thumbnail

Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Melange dengan Olistostrome

Pengertian Melange

Melange adalah batuan yang terbentuk dengan cara seluruhnya tercampur akibat berada diantara 2 kerak bumi yang bergerak. Batuan melange (berasal dari bahasa Perancis, artinya campur-aduk). Melange biasanya berasosiasi dengan zona penunjaman (zona subduksi). Bahan pembentuk melange dapat berwujud batuan basal yang ada di dasar laut dan batuan sedimen. Melange merupakan kelompok batuan Pra Tersier dari berbagai jenis dan umur dari komponen batuannya yang berbeda-beda (berkisar antara 120 – 65 jt tahun).


Pada zona penunjaman (subduksi), kerak samudra yang menunjam di bawah kerak benua akan menghasilkan gesekan antar kedua kerak dan membuat blok-blok batuan yang ada disekitarnya runtuh, tercampur aduk, dan ter-deposisi di sepanjang zona subduksi tersebut. Akibat makin dalamnya (tebal) campuran batuan tersebut, suhu dan tekanan akan meningkat, sehingga menghasilkan batuan yang disebut melange. Karena pembentukannya juga dipengaruhi oleh suhu dan tekanan, melange sering dimasukan sebagai salah satu jenis batuan metamorf (?). Melange tidak memiliki perlapisan yang jelas dan komponen pembentuknya beraneka ragam.

Ciri utama melange yaitu tersusun atas fragmen atau blok batuan ofiolitik, batuan metamorf berderajat tinggi, dan batuan metasedimen yang telah bercampur dalam massa dasar lempung yang tergerus (pervasively sheared). Dapat terlihat rekahan gerus dengan permukaan berupa cermin sesar (slickenside) dan blok batuan exotic serta native yang mengambang dalam massa dasar yang lebih halus (berupa lempung berwarna abu–abu hingga gelap).

Pengertian Olistostrome

Olistostrome adalah batuan sedimen yang terdiri atas material-material yang bercampur aduk akibat longsoran di bawah permukaan laut. Komponen penyusun olistostrome berupa blok-blok batuan sedimen dan lumpur. Kelompok batuan olistotrome dapat berupa fragmen-fragmen batuan (olistolith atau exotic block) yang mengambang dalam massa dasar lempung. Olistostrome juga tidak memiliki perlapisan yang jelas, tetapi ada semacam perulangan susunan batuan pada skala yang lebih besar (tebal).

Olistostrome juga dapat disebut sebagai sedimentary melange, dikarenakan proses terbentuknya yang berada di cekungan-cekungan hasil proses deformasi pada batuan melange. Karena itu, pada rekaman stratigrafi, kelompok batuan melange akan berada di bawah kelompok batuan olistotrome.


Olistostrome merupakan sebuah unit stratigrafi yang pada umumnya dibedakan antara formasi yang ada di atasnya dengan di bawahnya oleh kontak deposisional. Akan tetapi dengan adanya chert, ophiolite, batuan metamorf, dan batuan sedimen yang didominsasi matrik pelitik, yang tertembus dan terpotong, sehingga memungkinkannya disebut sebagai olistostrome yang tergerus.

Persamaan dan Perbedaan Melange dengan Olistostrome

Huruf "e" (yang pertama) pada kata melange dan olistostrome mengandung pengertian sebagai mixture (campuran). Istilah ini berasal dari penggunaan apostrof Perancis. Baik melange maupun olistostrome merupakan percampuran batuan aneka jenis dan aneka asal, sehingga keduanya akan selalu mempunyai blok-blok fragmen batuan aneka ukuran dan aneka jenis yang terkepung oleh matrix halus (struktur "blocks in matrix"). Struktur "blocks in matrix" ini diakibatkan aktivitas longsoran di lereng palung (inner wall of trench), baik itu melalui proses lengseran, longsoran, maupun delapsi.
batuan tektonik melange dan olistostrome
Gambar melange dan olistostrome.

Sampai pada proses diatas, batuan yang terbentuk akan disebut sebagai olistrostrome. Kemudian, apabila batuan tersebut sudah ter-tektonisasi, maka batuan akan disebut melange. Hal ini diindikasikan dengan matrix-nya yang sudah menjadi "scally clay" atau serpih yang mengersik (sheared matrix). Selain itu, sebagian fragmen dan matrix juga sudah mengalami metamorfosa dan "boudinage". Baik Olistostrome dan melange dapat dijumpai pada wilayah yang sama. Keduanya merupakan bukti primer pada zona konvergen antar lempeng.
thumbnail

Batu Basal dan Proses Pembentukannya

Pengertian Basal

Batu basal adalah batuan yang berwarna gelap, berbutir halus, dan merupakan batuan beku yang utamanya tersusun atas mineral plagioklas dan piroksen. Batuan ini paling sering terbentuk sebagai batuan ekstrusif (aliran lava). Akan tetapi, batuan ini juga sering terbentuk sebagai intrusi kecil dalam bentuk dike maupun sill. Batu basal memiliki komposisi yang mirip dengan gabro. Perbedaan keduanya ada pada ukuran butir mineralnya. Pada batu basal ukuran butirnya lebih halus dibandingkan dengan batu gabro yang berbutir kasar.


Kebanyakan basal terbentuk sebagai "bedrock" di bumi. Dibandingkan jenis batuan yang lain, basal lebih banyak terbentuk sebagai batuan alas. Sebagian besar area cekungan (laut) di bumi ter-alasi oleh basal. Meskipun basal kurang umum ditemukan di kerak benua, namun aliran lava (lava flows) dan banjir basal (basalt flood) juga cukup sering meng-alasi permukaan daratan.

Pencarian yang berhubungan dengan artikel ini adalah : batu basal, batu basalt, batu basalto, batuan basalt. Gambar batu basal, kegunaan batu basal, kegunaan batu basalt, manfaat batu basalt. Batuan basal, gambar batu basalt, manfaat batu basal, batuan beku basalt, pengertian basalt.

Selain di bumi, basal juga merupakan batuan yang melimpah di Bulan dan Mars. Permukaan Bulan banyak di didasari oleh aliran lava basaltik dan basal flood. Daerah bentukan di Bulan ini dikenal sebagai "lunar maria". Lunar maria dapat dilihat dengan adanya hamparan "lava flows" yang luas, yang mungkin telah dipicu oleh peristiwa impact yang besar. Besarnya peristiwa lunar maria dapat diperkirakan dengan mengamati densitas kawah di permukaannya.

Olympus Mons adalah salah satu gunung berapi perisai yang ada di planet Mars. Seperti kebanyakan fitur vulkanik lainnya di Mars, gunungapi ini dibentuk oleh lava flows basaltik. Olympus Mons merupakan gunung tertinggi di Mars dan gunung berapi terbesar yang ada di tata surya kita.
pembentukan batu basal
Gambar batu basal dan pembentukannya.

Pembentukan Batu Basal

Sebagian besar basal yang ditemukan di Bumi dihasilkan pada tiga lingkungan pembentukan yaitu : 1) Pada batas divergen oceanik, 2) Pada Oceanik hotspot, dan 3) Pada mantel plume dan hotspot di bawah kerak benua.

Pembentukan Basal Pada Batas Divergen Oceanic

Sebagian besar basal di bumi dihasilkan pada batas lempeng divergen pada sistem "mid-ocean ridges" (pematang tengah samudra). Arus konveksi dari dalam mantel menghasilkan peluruhan/melting pada batuan yang ada sebelumnya. Hasil ini akan terbentuk sebagai batas divergen yang tertarik/terpisah dan meletus di dasar laut (letusan submarine fissure), dan Letusan ini sering menghasilkan basal bantal (pillow basalts).


Pegunungan aktif di tengah laut merupakan tubuh (host) dari letusan celah (fissure) yang terjadi berulang-ulang. Sebagian besar pegunungan aktif dasar laut terbentuk pada batas-batas konvergen yang berada dibawah permukaan air pada kedalaman yang maksimum. Di daerah ini setiap uap, abu, ataupun gas yang dihasilkan dari letusan akan diserap oleh kolom air sehingga tidak sempat mencapai permukaan. Aktivitas gempa adalah satu-satunya indikasi yang banyak berasal dari letusan di pematang (ridge) samudra. Islandia adalah contoh pegunungan dasar laut, namun telah terangkat ke permukaan sehingga kita dapat mengamati langsung aktivitas gunung berapinya.

Pembentukan Basal Pada Hotspot Oceanic

Kita ketahui bahwa Hotspots dapat tersebar tidak teratur, tetapi juga nonrandom. Hotspot sering tersebar di dekat batas lempeng divergen (mid-ocean ridges), dan biasanya menghilang dari wilayah-wilayah di dekat batas lempeng konvergen (subduction zones).

Hotspot Oceanik merupakan lokasi lainnya dimana sejumlah besar basal juga dapat ditemukan. Ini merupakan lokasi dimana plume-plume kecil batuan yang mengalami melting naik melalui mantel dari hotspot pada inti bumi. Kepulauan Hawaii adalah contoh di mana gunungapi telah terbentuk di atas sebuah hotspot oceanik.

Basal yang dihasilkan di lingkungan tersebut diawali dengan letusan di dasar laut. Jika hotspot tersebut tertopang (sustained), letusan yang terjadi akan berulang-ulang dan dapat menghasilkan kerucut vulkanik yang lebih besar. Ini akan terus membesar hinggga membentuk sebuah pulau. Itulah mengapa semua gugusan Pulau Hawaii dibangun dari letusan basal di dasar laut.

Pembentukan Basal Pada Mantel Plume dan Hotspot Kerak Benua

Pembentukan basal yang ke-tiga ada pada lingkungan kerak benua, dimana mantel plume atau hotspot menyalurkan sejumlah besar lava basaltik melalui kerak benua sampai pada permukaan bumi. Letusan akibat aktivitas ini dapat terjadi melalui veint ataupun celah batuan. Aktivitas seperti ini menghasilkan lava flows terbesar di kerak benua. Letusan yang ditimbulkan dapat terjadi berulang kali selama jutaan tahun, yang menghasilkan lapisan demi lapisan basal dan tertumpuk secara vertikal.

"Columbia River Flood basalt" di Washington, Oregon dan Idaho merupakan contoh dari basal flood yang luas. Contoh lainnya adalah Emeishan Traps di China, Deccan Traps di India, Etendeka Basalts di Namibia, Karroo Basalts di Afrika Selatan, dan Siberian Traps di Russia.

Kegunaan Batu Basal

Batu basal digunakan untuk berbagai macam keperluan. Batu basal sering dihancurkan untuk digunakan sebagai agregat dalam proyek kontruksi. Selain itu basal juga dapat dimanfaatkan sebagai pondasi jalan (landasan), agregat beton, agregat aspal/trotoar, dan ballast kereta api. Basal juga dapat dipotong dan dipoles menjadi sebuah batu ornamen bangunan seperti ubin lantai dan monumen/tugu.

Pencarian lainnya yang berhubungan dengan artikel ini adalah : pengertian batu basalt, ciri ciri batu basalt, ciri ciri batu basal, fungsi batu basal. Deskripsi batuan basalt, pengertian batu basal, pengertian batuan basalt, batu basalt adalah, ciri ciri batuan basalt, batu basal adalah.
thumbnail

Mengenal Craton, Bagian Lempeng Benua yang Stabil

Pengertian Craton

Craton (kraton) adalah bagian stabil lempeng benua yang sudah tidak mengalami deformasi tektonik dalam waktu yang lama (milyaran tahun : Bleeker, 2003, the Late Archean record). Karena kemampuannya bertahan dalam siklus pemisahan dan penggabungan benua, craton umumnya ditemukan dalam interior lempeng tektonik.

Pada awalnya kata craton disebut sebagai "cratogen" yang diusulkan pada tahun 1921 oleh L. Kober, seorang geologist dari Jerman. Cratogen mengacu pada platform benua stabil, dan orogen mengacu pada sabuk orogenik. Selanjutnya, Ia memperpendek istilah cratogen menjadi Craton.


Secara karakteristik, craton terdiri atas kristal batuan dasar purba, yang terlindungi oleh batuan sedimen yang lebih muda. Kraton memiliki kerak yang tebal dan akar (roots) litosferik yang dalam, memanjang hingga ratusan kilometer ke dalam mantel Bumi. Saat ini telah diketahui sebanyak 35 segmen (provinsi) kerak bumi yang teridentifikasi sebagai craton, yang berumur Archean (> 2500 juta tahun, skala waktu dalam Gradstein et al., 2004).

Contoh dari sebuah Craton yang sangat terkenal adalah craton Canada. Wilayah Canada berpusat di suatu craton yang besar, dimana bagian yang tersingkap di permukaan merupakan sebuah singkapan kerak Archean terluas di dunia. Salah satu bagian craton Canada yaitu Archean Slave Province, Mackay Lake, disusun oleh polymetamorphic gneiss berumur sekitar 3300 juta tahun.
craton bagian lempeng bumi stabil
Distribusi global Archean Craton.

Massa litosfer terbesar pada suatu craton terletak di bawah bidang diskontinuitas Mohorovicic yang sering disebut sebagai mantel litosfer. Stabilitas jangka panjang dan kekuatan suatu craton tergantung kepada sifat mantel litosfernya. Karena begitu sangat berpengaruh, sifat mantel litosfer ini akan menentukan asal benua. 

Untuk memahami craton, perlu diperhatikan mengenai perbedaan definisi antara ketebalan kerak benua, ketebalan litosfer, posisi diskontinuitas Mohorovicic, dan ketebalan astenosfer. Dalam artian, pemahaman dasar mengenai pembagian lapisan-lapisan bumi yang berupa kerak,mantel, dan inti bumi, dimana harus dipisahkan dengan pembagian yang litosfer, astenosfer, mesosfer, dan inti bumi.

Canil, 2008 telah memberikan pencerahan tentang faktor-faktor petrologi, geologi, dan termal untuk memahami evolusi craton litosfer, yang meliputi mantle litosfer maupun kerak benua, berdasarkan xenolith yang mengintrusi craton yang dibawa oleh sebuah pipa kimberlit.


Craton Canada

Pemahaman yang lebih mendalam terhadap evolusi craton banyak diperoleh dari riset-riset survey eksplorasi intan karena berhubungan dengan pipa-pipa kimberlit yang membawanya ke permukaan. Sebagai contoh survey geofisika pada proyek DeepProbe dan Kaapval yang dilakukan di atas craton Canada.

Tujuan utama survey geosfisika tersebut untuk mendapatkan "geophysical imaging litosfer" yang berada di bawah craton. Gambaran craton dan mantel litosfer di bawahnya diperoleh dari geophysical imaging, sedangkan sifat komposisi serta ciri termalnya diperoleh berdasarkan hasil analisa xenolit-nya. Apabila kedua data tersebut dicompile, maka akan memberikan gambaran lebih lengkap tentang craton dan evolusinya.

Xenoliths yang terbentuk umumnya berupa batuan peridotit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mantel litosfer adalah residu leburan dari batuan peridotit. Pada tekanan di bawah 3 giga pascal (Gpa) sistem ini akan menghasilkan olivin. Berdasarkan struktur termal yang sebelumnya telah dipelajari oleh para ahli, diketahui bahwa struktur termal bagian craton Canada di mantel "Slave Province" tidak mengalami perubahan yang signifikan selama 500 juta tahun terakhir.

Struktur termal yang tetap ini berbanding terbalik dengan struktur petrologinya yang bervariasi baik secara vertikal maupun lateral dan diikuti dengan tingkat depletion-nya yang berbeda-beda. Kesimpulan ini dihasilkan berdasarkan bukti geokimia garnet yang diperoleh dilokasi penelitian.

Untuk mengetahui umur cratonic mantle roots, digunakan isotop Re-Os (Renium-Osmium) dan isotop 187Osmium-188Osmium pada peridotit yang dibawa oleh pipa kimberlit dari mantel litosfer. Hasil yang diperoleh cukup bervariasi dari 3500 - 500 juta tahun, sehingga dapat disimpulkan bahwa mantel litosfer sangat berperan pada pembentukan craton pertama (3,5 Ga) juga cratonic mantle “rooting” nya kembali pada periode berikutnya (0,5 Ga).

Dari data Geophysical imaging menunjukkan bahwa di bawah craton Archean terdapat tumpukan mantel litosfer yang membentuk sistem “perakaran/roots” bagi craton. Berdasarkan bukti-bukti geologi dan geokronologi, diketahui bahwa tahap akhir pembentukan dan amalgamasi mantle root ini terjadi sekitar 500-1000 juta tahun yang lalu.

Craton Canada merupakan craton yang paling banyak dipelajari oleh para ahli di dunia. Riset tentang craton Canada sering menjadi model bagi craton-craton yang lainnya di seluruh dunia, seperti craton-craton di Asia, Amerika, Australia, dan Afrika.

Referensi: Bleeker, 2003, The Late Archean Record : puzzle in ca. 35 pieces, Lithos v. 71, p.99-134. Awang Setyana, 2011, Plume Tektonik dan Keterdapatan Intan. Dante Canil, 2008, Canada’s craton : A bottoms-up view, ”GSA Today” vol.18, no.6, hal 4-10.
thumbnail

Berbagi Ide : Penyematan Spesialisasi Geologist Seperti Dokter Spesialis ?

Garis besar ide ini sebenarnya muncul ketika saya berkunjung ke sebuah rumah sakit. Disitu terpampang nama-nama dokter lengkap dengan spesialisasinya. Contohnya dr.AAA, SpOG (spesialis kandungan), ataupun dr. BBB, SpA (spesialis anak), dr. CCC Doang (dokter umum), dan dokter2 lainnya yang mempunyai spesialisasi tertentu.

Muncul dalam benak saya, bagaimana seandainya geologist juga mempunyai patron (sebut saja seperti itu), mirip dokter2 spesialis itu. Karena menurut saya ilmu geologi sangat luas, luasnya itu sama dengan luas bumi (silahkan bayangkan sendiri panjang x lebarnya bumi) bahkan ditambah tebal (isi dalam bumi) heheeh..heheh. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu jalur konsentrasi khusus yang nantinya dapat disematkan di tiap individu, entah itu melalui jalur formal maupun non formal (pengalaman).

Baca juga : Berapakah Gaji Seorang Geologist ??

Patron spesialisasi geologist ini secara tidak langsung memudahkan masyarakat umum (diluar geologi) memahami bidang2 khusus dalam ilmu geologi, dan dapat memakai geologist untuk menyelesaikan "permasalahannya" sesuai dengan spesialisasi mereka. Misalnya, sebuah perusahaan yang fokus bergerak di eksplorasi dan pertambangan emas sudah tentu menyukai geologist yang berpatron spesialisasi emas, begitupula nikel, bauksit, ataupun batubara.

Walaupun saat ini seorang geologist sangat dituntut untuk menjadi seperti bunglon (??) yang dapat berubah sesuai dengan lingkungan pekerjaannya, namun perlu diingat bahwa geologist bukan SUPERMAN yang bisa melakukan apa saja. Akan membutuhkan waktu untuk mengkonversi maindset seseorang yang telah lama bergelut dengan emas misalnya dan berpindah ke batubara, ataupun sebaliknya.

penyematan spesialisasi geologist
Gambar ilustrasi penyematan spesialisasi geologist.

Ini bukan bermaksud untuk membuat sekat antar bidang tertentu ataupun membuat geologi menjadi ilmu yang terlalu komersial, tetapi lebih kepada pertanggungjawaban terhadap apa yang nantinya dikerjakan seorang geologist sesuai dengan pengalamannya.

Terkadang waktu yang dibutuhkan seorang geologist untuk merubah maindset cukup lama, dan pada kondisi ini banyak perusahaan yang sulit mentolerirnya. sehingga tidak jarang sebuah perusahan mengeliminasi geologistnya hanya karena faktor tersebut.

Kalau diperhatikan secara seksama, ini bukan kesalahan geologist, namun justru perusahaan tersebut yang harus dipertanyakan mengenai sistem rekruitmennya. Istilah kasarnya salah sendiri mengambil geologist yang maindsetnya batubara di perusahaan yang fokus di nikel, misalnya.

Tetapi klau ditelusuri lagi ke belakang, perusahaan akan mengatakan "harusnya anda mencamtumkan label spesialisasi pada nama anda!!". Orang yang sakit mata akan berkunjung ke dokter spesialis mata, bukan ke dokter spesialis kulit.

Baca juga : Daftar Perusahaan Tambang Batubara

Kalaupun ide ini terealisasi (ngareep kali ye..hehehe), saya lebih menyarankan bahwa patron spesialisasi yang disematkan pada seorang geologist berasal dari pengalaman kerja. Ini bisa diberikan oleh perusahaan/institusi tempat geologist tersebut bekerja, sudah tentu nantinya ini harus dipertanggungjawabkan ketika geologist tersebut keluar dari perusahaan nya. Alias perusahaan tidak boleh sembarangan menyematkan patron spesialisasi tersebut. Teknis untuk menyematkan itu silahkan dipikirkan sendiri.

Jadi nantinya akan seperti ini: Flyshgeost, ST, MT, GSp.Au (GSp.Au = Geologist Spesialisasi Emas) atau Prof Dr. Flyshgeost, GSp.Coal, GSp.Ni, GSp.Au, GSp.Tecto, klau diterjemahkan menjadi Profesor Doktor Flyshgeost seorang geologist spesialis batubara, nikel, emas, dan tektonik, asyik kan??. Atau mungkin nantinya ada geologist umum (mirip dokter umum) hahaha..hahah2x. Apakah anda sepakat dengan ide tersebut?? Silahkan acungkan kaki.
thumbnail

Mengenal Endapan Placer Platina dan Lokasi Penambangannya

Sebagian besar produksi platina dan platinum metals di dunia pada mulanya bersumber dari placer-placer sungai dan pantai. Sumber placer platina adalah batuan ultrabasa, seperti dunit ataupun peridotit, dimana platina juga terdapat bersama-sama dengan kromit yang telah mengalami preliminary concentration (pengkayaan awal) oleh proses differensiasi magma.

Porsi pengkayaannya, walaupun telah terkonsentrasi lebih tinggi di bandingkan kandungan magmatik originalnya, tetap terlalu kecil untuk membentuk sebuah lodes yang ekonomis (kecuali di daerah pertambangan Bushveld, Afrika Selatan), tetapi melalui proses erosi dan "mechanical concentration", logam tersebut dapat terkonsentrasi secara memadai membentuk endapan placer yang ekonomis.

Platina terkonsentrasi menjadi endapan placer dengan proses yang sama/mirip dengan emas. Bahkan pada kenyataannya endapan ini sering berasosiasi dengan placer emas. Endapan platina terjadi dalam bentuk dust dan little flattened pellets (pellet-pellet pipih-kecil); sangat jarang dalam bentuk nugget. Mineral-mineral asosiasinya adalah kromit, magnetit, dan emas.


Kisaran fineness-nya 700-850. Sangat sering terbentuk sebagai satu atau lebih platinum metals – palladium, osmium, iridium, ruthenium (serta irisdomine dan osmiridium)-beralloy dengan platinum, demikian juga dengan sejumlah kecil tembaga, besi, dan metal-metal lainnya.

Sebagian besar platina placer di dunia berasal dari Pegunungan Ural-Rusia, dimana sungai-sungainya memotong intrusi-intrusi Paleozoikum yang kaya akan batuan peridotit. Walaupun produksi Rusia terhitung terbatas, tetapi tetap berada pada urutan ke-dua di dunia. Colombia telah lama memproduksi platinum metals yang berasal dari gravels Resen dan konglomerat Tersier, dan menduduki posisi ke-empat produksi dunia.

Peridotit di Tasmania dan New South Wales menghasilkan placer platinum dan osmiridium. Sejumlah kecil platina placer juga ditemukan di Ethiopia, Japan, Panama, Sierra Leone, dan South Africa. Sekitar sepertiga produksi platinum metals dunia berasal dari endapan placer.
endapan placer platina
Nugget platinium (kanan) dan penampang pipa platina di Mooihoek, Afsel (Batemen, 1962).

Dari gambar dapat dijelaskan pada bagian tengah adalah hortonolit dunit yang mengandung platina dan krom, dikelilingi oleh olivin dunit, kemudian oleh piroksenit, dan kesemuanya dikitari oleh "country rock norit". Keseluruhan sekuens ini terulang lagi di sisi lainnya.

Di Amerika bagian Utara, sejumlah kecil placer platina ditemukan di Goodnews Bay, Alaska, dan sebagai by-product dari placer emas di Alaska, California, dan Oregon, dimana sungai-sungai memotong peridotit atau serpentinit.


Referensi : Bateman, A.M., 1962, “Economic Mineral Deposits”, John Wiley & Sons, Inc., New York, and Charles E. Tuttle Company, Tokyo. Irzal Nur, 2005, "Pengantar Endapan placer", Bahan Ajar Jurusan Teknik Geologi UNHAS (623 TG2), Makassar.
thumbnail

Batu Diorit dan Proses Pembentukannya

Batuan diorit adalah nama yang digunakan untuk kelompok batuan beku berukuran kasar-sedang, dengan komposisi antara granit sampai gabro ataupun basalt. Batuan ini biasanya terbentuk sebagai intrusi, baik secara dike maupun sill pada kerak benua. Diorit sering terbentuk di atas batas lempeng konvergen, yang mana subduksi lempeng samudra menyusup ke bawah lempeng benua.


"Partial melting" dari lempeng samudra akan menghasilkan magma basaltik yang naik dan mengintrusi batuan granit yang ada di lempeng benua. Disitu akan terjadi proses pencampuran magma basaltik dengan magma granit (batu granit yang meleleh) dan akan naik melalui lempeng benua, baik secara sill maupun dike. Lelehan ini akan menghasilkan komposisi antara basalt - granit, dan diorit akan terbentuk jika hasil lelehan ini mengkristal secara lambat dibawah permukaan.

Pencarian lainnya yang berhubungan dengan artikel ini adalah : batu diorit, batuan diorit, deskripsi batuan beku diorit, batuan diorite. Ciri-ciri batu diorit, gambar batu diorit, deskripsi batu diorit, kegunaan diorit, proses pembentukan diorit, terbentuknya batu diorit. Pengertian batu diorit, genesa batu diorit, gambar batuan diorit, diorit porfiri.
pembentukan batu diorit
Gambar batu diorit.

