Jumat, 23 Juni 2017

Jurnal Geologi : Pemetaan Mineral Hidrotermal Terkait Geothermal Menggunakan Penginderaan Jauh dan SIG

Penelitian penginderaan jauh dikombinasikan dengan sistem penyelidikan geografis (SIG/GIS) menghasilkan metode cepat dan hemat biaya untuk pencarian mineral hidrotermal dan sistem geothermal (panas bumi). Sebagian besar sistem panas bumi di Kenya ditemukan di daerah terpencil dimana aksesibilitasnya cukup sulit. Penelitian ini dilakukan di dekat gunung berapi Paka di Kenya tepatnya di Kenya Rift Valley.

Tujuan dari Penelitian ini adalah menggunakan penginderaan jauh dan SIG/GIS untuk menyelidiki mineral hidrotermal dan struktur yang berhubungan dengan kegiatan panas bumi. Penelitian ini melibatkan penggunaan klasifikasi citra Landsat TM menggunakan ENVI 5.1 dan ArcGIS. Silahkan di download hasil penelitiannya yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal geologi pada link dibawah gambar.

Jurnal Geologi_Pemetaan Mineral Hidrotermal Menggunakan Penginderaan Jauh dan SIG
Ketinggian Gunung Berapi Paka di Kenya Rift Valley, dihasilkan oleh ArcGIS 10.1.
Judul Original : "Mapping of Hydrothermal Minerals Related to Geothermal Activities Using Remote Sensing and GIS: Case Study of Paka Volcano in Kenyan Rift Valley". By: Aaron K. Waswa ; Department of Geology, University of Nairobi, Nairobi, Kenya.
Sumber: SCIRP