Sabtu, 07 Oktober 2017

Peta dan Profil Negara Brazil (Brasil)

Negara Brazil terletak di Timur Amerika Selatan. Brasil memiliki panjang garis perbatasan 16.145,00 km dimana dengan Bolivia (3.403 km), Argentina (1.263 km), Kolombia (1.790 km), Guyana (1.308 km), Guyana Perancis (649 km), Suriname (515 km), Uruguay (1.050 km), Peru (2.659 km), Paraguay (1.371 km) dan Venezuela (2.137 km). Negara ini terlibat dalam perselisihan batas yang tidak terbantahkan dengan Uruguay atas Pulau Braziliera.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Rusia

Brazil adalah salah satu negara di Benua Amerika tepatnya Amerika Selatan dengan luas wilayah 8.515.770,00 km2, dimana 1,85% adalah perairan dan 8.358.140,00 km2 merupakan daratan. Wilayahnya mencakup Arquipelago de Fernando de Noronha, Ilhas Martin Vaz, Ilha da Trindade, Atol das Rocas dan Penedos de Sao Pedro e Sao Paulo. Hal ini menjadikannya sebagai negara terluas ke-6 di dunia atau sedikit lebih kecil dari Amerika Serikat. Koordinat geografis Brazil adalah 10 00 S, 55 00 W dengan Brasilia adalah ibukotanya. Nama negara Brazil berasal dari nama pohon brazilwood. Kode ISO-nya adalah BR.

Peta Negara Brazil

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Brazil dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Brazil, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

peta dan profil brazil

Negara-negara yang berbatasan dengan Brazil: Bolivia, Argentina, French Guiana, Uruguay, Guyana, Colombia, Peru, Suriname, Paraguay, serta Venezuela.

Kota-kota di Brazil: Belem, Belo Horizonte, Altamira, Aracaju, Boa Vista, Boca do Acre, Araguaina, Barreiras, Brasilia, Carajas, Carceres, Cruzeiro do Sul, Cachimbo, Campo Grande, Cuiaba, Curitiba, Humaita, Ilheus, Itaituba, Florianopolis, Fortaleza, Goiania, Maceio, Maraba, Natal, Joao Pessoa, Macapa, Olinda, Palms, Porto Alegre, Porto Velho, Petrolina, Ponta Pora, Recife, Rondonopolis, Salvador (Bahia), Rio De Janeiro, Rio Grande, Santa Maria, Santos, Sao Francisco do Sul, Santa Cruz, Santa Fe do Sul, Sao Paulo, Vila Velha (Espirito Santo), Sao Jose do Ribamar, ao Luis dan Vitoria.

Baca juga: Peta dan Profil Negara China

Lokasi Penting di Brazil: Sungai Amazon, Samudera Atlantik, Bahia de Sao Marcos, Canal do Norte, Canal do Sul, Rio Araguala, Bahia de Paranagua, Laguna Negra, Sungai Negro, Samudera Pasifik, Lagoa Mirim, Lagoas dos Patos, Danau Represa Balbina, Represa de Tucurui, Represa Boa Esperanca, Represa de Sobradinho, Rio Juruena, Rio Madeira, Rio Negro, Rio Sao Francisco, Rio Teles Pires, Sungai Rio Parana, Rio Purus, Rio Xingu, Serra do Parecis, Serra de Tumucumaque, Serra do Espinha dan Sungai Tocantins.

Profil Negara Brazil

Dibawah ini merupakan profil negara Brazil yang mencakup geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, bahaya alam (natural hazard), dan isu lingkungannya.

Geografi
Brasil memiliki ketinggian rata-rata 320 m dpl. Elevasi terendahnya adalah Samudra Atlantik. Ketinggian tertinggi adalah Pico da Neblina yang tingginya 2.994 m. Negara ini memiliki iklim tropis, di selatan lebih beriklim sedang. Daerahnya sebagian besar landai dengan beberapa dataran, bukit, dan pegunungan.

Jumlah Penduduk (Populasi)
Brazil memiliki populasi 205.823.665 orang, menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-5 di dunia. Sebagian besar penduduk tinggal di dekat pantai Atlantik. Portugis adalah bahasa resmi dan paling banyak digunakan. Sebagian besar kelompok etnis dilaporkan berkulit putih, mulatto, dan hitam. Penduduk di negara ini terutama beragama Katolik Roma dan Protestan. Kode panggilan untuk negara ini adalah 55.

Pemerintahan
Brazil merupakan negara merdeka. Ia menjadi independen dari Portugal pada tahun 1822. Konstitusi terakhirnya diratifikasi pada tahun 1988 dengan sistem pemerintahan Republik Presidensial Federal.

Ekonomi
GDP (PPP) Brazil adalah $3,080,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita $14,800.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia serta warganya terkaya ke-106 di dunia. Mata uang Brazil adalah Real (BRL).

Mitra ekspor utamanya adalah Amerika Serikat dan China. Ekspor utamanya adalah peralatan transportasi, bijih besi, dan kedelai. Mitra impor utamanya adalah China, Amerika Serikat, dan Jerman. Impor utamanya meliputi mesin, listrik dan transportasi.

Sumberdaya Alam
Brazil memiliki kekayaan sumber daya logam yang meliputi bauksit, emas, bijih besi, mangan, nikel, platinum dan timah. Sumber daya lainnya termasuk batu permata, fosfat, uranium, minyak bumi, tenaga air dan kayu.

Bahaya Alam (Natural Hazard)
Di bagian timur laut Brazil sering terjadi kekeringan. Bahaya alam lainnya termasuk banjir, dan embun beku (frost) sesekali terjadi di bagian selatan negara ini.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Amerika Serikat (USA)

Isu Lingkungan
Negara ini memiliki tingkat polusi air, udara dan tanah yang cukup tinggi. Penggundulan hutan di Lembah Amazon menghancurkan habitat dan membahayakan banyak spesies tumbuhan dan hewan yang berasal dari daerah tersebut. Terjadi juga degradasi lahan basah, tumpahan minyak yang parah, dan polusi air serta degradasi lahan akibat kegiatan penambangan yang tidak benar. Rio de Janeiro, Sao Paulo, dan beberapa kota besar lainnya mempunyai polusi udara dan air yang signifikan. Di Negara ini juga sering terjadi perdagangan satwa liar.