Diorit biasanya tersusun atas mineral plagioklas yang kaya sodium, dengan kandungan mineral hornblende, augit, dan biotit dalam jumlah yang sedikit. Terkadang juga diorit mengandung sedikit kuarsa. Hal inilah yang membuat batu diorit bertekstur "coarse-grained", dengan campuran kontras dari butiran mineral yang berwarna hitam dan putih. Warna tersebut akan mirip jika kita mencampurkan segenggam garam dan lada hitam. Itulah mengapa batu diorit dikenal dengan istilah "salt and pepper" dalam hal pendeskripsiannya.

Batuan yang mirip dengan diorit adalah batu andesit. Keduanya memiliki komposisi mineral yang sama dan terjadi di wilayah pembentukan yang sama. Perbedaan mendasar keduanya ada pada ukuran butir dan tingkat pendinginan magma asalnya. Magma asal Dorit mengkristal lebih lambat di bawah permukaan bumi. Pendinginan yang lambat akan menghasilkan ukuran butir yang lebih kasar. Sedangkan magma asal andesit akan mengkristal jauh lebih cepat diatas permukaan, sehingga menghasilkan butiran kristal yang lebih kecil (halus).


Diorit juga mirip dengan batu gabro. Selain warna gabro yang lebih hitam, perbedaannya ada pada komposisi plagioklas dari diorit yang lebih asam (sodik) dibandingkan labradorit. Batuan yang komposisi plagioklasnya lebih basa biasanya disebut dengan gabro. Dorit yang mengandung fenokris biasanya disebut dengan porfiri diorit.

Kegunaan diorit adalah batuan ini dapat digunakan sebagai batu ornamen dinding, lantai bangunan gedung, pengeras jalan, pondasi, bahkan dapat digunakan sebagai gamestone. Di Australia, sebuah diorit dengan fenokris feldspar berwarna merah muda, telah dipotong menjadi "cabochons" dan disebut "batu pink marshmallow" (lihat gambar diatas, kanan bawah). Ini terlihat cukup indah sebagai sebuah gamestone.
thumbnail

Placer Intan dan Sejarah Penambangannya

Intan (diamond) adalah jenis utama dari batu mulia yang banyak dihasilkan dari endapan placer. Sebelum tahun 1871, dimana intan pertamakali ditemukan pada batuan primer di daerah Kimberley, Afrika Selatan, seluruh produksi intan di dunia berasal dari endapan placer yang ada di India dan Brasil.

Saat ini, sekitar 95% produksi intan dunia berasal dari endapan placer. Placer intan dapat dijumpai di Belgian Congo, Gold Coast, Angola, Sierra Leone, Tanganyika, Brazil, Afrika Selatan. Jumlah yang kecil juga dijumpai di French West Africa, Southwest Africa, British Guiana, Borneo (Kalimantan), Australia, Nigeria, dan Venezuela.

Sepanjang yang diketahui sampai saat ini, intan berasal dari batuan beku ultrabasa (kimberlit atau peridotit) yang terdapat di dalam "pipelike intrusions". Deposit primer tersebut bisa dijumpai di Afrika Selatan, Afrika Tengah, dan di Arkansas. Sedangkan sumber primer dari intan yang ada di Amerika Selatan dan Indonesia (Kalimantan) belum diketahui dengan pasti.

Karena intan tersebar sangat jarang dalam pipes tersebut, maka rasio konsentrasi yang tinggi mutlak diperlukan untuk membentuk endapan placer yang workable. Endapan placer yang paling remarkable di Afrika Selatan adalah di distrik Lichtenburg, yang merupakan saksi dari terjadinya perburuan intan besar-besaran pada tahun 1926.
endapan placer intan
Batuan pembawa intan (Kiri) & penampang placer aluvial Lichtenburg, Afrika Selatan (Williams dalam Batemen, 1962).

Di daerah tersebut (Lichtenburg, Afrika Selatan), saat kita berjalan memotong striking peneplain yang terbentuk di atas suatu "ancient dolomite", kita akan terkagum-kagum melihat stream gravels yang luas, berkelok-kelok, dan membentuk tanggul-tanggul yang terproyeksi di atas peneplain tersebut, dan memotong secara discontinously, serta menyingkap di jalur-jalur meander sungai tua (former stream).

sungai tua tersebut sebelumnya berupa “parit” yang memotong endapan dolomit, dimana lembahnya mengandung diamantiferous gravels (gravel-gravel yang mengandung intan). Daerah tersebut disusun oleh topography karst, drainase permukaannya telah hilang, dan dolomit plateau-nya yang mudah larut telah mengalami penurunan secara perlahan akibat pelarutan-pelapukan.

Akan tetapi, dolomit yang berada di bawah gravels lolos dari pelarutan dan tetap tinggal sebagai suatu punggungan (ridge), yang ditutupi oleh "diamantiferous gravels". Akumulasi intan pada daerah tersebut berada pada bagian bawah gravels dari punggungan tersebut.

Suatu kondisi yang termasuk unik adalah terbentuknya potholes dan sinkholes di bagian bawah, dan menjadi bagian dasar lembah tua (former valley), di mana gravel-gravel intan masuk ke dalamnya. Sebagian dari pockets yang ditemukan di daerah ini terbukti sangat kaya terhadap intan.

Gravel-gravel Lichtenburg di tahun 1927, yang merupakan tahun produksi terbesarnya, menghasilkan lebih dari 2.100.000 carats (420.000 gram) yang bernilai lebih dari $23.000.000; ini sebanding dengan kira-kira 2.300.000 carats (460.000) intan dari "diamond pipes" (sumber primernya) pada tahun yang sama.

Baca juga : Mengenal Endapan Placer Timah

Gravel-gravel diamantiferous di Belgian Congo, yang menghasilkan sekitar 2/3 produksi intan dunia, merupakan endapan stream gravels yang lebih dahulu ditemukan, di mana intannya kemungkinan berasal dari pelapukan pipa-pipa kimberlite, beberapa diantaranya juga telah ditemukan di Kongo. Kejadian yang sama kemungkinan terjadi juga pada gravel-gravel di daerah Angola.

Intan di Minas Geraes, Brazil ditemukan dalam gravel-gravel yang berasal dari batuan konglomerat yang mencirikan terkonsentrasinya endapan placer yang sumber batuannya belum diketahui secara pasti. Endapan Carbonado di Bahia, Brazil terbukti secara genetis berasal dari gravel-gravel sungai modern, menghasilkan intan yang sangat bagus digunakan sebagai intan pemboran (mata bor).
thumbnail

Mengenal Endapan Placer Timah

Kasiterit (SnO2), karena berat dan resistensinya terhadap desintegrasi kimia dan mekanis, menduduki posisi ke-2 sebagai mineral placer (setelah emas), dan sebagian besar produksi timah sekarang berasal dari endapan placer. Timah sungai (stream tin), yang berasal dari pelapukan stockworks dan lodes dalam granit atau batuan lainnya, terakumulasi dalam bentuk endapan aluvial dan eluvial dengan cara yang sama dengan emas. Endapan timah yang terbentuk seperti ini biasa disebut juga sebagai timah sekunder.

Baca juga : Sejarah Pertambangan Timah di Indonesia

Bentuk butir timah sungai adalah rounded pellets dengan ukuran shot, bean, atau nut. Mineral-mineral asosiasinya adalah pellet-pellet sejenis berupa limonit, hematit, magnetit, garnet, wolframite, tourmalin, dan mineral-mineral placer lainnya. Dahulu endapan placer timah terbesar adalah di Malaya (Malaysia), di mana terdapat endapan aluvial yang luas, yang mengandung setengah pon tinstone per yard kubik, yang ditambang dalam bentuk pengerukan terbesar di dunia. Endapan timah di Indonesia berasal dari pelapukan tropis yang intensif dan kuat terhadap granit yang mengandung stockworks tipis dan veinlets kuarsa yang tersebar jarang, dan cassiterite terkonsentrasi dalam bentuk eluvial concentrations (koelits) serta aluvial concentrations (kaksas) selama periode Kuarter.

Bagian yang eluvial origin diindikasikan oleh “kasiterit terbuka” (unworn cassiterite), dalam konsentrasi yang tinggi, berasosiasi dengan fragmen-fragmen angular dari mineral-mineral resisten lainnya. Endapan ini memegang peranan penting dalam mengkontribusi produksi timah pada masa lalu (zaman Belanda dulu). Endapan eluvial tersebut sebenarnya merupakan tahap sementara atau transisi (transient) dalam pembentukan placer timah aluvial, karena material eluvial tersebut kemudian mencapai channel-channel sungai di mana kemudian ter-rekonsentrasi dengan intensif, membentuk "productive stream placers".


Selama daerah tersebut mengalami slight subsidence pada kala Kuarter, di mana pulau-pulau menjadi terpisahkan satu sama lain, pay streaks dari tinstone ter-cover oleh subsequent gravels dan pasir dimana bagian hilirnya terendam dalam laut, sehingga former steam gravels-nya sekarang digali dari dasar laut.

endapan placer timah
Gambar placer timah.

