24 GURUN TERLUAS (TERBESAR) DI DUNIA

Apa itu Gurun?

Gurun adalah lanskap atau wilayah yang menerima sedikit curah hujan (kurang dari 250 mm per tahun). Sekitar 1/3 dari permukaan tanah yang ada di bumi ini adalah gurun. Ada empat jenis/tipe gurun berdasarkan kondisi geografisnya yaitu: 1) Gurun Kutub, 2) Gurun Subtropis, 3) Gurun Musim Dingin, dan 4) Gurun Pesisir.

Kebanyakan orang membayangkan bahwa permukaan gurun hanya ditutupi dengan pasir dan bukit pasir. Meskipun banyak gurun yang tertutup pasir, tetapi banyak juga gurun yang menampakan permukaan berbatu dan juga salju (es). Adanya kenampakan gurun yang berbatu disebabkan karena ukuran pasir atau partikel yang lebih kecil dipermukaan gurun sangat mudah terbawa oleh angin.


Pada umumnya gurun menerima sangat sedikit curah hujan. Sungai yang ada di gurun biasanya hanya ada setelah hujan terjadi (kecuali sungai tersebut sumber airnya dari luar gurun). Sungai yang masuk ke gurun, airnya akan cepat habis (hilang), sebagian hilang akibat penguapan, akibat transpirasi (diambil oleh tanaman dan kemudian dilepaskan ke atmosfer dari tanaman), dan sebagian lagi hilang akibat infiltrasi (air meresap ke tanah melalui bagian bawah saluran sungai).

Tumbuhan dan hewan yang hidup di gurun harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Tanaman harus sangat toleran terhadap sinar matahari yang intens dan tanpa curah hujan (air). Hewan harus mampu mentolerir suhu ekstrem dan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan air yang sangat sedikit. Banyak hewan beradaptasi dengan cara berada dibawah tanah pada siang hari dan pada malam hari barulah mulai beraktifitas di permukaan.

Daftar Gurun Terluas di Dunia

Rekor gurun terluas di dunia saat ini dipegang oleh jenis gurun kutub yaitu Gurun Antartika dengan luas 5,5 juta mil persegi. Berikutnya di urutan kedua jatuh pada Gurun Arktik yang juga masih merupakan jenis gurun kutub. Berikut ini penjelasan 24 gurun terluas di dunia yang telah dirangkum oleh Geologinesia dari berbagai sumber.

24 gurun terluas di dunia
Gambar daftar gurun terluas di dunia.

1. Gurun Antartika
Tipe gurun : Gurun Kutub
Luas Wilayah : 5,5 juta mil persegi
Lokasi : Benua Antartika
Karakteristik gurun ini adalah memiliki dataran yang dingin dan basah di bagian permukaannya. Para ilmuwan menyebutkan bahwa ekosistim gurun Antartika memiliki keanekaragaman hewan beserta tumbuhan dengan berbagai macam spesies di dalamnya.


2. Gurun Arktik
Tipe gurun : Gurun Kutub
Luas Wilayah : 5,4 juta mil persegi
Lokasi : Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Russia Mirip dengan gurun Antartika yang memiliki karakteristik berupa dataran es, hanya saja gurun ini berada di wilayah yang berbeda yaitu pada Kutub Utara Bumi.

3. Gurun Sahara
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 3,5 juta mil persegi
Lokasi : Afrika Utara
Gurun ini berada di bagian utara Afrika, memiliki iklim panas yang sangat ekstrim. Gurun Sahara saat ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai gurunterluas dan terbesar di dunia (di luar kutub). rata-rata suhu di Gurun Sahara berada pada titik 30° Celcius. Akan tetapi pada musim panas, suhu di permukaannya bisa naik hingga 50° Celcius. Rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di gurun ini adalah sebesar 58° Celcius.

gurun sahara dan antartika
Gambar Gurun Sahara dan Gurun Antartika.

4. Gurun Arabia
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 1 juta mil persegi
Lokasi : Benua Asia (Semenanjung Arab)
Gurun Arabia atau biasa disebut dengan Semenanjung Arab merupakan sebuah gurun yang terdiri atas gurun an-Nafud dan Rub al-Khali. Dapat diperkirakan luas 1 juta mil persegi wilayah Arab Saudi dihuni oleh bukit pasir aktif yang bisa berpindah sewaktu-waktu karena tiupan angin.

5. Gurun Gobi
Tipe gurun : Gurun Musin Dingin
Luas Wilayah : 500 ribu mil persegi
Lokasi : Benua Asia (China dan Mongolia)

Dalam bahasa Tionghoa gurun ini disebut dengan Gebi, yang artinya wilayah yang sangat kering dan luas. Gurun Gobi merupakan gurun terluas dan terbesar di Benua Asia. Gurun Gobi merupakan saksi sejarah Kekaisaran Mongolia.

6. Gurun Patagonia
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 260 ribu mil persegi
Lokasi : Argentina (Benua Amerika)
Gurun Patagonia menjadi gurun terluas di Benua Amerika. Meskipun permukaannya agak tandus tetapi suhu rata-rata di gurun ini sangatlah rendah, sekitar 3° Celcius sampai dengan 12° Celcius. Di gurun ini, musim dingin terjadi selama 7 bulan dan sisanya 5 bulan merupakan musim panas.

7. Gurun Great Victoria
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 250 ribu mil persegi
Lokasi : Australia
Gurun Great Victoria merupakan gurun terluas di Benua Australia. Di wilayah gurun ini kita bisa menjumpai ekosistem gurun yang unik seperti sandhilll kecil, danau garam, dan dataran rumput yang luas. Great Victoria memiliki suhu di siang hari antara 32° sampai 40°C. Tetapi pada musim dingin permukaannya bisa bersuhu 18° sampai 23°C.

8. Gurun Kalahari
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 220 ribu mil persegi
Lokasi : Afrika Selatan, Botswana, Namibia (Benua Afrika)
Kalahari merupakan sebuah padang rumput yang amat luas dengan curah hujan antara 13 cm sampai 51 cm pertahunnya. Pada awalnya Kalahari merupakan cekungan yang terisi air dan pasir didalamnya. Seiring berjalannya waktu selama ribuan tahun, air tersebut akhirnya mengering, sehingga meninggalkan lapisan pasir yang berwarna merah. Di gurun ini kita masih bisa menjumpai berbagai jenis hewan dan tumbuhan purba yang sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu.

9. Gurun Great Basin
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 190 ribu mil persegi
Lokasi : Amerika Serikat
Great Basin merupakan sebuah gurun di dataran tinggi Amerika Serikat yang dibagian ujungnya berbatasan dengan negara meksiko. Akibat berada di perbatasan, tak jarang terjadi permasalahan antar kedua negara karena dipicu oleh pembagian batas wilayah.

10. Gurun Syrian
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 190 ribu mil persegi
Lokasi : Syria, Irak, Yordania, Arab Saudi (Benua Asia)
Gurun Syrian atau biasa disebut dengan Siro Arab merupakan kombinasi antara padang dengan gurun yang berada di sebelah utara semenanjung arab.

11. Gurun Chihuahuan
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 175 ribu mil persegi
Lokasi : Meksiko

12. Gurun Great Sandy
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 150 ribu mil persegi
Lokasi : Australia

13. Gurun Kara-Kum
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 135 ribu mil persegi
Lokasi : Uzbekistan, Turkmenistan

14. Gurun Colorado Plateau
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 130 ribu mil persegi
Lokasi : Amerika Serikat

15. Gurun Gibson
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 120 ribu mil persegi
Lokasi : Australia

16. Gurun Sonoran
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 120 ribu mil persegi
Lokasi : Amerika Serikat dan Meksiko

17. Gurun Kyzyl-Kum
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 115 ribu mil persegi
Lokasi : Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan

18. Gurun Taklamakan
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 105 ribu mil persegi
Lokasi : China

19. Gurun Iranian
Tipe gurun : Gurun Musim Dingin
Luas Wilayah : 100 ribu mil persegi
Lokasi : Iran

20. Gurun Thar
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 75 ribu mil persegi
Lokasi : India, Pakistan

21. Gurun Simpson
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 56 ribu mil persegi
Lokasi : Australia

22. Gurun Mojave
Tipe gurun : Gurun Subtropis
Luas Wilayah : 54 ribu mil persegi
Lokasi : Amerika Serikat

23. Gurun Atacama
Tipe gurun : Gurun Pesisir
Luas Wilayah : 54 ribu mil persegi
Lokasi : Chile

24. Gurun Namib
Tipe gurun : Gurun Pesisir
Luas Wilayah : 13 ribu mil persegi
Lokasi : Angola, Namibia, Afrika Selatan
Komentar