Selasa, 03 Oktober 2017

Akibat Penipisan Lapisan Ozon

Penipisan Lapisan Ozon - Planet Bumi adalah planet dengan struktur yang kompleks, dan diketahui merupakan satu-satunya planet yang bisa dihuni manusia dengan normal. Untuk itu, terdapat tanah, air, dan udara yang mendukung keberlangsungan hidup manusia. Sayangnya, kehidupan manusia justru merusak beberapa tatanan sistem di Bumi, salah satunya adalah penipisan lapisan ozon.

Baca juga: Macam-macam Pencemaran Lingkungan Serta Dampaknya

Ozon sendiri merupakan lapisan di atmosfer yang melindungi permukaan tanah dari sinar matahari yang merusak. Sinar matahari memang dibutuhkan untuk keberlangsungan makhluk hidup di Bumi, akan tetapi ada sinar ultraviolet yang berbahaya bagi makhluk hidup. Jika makhluk hidup tersebut terpapar sinar UV terlalu sering, maka akan ada bahaya yang tidak terhindarkan dan membahayakan kehidupan tersebut. Apa saja bahaya penipisan lapisan ozon? Berikut penjelasannya.

1. Penyakit Mematikan
Sinar Ultraviolet adalah sinar yang paling banyak terkandung dalam sinar matahari. Dalam jumlah dan gelombang yang cukup, sinar ini baik untuk kesehatan. Akan tetapi, dengan intensitas radiasi yang tinggi, sinar ini akan menyebabkan penyakit yang mematikan, yaitu kanker. Kanker yang bisa terjadi adalah kanker kulit.

Namun, ada juga penyakit lain seperti gangguan pernapasan dan gangguan kesehatan lain. Karena penipisan lapisan ozon ini menyebabkan intensitas sinar ultraviolet meningkat. Selain itu, tidak ada filter yang mengurangi intensitas cahaya tersebut. Maka, untuk Anda yang tinggal di daerah yang terasa panas, jangan sering-sering keluar dari rumah, kalaupun harus, lebih baik gunakan masker dan pakaian yang tertutup.

2. Terganggunya Ekosistem
Sinar matahari berfungsi juga untuk membunuh mikroorganisme perairan yang populasinya berlebih. Hal ini menjadikan keseimbangan ekosistem terjaga. Dengan meningkatnya intensitas ultraviolet akibat lapisan ozon yang menipis, mikroorganisme perairan akan mengalami kematian besar-besar dan mengurangi produksi oksigen alami.

penipisan lapisan ozon
Posisi lapisan ozon pada struktur atmosfer.

Selain itu beberapa mikroorganisme adalah makanan bagi ikan kecil dan makhluk lain. Jika jumlah ini menjadi tidak seimbang, maka rantai makanan akan rusak dan dimulailah kepunahan berbagai jenis spesies akibat tidak adanya makanan.

3. Persediaan Es Mencair
Bumi ini memiliki berbagai iklim dan suhu permukaan. Suhu permukaan rata-rata sejak adanya manusia hidup di Bumi adalah suhu yang paling tepat untuk hidup. Akan tetapi, banyaknya sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi, maka suhu akan semakin meningkat. Ini menyebabkan gunung es di kutub mencair karena suhu yang menghangat.

Jika gunung es mencair, daratan akan tenggelam sedikit demi sedikit. Dan sayangnya, meski bisa berevolusi, kecepatan evolusi makhluk hidup di Bumi tidaklah secepat perubahan lingkungan yang terjadi akibat penipisan lapisan ozon ini.

Baca juga: Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

Jadi, sudah jelas bahwa akibat dari penipisan lapisan ozon hampir semuanya merupakan akibat yang buruk. Anda yang sampai sekarang masih hidup di Bumi pun tidak akan luput dari akibat ini. Maka, sudah semestinya manusia sadar dan mengubah gaya hidup menjadi ramah lingkungan.