Jadi di Indonesia placer timah terjadi dalam tiga bentuk pada areal yang sama, yaitu placer eluvial, aluvial, dan marin. Sejumlah kecil timah sungai juga ditemukan di Belgia, Congo, Bolivia, Siam, Burma, Nigeria, China, Victoria, New South Wales, dan Tasmania. Jumlah yang lebih kecil lagi ditemukan sebagai produk dari gravel-gravel emas di Alaska. Sekitar 2/3 dari suplai timah dunia berasal dari endapan placer.

Referensi:
Bates, R.L. and Jackson, J.A., 1980, “Glossary of Geology”, American Geological Institute, Falls Church, Virginia. Irzal Nur, 2005, "Pengantar Endapan Plaser", Bahan Ajar Jurusan Teknik Geologi UNHAS (623 TG2), Makassar.
thumbnail

Ini Penyebab Mesin Kendaraan Mati Mendadak di Lintasan Rel Kereta Api

Telah banyak kejadian dimana mesin kendaraan tiba-tiba mati saat melintas rel kereta api. Banyak orang yang menghubungkan kejadian ini dengan hal mistis ataupun karena gugup/paniknya pengendara ketika menghadapi situasi ini. Sebenarnya ada penjelasan teknis mengapa mesin kendaraan bermotor sering mati saat melintasi rel kereta api, berikut adalah penjelasannya.

Di bagian lokomotif kereta yang sedang melaju, ada roda kereta (biasa disebut boggie) dimana komponen utamanya tersusun atas dinamo. Didalam dinamo tersebut ada unsur magnet yang cukup besar. Jika tipe lokomotifnya merupakan seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Ketika kereta bergerak, boggie akan selalu bergesekan dengan rel kereta yang terbuat dari jenis baja ferritic yang sifatnya mudah untuk menghantarkan magnet.

Baja adalah paduan ferrous (Fe) yang mempunyai kandungan karbon dibawah 2%, serta ada tambahan unsur-unsur paduan lainnya seperti Mangan, Chrome, Nikel, Wolfram, Silisium, dan lain sebagainya. Baja jenis ferritic memiliki kandungan chrome sebanyak 17% dan carbon antara 0,08-0,2%. Baja jenis ini memiliki sifat ketahanan terhadap korosi dan bersifat magnetis.


Pemilihan baja jenis ini dimaksudkan agar kereta dapat melaju dengan stabil. Inilah penyebab mengapa rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 kilometer dari lokomotifnya (kereta api yang sedang melaju).
Boggie kereta api
Gambar boggie lokomotif kereta.

Saat kendaraan melintasi rel, biasanya menggunakan kecepatan rendah. Apabila pengendara tidak memindahkan gigi (perseneling) ke yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo kendaraan dan koil yang ada dapat seketika mati akibat medan magnet dari roda kereta (boggie) yang dihantarkan oleh rel baja tersebut.

Itulah sebabnya mengapa petugas kereta api selalu menutup pintu perlintasan sebelum kereta mendekati perlintasan (berjarak sekitar 3 Km). Jika ada pengemudi yang tetap menerobos/melintasi rel pada saat kereta berjarak kurang dari 1 kilometer maka akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sebelumnya sudah lemah dapat mati mendadak.

Apabila ini terlanjur terjadi, segeralah keluar atau pergi dari kendaraan anda, karena mesin kendaraan akan sulit di nyalakan (stater) ulang. Efek impedansi medan magnet sangat mempengaruhi dynamo stater pada mesin kendaraan yang tersusun dari magnet, yang pada akhirnya kendaraan yang terkena efek tersebut akan sulit dinyalakan.

Sangat disarankan jangan menerobos pintu perlintasan rel kereta bila petugas sudah menutupnya, atau jangan pernah mencoba memaksa melintas apabila kereta telah terlihat walaupun masih berjarak lebih dari 1 kilometer dari perlintasan, demi keselamatan anda. Kereta Api tdk bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi. Rata rata kereta api baru bisa berhenti sejauh 800 meter setelah di rem.
thumbnail

Danau dan Gunung Batur Kawasan Geopark Global Pertama di Indonesia

Pengertian Geopark

Geopark adalah sebuah kawasan dengan batasan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO (Organisasi PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan), yang memiliki kawasan permukaan yang cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal. Geopark global harus terdiri atas sejumlah jejak geologi yang memiliki keindahan, kelangkaan, ataupun kepentingan ilmiah khusus. Geopark tidak hanya berhubungan dengan geologi tetapi juga ekologi, arkeologi, serta nilai sejarah ataupun budaya.

Geopark juga dapat didefinisikan sebagai sebuah kawasan geografis dimana situs-situs warisan geologi menjadi kawasan dari konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara holistik. Kriteria pembangunan kawasan geopark biasanya mengacu kepada kawasan yang memiliki bentang alam geologi unggulan. Selain itu juga memiliki geosite yang bertaraf internasional seperti sains, pendidikan dan estetika, serta memiliki manfaat bagi masyarakat lokal di kawasan tersebut. Di indonesia geopark disebut juga dengan istilah Taman Bumi.

Sebelum resmi menjadi geopark global, sebuah kawasan harus bisa menjadi geopark secara nasional. Sampai saat ini indonesia baru mempunyai 2 Geopark Global yang diakui UNESCO yaitu Geopark Batur dan Geopark Gunung Sewu. Geopark Batur yang yang letaknya di Bali diakui sebagai Geopark Dunia pertama di Indonesia diumumkan oleh UNESCO dalam situs resminya pada 22 September 2015.

Akan tetapi, penetapan Geopark Batur sebenarnya telah dilaksanakan sehari sebelumnya oleh Global Geoparks Network Bureau. Keputusan tersebut merupakan hasil dari pertemuan The 11th European Geoparks Conference yang digelar di Arouca, Portugal, pada 19 September–21 September 2015. Masyarakat indonesia mengenal geopark batur sebagi objek wisata kintamani yang terdiri atas danau batur, kaldera batur, dan gunung Batur.


Pencarian lain yang berhubungan dengan artikel ini : letak danau batur, wisata danau batur, gunung batur, kintamani danau batur, lokasi danau batur, objek wisata kintamani, objek wisata danau batur. Objek wisata di kintamani, danau batur terletak di, tempat wisata kintamani, gunung batur bali, obyek wisata kintamani, foto danau batur. Letak gunung batur, lokasi gunung batur, geopark batur, geopark gunung batur, geopark adalah, geopark indonesia, batur geopark.

Letak Danau dan Gunung Batur

Geopark Global Batur terdiri atas warisan geologi utama berupa danau, kaldera dan gunung Batur, terletak di sebelah timur laut Bali. Kawasan ini merupakan tujuan wisata internasional yang paling populer di Indonesia, yang mencakup area seluas 370,5 km2, pada ketinggian 920-2.152 masl. Daerah ini ditempati oleh 15 desa yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Sebagian besar kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung. 

Melalui jalan raya, daerah ini dapat dengan mudah dicapai dari selatan (Denpasar, 55 km), utara (Singaraja, 80 km) dan timur (Karangasem, 80 km). Ekonomi lokal dari kawasan geopark ini terutama didasarkan pada pertanian dan pariwisata. Jeruk manis Kintamani, kopi luwak, kerajinan kayu, bambu, dan ukiran merupakan produksi lokal yang utama pada kawasan ini. Kawasan ini juga terkenal dengan Anjing Kintamani yang merupakan spesies lokal asli pulau Bali yang berasal dari Desa Sukawarna, Batur.
kawasan geopark batur
Gambar kawasan geopark batur.

Geologi Kawasan Geopark Batur

Geopark Batur mencakup dua kaldera gunung berapi dan menyajikan pemandangan gunung berapi lengkap, dengan dinding kaldera, kerucut, kawah, fenomena panas bumi (fumarol, mata air panas), danau, aliran lava, aliran piroklastik, dan tephra. Dua letusan dahsyat yang terjadi 29.000 tahun dan 20.000 tahun yang lalu menghasilkan kaldera lama (outer-caldera dan kaldera muda (inner-caldera), dimana masing-masing mempunyai kenampakan lanskap yang original.


Antara tahun 1804 dan 2000, Gunung Batur meletus sedikitnya 22 kali membentuk strato gunung berapi yang merupakan salah satu dari 127 gunung berapi aktif di Indonesia, dan merupakan komponen penting dari Pacific "ring of fire". Fenomena ganda kaldera dengan danau vulkanik berbentuk bulan sabit (panjang 7 km, lebar 1,5 km) yang terletak pada ketinggian 1.031 masl disebut-sebut sebagai kaldera terbaik di dunia. Keunikan geologi daerah asal vulkanik, flora dan fauna endemik, serta budaya asli yang bersumber dari agama Hindu Bali adalah kombinasi sempurna dari salah satu warisan khusus yang ada didunia.

thumbnail

Peralatan Keselamatan Kerja di Perusahaan Pertambangan

Langkah Keselamatan Kerja Tambang

Perusahaan-perusahaan pertambangan baik itu berupa tambang terbuka (open pit), tambang bawah tanah (underground), maupun pertambangan migas (minyak dan gas bumi) boleh dibilang menjadi tujuan para pekerja. Hal ini disebabkan karena gaji yang ditawarkan pada perusahaan tersebut cukup tinggi, belum lagi ditambah tunjangan yang menggiurkan. Tetapi tahukan Anda bahwa dunia pertambangan dan perminyakan ternyata rawan terhadap kecelakaan kerja??.


Kecelakaan kerja tentu saja merupakan masalah yang besar bagi kelangsungan suatu operasional pertambangan. Kerugian yang akan diderita tidak hanya berupa kerugian materi, namun lebih dari itu adalah timbulnya korban jiwa. Kehilangan sumber daya manusia merupakan kerugian yang sangat besar karena manusia adalah satu-satunya sumberdaya yang tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun.

Pencarian yang berhubungan dengan artikel ini : peralatan keselamatan kerja, alat safety, peralatan safety, peralatan k3, perlengkapan keselamatan kerja, alat perlindungan diri, alat keselamatan, alat alat safety. Alat-alat keselamatan, alat keamanan diri, alat pengaman diri, alat k3, alat keselamatan kerja k3, safety tambang, alat pelindung kerja, peralatan safety k3, fungsi safety helmet, pakaian keselamatan kerja. Alat pelindung kepala, alat pengaman kerja, alat pelindung tangan, alat alat keselamatan kerja beserta fungsinya, alat alat pelindung keselamatan kerja, alat pelindung telinga, alat perlindungan diri k3.

Peralatan Safety Tambang

Menyikapi hal tersebut diatas, maka perusahaan-perusahaan di bidang Pertambangan/Perminyakan berusaha menjaga keselamatan para pekerjanya beserta segala asset yang ada, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu caranya dengan melengkapi para pekerjanya dengan beberapa alat keselamatan yang memadai. Di Perusahaan tambang, alat keselamatan kerja ini biasanya dikenal dengan sebutan APD (Alat Pelindung Diri).

APD di perusahaan pertambangan merupakan kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja. APD dipakai sesuai dengan tingkat bahaya dan risiko pekerjaaan, demi menjaga keselamatan pekerja dan orang di sekelilingnya. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departemen Tenaga Kerja RI. Semua jenis APD harus digunakan sebagaimana mestinya berdasarkan pedoman yang benar-benar sesuai dengan standar keselamatan kerja (K3L 'Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan'). Alat-alat keselamatan kerja (APD) yang sering dipakai di sebuah perusahaan pertambangan dan migas adalah seperti dibawah ini (bentuknya lihat gambar, sesuaikan dengan nomor pada penjelasannya).
alat safety tambang APD
Gambar peralatan safety tambang.

1. Safety Helmet (Helm Pengaman) ; Fungsi helm pengaman yang paling utama adalah untuk melindungi kepala dari jatuhan dan benturan benda secara langsung. Perlengkapan keselamatan ini merupakan perlengkapan yang cukup vital bagi para pekerja didunia Pertambangan dan Perminyakan. Safety Helmet sangat menolong pekerja karena sifatnya yang melindungi kepala dari bahaya terbentur benda keras seperti pipa besi ataupun batu yang jatuh selama para pekerja berada diarea kerja. Safety Helmet memiliki berbagai desain yang memiliki bentuk berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu, warna helmet yang digunakan menunjukkan jenis pekerjaannya.

2. Safety Vest (Rompi Reflektor) ; Rompi ini diengkapi dengan iluminator, yaitu sebuah bahan yang dapat berpendar jika terkena cahaya. Bahan berpendar ini akan memudahkan dalam mengenali posisi pekerja ketika berada di kegelapan. Umumnya didunia Pertambangan, operasional berlangsung selama 24 jam dimana kecenderungan kecelakaan kerja terjadi dimalam hari. Hal ini biasanya disebabkan penerangan di area tambang tidak begitu baik, sehingga seringkali pekerja yang berada didalam area tambang tidak terlihat. Rompi reflektor ini menjadi penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti tertabrak/terlindas oleh kendaraan alat berat.

3. Safety Shoes (Sepatu Pengaman) ; Safety Shoes bentuknya seperti sepatu biasa, tetapi terbuat dari bahan kulit yang dilapisi metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Safety Shoes berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki seperti tertimpa benda tajam atau benda berat, benda panas, cairan kimia, dsb.


4. Safety Goggles/Glasses (Kacamata Pengaman) ; Kacamata pengaman ini berbeda dari kacamata pada umumnya. Perbedaanya terletak pada lensa/kaca yang menutupi mata secara menyeluruh, termasuk bagian samping yang tidak terlindungi oleh kacamata biasa. Dengan menggunakan safety Goggles/Glasses ini, pekerja terhindar dari terpaan debu diarea Pertambangan ataupun cipratan dari minyak saat proses drilling. Kacamata ini memiliki bermacam jenis tergantung keperluan dan jenis pekerjaannya. Untuk orang berkacamata minus atau plus, disediakan lensa khusus sesuai dengan kebutuhan yang bersangkutan. Yang pasti, lensa ini tidak boleh terbuat dari kaca, karena jika terjadi benturan dan lensa pecah, serpihan kaca malah akan membahayakan penggunanya.

5. Safety Masker/masker respirator (Penyaring Udara) ; Safety Masker berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb). Di berbagai area pertambangan banyak bertaburan debu, yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada pernafasan dalam jangka waktu yang panjang. Ada berbagai jenis masker yang tersedia, mulai dari masker debu hingga masker khusus dalam menghadapi bahan kimia yang mudah menguap.

6. Safety Gloves (Sarung Tangan Pengaman) ; Berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Penggunaan Safety Gloves menjadi hal yang wajib digunakan didunia pertambangan. Hal ini dikarenakan para pekerja banyak berinteraksi (menyentuh) benda2 yang panas, tajam, ataupun yang beresiko terluka tergores saat melakukan pekerjaannya. Penggunaan safety gloves pun beragam sesuai dengan jenis pekerjaannya. Ada safety gloves khusus pekerjaan seperti mekanik/montir, ada yang khusus untuk pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia, ataupun pekerjaan seperti pengelasan.

7. Ear Plugs (Pengaman Telinga) ; Ear Plugs berfungsi sebagai alat pelindung yang dilekatkan di telinga pada saat bekerja di tempat yang bising. Ear plugs merupakan alat pelindung pendengaran dari kebisingan. Penggunaan earplug ini mencegah pekerja mengalami gangguan pendengaran seperti penurunan pendengaran akibat terpapar kebisingan sewaktu bekerja di area kerja yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi atau bekerja dengan peralatan yang mengeluarkan kebisingan tinggi. Umumnya alat pendengaran kita hanya mampu menahan besaran kebisingan sampai dengan 80-85 dB. Ear plugs pun memiliki berbagai ragam bentuk dan jenis sesuai dengan peruntukkannya dalam pekerjaan.

8. Lampu Kepala ; Alat keselamatan ini biasanya khusus digunakan pada penambangan bawah tanah (underground). Malam dan siang hari di terowongan tak ada bedanya, sama-sama gelap. Itulah sebabnya, lampu kepala wajib dikenakan. Lampu ini bisa bertenaga aki (elemen basah) atau baterai (elemen kering) yang digantung di pinggang. Dibandingkan dengan baterai, aki memiliki beberapa kelemahan, selain ukuran dan bobot aki yang lebih berat, cairan asam sulfat yang bocor dapat merusak pakaian.

9. Self Rescuer ; Dalam kondisi darurat akibat kebakaran atau ditemukannya gas beracun, alat inilah yang dapat mennjadi penyelamat bagi para pekerja. Alat ini dirancang dapat memasok oksigen secara mandiri kepada pekerja. Tidak lama memang, tapi ini diharapkan memberikan cukup waktu bagi pekerja untuk mencari jalan keluar atau mencapai tempat pengungsian yang lebih permanen.

10. Safety Boot (Sepatu Boot) ; Pada kondisi area pertambangan yang umumnya licin dan berlumpur, sepatu boot menjadi kebutuhan pokok. Sepatu pendek hanya akan menyebabkan kaki terbenam dalam lumpur. Sepatu boot juga harus dilengkapi dengan sol berlapis logam untuk melindungi jari kaki.

11. Safety Harness (Tali Pengaman) ; Alat ini berfungsi sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Alat ini wajib digunakan apabila bekerja pada ketinggian lebih dari 1,8 meter.

Pencarian lainnya yang berhubungan dengan postingan ini : alat pelindung keselamatan kerja, alat perlindungan diri dalam kesehatan, alat keselamatan diri, alat alat pelindung diri. Alat keamanan kerja, alat alat keselamatan kerja k3, alat pelindung kaki, alat keselamatan kerja las. Alat pelindung diri kesehatan, pelindung tangan, peralatan perlindungan diri, alat pelindung diri apd. Alat pelindung, alat proteksi diri, apd alat pelindung diri, alat pelindung diri di tempat kerja, alat-alat keamanan kerja, alat pelindung diri untuk keselamatan kerja. Alat pelindung diri dalam bekerja, alat pelindung badan.

12. Safety Belt (Sabuk Pengaman) ; Berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi ataupun peralatan lainnya yang serupa (mobil, alat berat, pesawat, helikopter, dsb).

13. Raincoat (Jas Hujan) ; Berfungsi untuk melindungi pekerja dari percikan air saat bekerja (misal bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat). Terpapar air secara langsung dan terus menerus dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti infulensa dan demam, yang pada akhirnya akan mengganggu optimalisasi pekerjaan dari pekerja tersebut.

14. Face Shield (Pelindung Wajah) ; Alat ini berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggurinda dan las). Di dunia tambang, alat ini biasanya banyak digunakan oleh para mekanik dan welder.

15. Lifevest (Pelampung) ; Alat ini wajib digunakan saat kita beraktivitas di wilayah perairan/di atas air. Biasanya untuk menjangkau suatu lokasi tambang harus melewati perairan dengan menggunakan alat transportasi. Alat ini harus selalu dikenakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan (alat transportasinya karam/terbalik). Lifevest harus selalu rutin di periksa untuk mengecek daya ambang atau daya apungnya.
thumbnail

Masa Depan Australia Akan Suram Jika Terus Sepelekan Ilmu Matematika

Dalam sistem pendidikan di Australia, murid dari kelas 11 dan 12 sudah menentukan mata pelajaran apa yang diambil sebagai persiapan masuk ke universitas. Masing-masing jurusan di universitas akan menentukan pelajaran apa yang diambil oleh siswa sebagai syarat untuk masuk di jurusan tersebut. Tidak semua jurusan sains misalnya mewajibkan siswa untuk mengambil pelajaran matematika.


Saat ini di Australia hanya 14 persen dari jurusan sains di universitas mensyaratkan pelajaran matematika sebagai mata pelajaran utama yang harus diambil. Disinyalir apabila hal ini terus terjadi maka kedepannya Australia akan memiliki masa depan yang suram dalam bidang sains dan teknologi.

Atas dasar kekuatiran tersebut, saat ini pemerintah Federal berencana mewajibkan matematika sebagai syarat bagi jurusan seperti bisnis, teknik dan sains. Sekarang pemerintah Australia sedang menyiapkan rencana 10 tahunan guna meningkatkan kemampuan matematika dan inovasi.
jangan sepelekan ilmu matematika
gambar ilustrasi ilmu matematika.

Para ahli mengungkapkan juga bahwa masalah lainnya yang dihadapi mahasiswa baru ketika masuk universitas adalah bahwa pelajaran matematika yang mereka terima ternyata jauh lebih sulit, dari perkiraan semula setelah mereka diterima di jurusan sains, teknologi, dan matematika. Profesor Matematika di University of Western Australia, Cheryl Praeger, mengatakan Australia akan menghadapi masa depan yang suram kecuali rekomendasi ini dijalankan.

"Saya pikir kita sangat membutuhkan mahasiswa, lulusan, dan pekerja nantinya yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Jika ini tidak segera diantisipasi maka industri inovatif australia nantinya akan hilang. Misalnya saja perawat yang harus bisa mengukur takaran obat. Kalau mereka tidak menguasai matematika, maka mereka tidak akan  bisa bekerja secara efisien. Ini menyangkut seluruh bagian kehidupan kita." kata Prof Praeger.


Sedangkan Professor Geoff Prince yang juga seorang direktur Institut Sains Matematika Australia mengatakan bahwa Australia semakin tertinggal dari negara lain dalam hal matematika. Dia mengatakan mahasiswa Australia sering memperoleh hasil yang lebih rendah dalam setiap lomba yang berkaitan dengan matematika secara internasional.

Institut tersebut membeberkan data statistik yang mencengangkan yaitu bahwa hanya 14 persen jurusan sains di universitas di Australia yang mensyaratkan pelajaran matematika sebagai pintu masuk. Contohnya di New South Wales, tidak ada satupun universitas yang mensyaratkan matematika untuk jurusan sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Australia melalui Menteri Pendidikannya Simon Birmingham hari Kamis (17/3/2016) akan mengeluarkan regulasi rencana 10 tahun bagi masa depan matematika. Selain sebagai mata pelajaran wajib di sekolah, laporan dari para ahli juga merekomendasikan agar Australia mengatasi masalah kekurangan guru matematika khusus, dan juga membuat pusat riset matematika nasional. (sumber: jpnn dotcom 17/03/2016).
thumbnail

Lowongan Kerja Geologist dan Pertambangan Terbaru Maret 2016

1. PT Batutua Tembaga Raya
PT Batutua Tembaga Raya (BTR), bekerja sama dengan PT Batutua Kharisma Permai (BKP) di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya segera mencari kandidat sesuai kualifikasi dan profesionalisme untuk mengisi posisi sebagai berikut :

Geology Superintendent
Kualifikasi :
  • S1 Geologi
  • Minimum pengalaman 10 tahun di "hard rock Mining", lebih disukai yang "open cut"
  • Fokus terhadap pekerjaan dan harus memiliki pengalaman dalam mengelola sebuah team.
  • Penempatan Pulau Wetar
Jika Anda ingin mengubah karir profesional Anda ke tingkat yang lebih baik, tempat kerja yang menarik, dan berkomitmen terhadap teknologi baru yang dinamis dari proses penambangan tembaga, silakan mengirimkan aplikasi dan CV Anda melalui email (max 350 kb), Semua aplikasi harus dikirimkan selambat-lambatnya 6 hari dari sekarang (expire date : 22 Maret 2016).

Silakan email aplikasi dan CV Anda dalam format bahasa Inggris dan MS Word (Tolong beri nama posisi di subject email) ke Manajer HR : hr.wetar@batutua.com. Perwakilan Kantor Kupang, Jl.Gunung Mutis Ruko No.2B, Kota Lama Kupang NTT 85000 Indonesia. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.


2. PT KTC Coal Mining & Energy 
PT. KTC adalah Perusahaan kontraktor pertambangan dan energy yang beroperasi sejak tahun 2004 di Indonesia dan telah berkembang pesat. Dalam rangka mendukung peningkatan target produksi, kami membutuhkan tenaga kerja yang dinamis,memiliki motivasi kerja yang tinggi, menyukai tantangan dan berkomitman bergabung bersama kami untuk terus berkarya :

Project Manager
  • Pria, Usia 35 - 47 tahun
  • Pendidikan SI Teknik Pertambangan/Geologi
  • Mengusai Software Mining minimal Mapinfo, Surpac, Miniscape nilai Plus
  • Pengalaman minimal 8-10 tahun sebagai Project Manager (Iron Ore, Bauxite, Nikel, Etc)
  • Sertifikasi Pengawas Operasional Pertama ( POP ) bersertifikasi POM nilai plus
  • Planning & Tehnikal Service : Mine Design & Modelling, Production Planning & Scheduling, Drill & Blast, Survey, Geo Tehcnikal, Dump & Back Fill, Dewatering & Pumping, Mine Service Coordination, Ground Preparations and Mine Development.
  • Annual production and budget forecast : Overheads, Man Power, Equitment , Service and consumables.
  • Penempatan Pulau Bangka, Minahasa Utara.

Senior Geologist For Mineral
  • Pria, Usia 35 - 47 tahun,
  • Pendidikan S1 Geology Engineering
  • Pengalaman minimal 7-10 tahun sebagai senior exploration mineral (Iron Ore, Bauxite, Nikel, Etc)
  • Menguasai Software Mapinfo, Surpac, Miniscape
  • Memahami laporan exploration dan budgeting cost controller
  • Penempatan Pulau Bangka, Minahasa Utara
Bagi yang memenuhi syarat tersebut, silahkan mengirimkan lamaran ke recruitment@ktcgroup.co.id atau krisna.wijaya@ktcgroup.co.id. (Expire date : 29 Maret 2016).

Lihat juga daftar perusahaan tambang sesuai komoditas DISINI   


lowongan kerja geologist dan tambang terbaru


3. PT Ocean Metal Indo 
PT Ocean Metal Indo is a national private company with main business in Energy and Coal Industry in Indonesia. We are looking for dynamic and creative professional human resources, with good track records, to join and grow with us for below positions:

Project Manager (Job Code : PM)
Qualifications :
  • Male, 35 - 50 years old.
  • Excellent managerial and interpersonal skills.
  • Bachelor degree in Mining Engineering or related discipline.
  • Minimum 10 years experiences in the mining operations & 5 years in the same position.
  • Comprehensive knowledge of mining management principles and practices.
  • Hold a POU and K3 Umum Certificate will be a plus.
  • Having experience in position Kepala Teknik Tambang is an advantages.
  • Strong commitment to site safety.
  • Strong leadership is a must.
  • Willing to be located at our Job Site.
Responsibilities :
  • Lead job site and synergy with all employee, contractors, Distamben and social job site environment.
  • Monitoring & reporting all mining operation, such as production, safety, environment
  • Coordinate with head office all procurement, financial and human resources operations
  • Coordination with government, Distamben, BLH, etc
  • Good collaboration with stakeholders at job site.

