Jumat, 18 Agustus 2017

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Beberapa Aspek

Jenis-Jenis Peta Dari Beberapa Aspek - Sebagaimana yang dimuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta merupakan gambaran atau lukisan yang dimuat di atas kertas atau media datar lainnya dan merepresentasikan kondisi geografis suatu daerah atau lokasi. Contoh dari kondisi-kondisi yang dimaksud misalnya sifat permukaan tanah dan fitur alam seperti sungai, laut, gunung, dan sebagainya. Seperti subyek lainnya, saat mempelajari peta ada beberapa klasifikasi yang perlu diketahui. Jenis-jenis peta bisa dikelompokkan berdasarkan beberapa  aspek, yaitu:

Berdasarkan Isinya

Ada macam-macam peta yang bisa diketahui ketika pembagiannya berdasarkan isinya, yaitu peta umum dan khusus. Peta umum berisi gambaran kenampakan umum pada suatu wilayah. Peta umum ini masih dibagi menjadi 3, yaitu peta dunia, peta topografi, dan peta chorografi. Peta chorografi merupakan peta yang berskala besar dan merangkum wilayah yang luas. Sementara itu, peta dunia adalah peta yang menggambarkan seluruh dunia sehingga menggunakan skala kecil.

Baca juga: Unsur-Unsur Peta yang Wajib Dipahami

Sedangkan, untuk peta topografi, skala yang digunakan merupakan skala besar seperti 1:50.000. Selain peta umum, ada pula peta tematik atau peta khusus. Sesuai namanya, peta ini menggambarkan kondisi khusus suatu daerah seperti iklim, penyebaran penduduk, bahasa, dan sebagainya.

Berdasarkan Skalanya

Peta juga bisa dikelompokkan berdasarkan skalanya. Berdasarkan aspek ini, peta dikelompokkan menjadi empat. Jenis-jenis peta tersebut yaitu peta kadaster, peta skala kecil, peta skala sedang, dan peta skala besar. Peta skala kecil dimulai dari 1:500.000 ke atas.

Baca juga: Simbol Peta Berdasarkan Bentuk dan Artinya

Untuk peta skala sedang, rentang skalanya antara 1:250.000 sampai 1:500.000. Berikutnya, peta skala besar memiliki rentang 1:5000 sampai 1:250.000. Terakhir, suatu peta dikelompokkan ke dalam peta kadaster apabila ia memiliki skala 1:100 sampai 1:5000.

berbagai macam jenis-jenis peta

Berdasarkan Bentuknya

Jenis-jenis peta jika dikelompokkan berdasarkan bentuknya akan menghasilkan empat kategori. Keempat kategori tersebut adalah peta datar, peta timbul, globe, dan peta digital. Sesuai namanya, peta digital merupakan jenis peta yang ditampilkan melalui media digital seperti layar LCD, televisi, komputer, dan sebagainya.

Sementara itu, globe merupakan peta dunia yang sengaja dibuat pada permukaan benda bulat sehingga menyerupai bentuk bumi. Lain halnya dengan peta timbul yang merupakan miniatur suatu permukaan bumi. Contoh obyek dari peta yang juga disebut dengan peta relief ini antara lain dataran rendah, dataran tinggi, lembah, pegunungan, dan sebagainya.

Baca juga: Pemetaan Geologi dan Beberapa Aspek Pentingnya

Terakhir, jenis peta yang dibagi berdasarkan bentuknya adalah peta datar. Peta biasa ini merupakan jenis peta yang pembuatannya menggunakan media atau bidang datar seperti kertas atau lainnya. Jenis peta inilah yang paling sering dijumpai oleh kalangan umum.

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis-jenis peta berdasarkan beberapa aspek seperti bentuk skala, dan isi. Dari beberapa jenis peta di atas, adakah peta yang belum pernah Anda saksikan atau lihat langsung?.