjadi 33% pada tahun 2015.

Selain itu, Inggris terus mengurangi emisi gas rumah kaca. Negara ini telah memenuhi target Protokol Kyoto yaitu dengan tingkat pengurangan emisi 12,5% mulai dari tahun 1990, dan bermaksud untuk memenuhi target yang mengikat secara hukum, yaitu pengurangan 20% emisi.