Sr. Product Marketing (Job Code : SPM)
Qualifications :
  • Bachelor degree in any discipline ; Mining, metallurgy, and petroleum background are preferred.
  • Good knowledge about Anthracite and Pulverized Coal Injection (PCI).
  • Good knowledge of smelter or metal and mineral (Mechanical planning: Iron, Steel, Nickel and Alumunium section).
  • Having experience in Marketing Product Development (Metal, Mineral and Mining).
  • 3 years experience in Business Development.
  • Strong networking & relations with good communication skill.
  • Fluent in English, able to speak Mandarin is an advantage.
  • Able to work individual or as a team.
  • Willing to be located in Jakarta and travelling to our customers.
Responsibilities :
  • Work with management team to identify and evaluate market, new target clients.
  • Work with management team to develop and implement strategic sales plan.
  • Identify and evaluate spesifict new profitable business opportunities.
  • Maintain an excellent client relationship with existing and potential client

Project Assistant (Job Code : PA)
Qualifications :
  • Age, maximum 35 years old.
  • Bachelor Degree in Mining Engineer or related discipline, min GPA 3.00
  • Minimum 5 years experiences in coal mining exploration.
  • Held a POP Mining Indonesia competency certificate are preferable.
  • Experience in mapping & sample programs.
  • Good communication and technical reporting in English
  • Able to operating software (Surpac and Minescape)
  • Having knowledge in mining principles, mine design concepts, mining method and equipment.
  • Good leadership to subordinates with good interpersonal and organizational skills
  • Willing to be located at Jakarta, and travelling to our job site.
Responsibilities :
  • Monitoring all coal production activities to meet target considering efective, effeciency with strong commitment to safety.
  • Create short term & mid term mine plan
  • Supporting data and mapping the actual area location information
  • Make sure sequence of mining based on planning.
  • Create & analyze budget, cost of mine production.
  • Giving analyze of short term and long term part of project exploration to the Project Manager

Supply Chain (Job Code : SC)
Qualifications :
  • Must possess at least a Bachelor Degree in Mining, Geology.
  • Minimum 5 years experiences in coal logistic and quality control.
  • Strong network contacts & relations.
  • Detersive source information.
  • Strong computer skills.
  • Good knowledge in coal geology.
  • Good knowledge in coal sampling technique and procedure (pit and stockpile samples and disturbed or undisturbed samples).
  • Good knowledge in coal quality control and quality assurance management.
  • Good knowledge in stockpile management and mine geology engineering.
  • Comprehensive knowledge in mining software such as Autocad, Minescape, Xpac, Minex, etc.
  • Good leadership with interpersonal and organizational skills.
  • Candidates from Kalimantan Tengah are preferred.
  • Willing to be located at our site in Kalimantan Tengah.
Responsibilities :
  • Responsible for all aspects of coal logistic activity including organization and sourcing
  • Good knowledge of coal quality and sources
  • Develop specific supplier solutions based on strong financing, structuring, logistic and risk mitigation capabilities.
  • Prepare coal samples to analyze.
  • Managed routine coal sampling and guidance services for front line people.
  • Managed and supervise all the procedure needed to prevent parting and other impurities materials in pit.
  • Managed and supervise all the procedure needed in stockpile activities based on stockpile.
  • Assist mine geologist and all mine operation in pit.
  • Assist mine mapping and exploration activities if needed.
  • Monitor production activity to have good quality coal

If you have relevant experiences, graduated from reputable university with good GPA, interested and confident in fulfilling above requirements, please send your Curriculum Vitae to the following email address (Expire Date: March 22, 2016).

hr.omi.indo@gmail.com

It is IMPORTANT to have clear mentions of JOB CODE in the email subject, Availability to start work date in email, Current salary and expected salary in email,  and GPA in email or CV / Resume. Applicants without above items clearly stated may not be considered for interview.


4. Rimau Group
RIMAU GROUP is owner company for coal mining, shipping and trading company. Coal Mining : PT. Senamas Energindo Mineral & PT. Rimau Energy Mining. Shipping : PT. Rimau Shipping & PT. Tri Sukses Wanatama. Trading : PT. Tunas Binatama Lestari. Invite you to join with our winning team, with those oppurtunity career:

Kepala Teknik Tambang (KTT-RIMAU ) 
Responsibilities:
  • As management representative of Environment Management System.
  • Prepare strategy and annual Safety & Environmental Program, Conceptualization of budget and man power plan in Safety & Environment.
  • Prepare Report to government about RKL/RPL progress quarterly.
  • Conducted mining activities such as Mine Planning & Mine production
  • Manage sub contractor.
  • Prepare Monthly Production Report, Evaluation mining progress, and Annual plan
  • As management representative of Environment Management System.
  • Conceptualization of budget plan and man power plan.
  • Coordinate and implement effective mine closure.
  • Make Good relationship with local Community in mine area
Qualification:
  • Male
  • 30- 45 years old
  • Master Degree or Bachelor degree from faculty of Mining engineer / Geology
  • Minimum 10 (ten) years experience in mining industry and as a KTT minimum for 5 years
  • Hold POU & KTT certification from Ministry of Energy Mineral Resources Republic Indonesia ( Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara )
  • Fluent in English both oral & written
  • Expert in Mining Operations, Including environmental, health & safety aspects
  • Manage and control all mining sites operation for all mining aspect include technical & non technical to achieve project target
  • Create Good Mining Practice
  • Good leadership to subordinates with good interpersonal and organizational skills
  • Self confident and tactful to communicate with people in every level within the organization/corporate.
  • Good health and able to work under pressure with good result and always seek best solution to solve problem.

If you meet our requirement above please send us your Application Letter and your Latest CV. (Please input your Current Salary and your Expected Salary) and Photo with the Code Position you are applying for in the subject line to email: careers@rimaugroup.com. Only short listed candidates will be processed. (Expiry date: March 21, 2016).


5. PT Baradinamika Mudasukses 
Kami bergerak di bidang pertambangan batubara sejak 1992 dengan sistem terintegrasi dalam penyediaan batubara untuk mencapai kualitas mutu yang tinggi demi kepuasan pelanggan. Kami selalu ingin berbenah dan menjadi lebih baik.

Di tahun 2014, di tengah – tengah merosotnya harga dan bisnis batu bara, kami go public, terdaftar di bursa sebagai PT MITRABARA ADIPERDANA Tbk dan berencana meningkatkan produksi di tahun berikutnya, hingga saat ini. Untuk itu kami membutuhkan tambahan individu – individu yang professional dan luar biasa untuk memenuhi posisi sebagai berikut :

Geotek Engineer ( code : GEOE )
Kualifikasi :
  • Pendidikan S1 Teknik Sipil/ Geologi/ Pertambangan atau dari universitas terkemuka
  • Minimal 4 tahun di posisi yang relevan, pada perusahaan pertambangan batubara
  • Mampu menangani permasalahan geoteknikal di area pertambangan
  • Mampu menganalisa stabilitas pit slope dan waste disposal
  • Menguasai dengan baik Software Geoteknik
  • Penempatan di kantor pusat Jakarta
Pelamar yang memenuhi persyaratan di atas, dapat mengirimkan CV Lengkap dan Foto terbaru ke alamat email kami di bawah ini, dengan mencantumkan nama posisi atau code posisi yang di lamar pada subject email :
recruitment.bdms@baramultigroup.co.id
recruitmentbaramulti@baramultigroup.co.id

Paket remunerisasi yang menarik akan kami tawarkan kepada kandidat yang memenuhi persyaratan kami. ”Mohon maaf bagi yang tidak memenuhi persyaratan tidak akan kami proses”.  (Expiry date: March 18, 2016).


6. Orica Mining Services
We are currently seeking candidates for Blasting Engineer – Hardrock position, to be placed in Freeport. The successful candidate will possess following attributes:
  • Tertiary qualifications in Mining Engineering
  • 3 - 5 years experience overall in Mining industry
  • 2 - 3 years Metal Drill and Blast experience
  • Extensive understanding in Blast design - Shotplus5, misfire investigation and risk assessment
  • Having ability in electronic blasting system User, technical report writing and blast monitoring
  • Excellent and effective written and verbal communication skills both in Bahasa Indonesia and English
  • Results orientation, innovation, coaching and influencing
  • Committed to Orica standards in SH&EC and business ethics
Please Send your CV to HR: hr.ptoms.indonesia@orica.com at the latest by March 17, 2016.


Catatan:
Hati-hati terhadap tindak penipuan yang timbul akibat informasi lowongan pekerjaan ini. Kami ataupun perusahaan yang bersangkutan tidak bertanggung jawab apabila terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian bagi Anda, baik yang bersifat material maupun inmaterial. Mohon diperhatikan batas tanggal pengiriman aplikasi/CV tiap perusahaan (expiry date).
loading...
loading...
loading...

Copyright © Geologinesia. Powered by Blogger