Friday, May 13, 2016

Gunung Olympus Mons dan Kawah Hellas, Topografi Tertinggi dan Terendah di Planet Mars

loading...

Topografi Planet Mars

Planet mars memiliki fitur spektakuler berupa titik elevasi tertinggi dan terendah. Titik terendah dihasilkan oleh impact asteroid besar yang membentuk "Kawah Hellas", sedangkan titik tertinggi dibentuk oleh letusan berulang "Olympus Mons" yang merupakan gunung berapi terbesar di tata surya kita. Meskipun Mars merupakan planet yang lebih kecil dari bumi, namun fitur elevasi titik tertinggi dan terendahnya melebihi titik elevasi yang ada di bumi.
Titik tertinggi dan terendah di Mars
Topografi pada planet mars.

Gambar diatas merupakan peta topografi dari planet Mars. Peta proyeksi Mercator ini menunjukkan ketinggian yang rendah sebagai warna biru dan ketinggian yang tinggi sebagai warna putih. Peta ini disusun oleh NASA berdasarkan data "Mars Orbiter Laser Altimeter" yaitu  sebuah instrumen pada pesawat ruang angkasa "Mars Global Surveyor".

Titik tertinggi di Mars adalah gunung berapi Olympus Mons (ditandai dengan bendera dengan huruf "H") dengan nilai elevasi pada puncaknya 21.229 meter (69.649 kaki) di atas "Areoid Mars". Titik terendahnya adalah Kawah Hellas (ditandai dengan bendera dengan huruf "L") dengan nilai elevasinya 8.200 meter (26.902 kaki) di bawah "Areoid Mars". Detail peta gunung berapi Olympus Mons dan Kawah Hellas ditunjukkan lebih jelas pada gambar dibawah.


Bagaimana memperoleh Datum Referensi di Mars?

Di Bumi, kita menggunakan "permukaan laut" sebagai datum referensi. Ketinggian gunung di bumi diukur dari permukaan laut dan kedalaman laut diukur berapa meter kebawah permukaan laut. Di Mars tidak ada permukaan laut yang dapat dibuat sebagai referensi, sehingga dibuatlah datum pengganti yang disebut sebagai "Areoid Mars".

Areoid Mars merupakan permukaan ekuipotensial dari "Goddard Mars Gravity Model". "Areoid Mars" adalah bola imajiner dengan pusat yang bertepatan dengan pusat Mars dengan radius 3.396.000 meter. Kita dapat menganggapnya sebagai elevasi referensi, mirip dengan elevasi nol di Bumi pada permukaan laut. Radius yang digunakan untuk "Areoid Mars" sangat dekat dengan radius rata-rata Mars sepanjang khatulistiwanya, nilainya adalah 3.396.196 meter.

Untuk membuat peta topografi di Mars, data dari "Mars Orbiter Laser Altimeter" digunakan untuk menghitung jari-jari Mars terhadap jutaan titik-titik pengamatan di seluruh permukaan planet tersebut. Nilai elevasi Mars diperoleh dengan mengurangi radius "Areoid Mars" dari radius Mars pada setiap titik pengamatan. Sehingga ketinggian yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah peta topografi.
Gunung Olympus Mons dan Kawah Hellas
Gunungapi Olympus Mons (atas) dan Kawah Hellas (bawah).

Gunung Olympus Mons dan Kawah Hellas

Gunungapi Olympus Mons adalah titik elevasi tertinggi di Mars dengan nilai ketinggian 21.229 meter (69.649 kaki). Gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di tata surya kita, bahkan sebagai gunung berapi terbesar sejagad raya. Aliran lava dari Olympus Mons dan gunung berapi disebelahnya tidak berada didalam kawah yang terbentuk oleh tumbukan asteroid besar. Hal ini membuktikan bahwa letusan yang membentuknya terjadi setelah tumbukan asteroid besar.


Kawah Hellas, juga dikenal sebagai "Hellas Planitia" adalah kawah besar di belahan bumi selatan Mars. Kawah ini mempunyai diameter sekitar 2.300 kilometer (1.400 mil) dengan kedalaman sekitar 9 kilometer (5 mil). Kawah ini merupakan kawah terbesar yang ada di planet ini.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner