Tuesday, March 29, 2016

Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Melange dengan Olistostrome

Pengertian Melange

Melange adalah batuan yang terbentuk dengan cara seluruhnya tercampur akibat berada diantara 2 kerak bumi yang bergerak. Batuan melange (berasal dari bahasa Perancis, artinya campur-aduk). Melange biasanya berasosiasi dengan zona penunjaman (zona subduksi). Bahan pembentuk melange dapat berwujud batuan basal yang ada di dasar laut dan batuan sedimen. Melange merupakan kelompok batuan Pra Tersier dari berbagai jenis dan umur dari komponen batuannya yang berbeda-beda (berkisar antara 120 – 65 jt tahun).


Pada zona penunjaman (subduksi), kerak samudra yang menunjam di bawah kerak benua akan menghasilkan gesekan antar kedua kerak dan membuat blok-blok batuan yang ada disekitarnya runtuh, tercampur aduk, dan ter-deposisi di sepanjang zona subduksi tersebut. Akibat makin dalamnya (tebal) campuran batuan tersebut, suhu dan tekanan akan meningkat, sehingga menghasilkan batuan yang disebut melange. Karena pembentukannya juga dipengaruhi oleh suhu dan tekanan, melange sering dimasukan sebagai salah satu jenis batuan metamorf (?). Melange tidak memiliki perlapisan yang jelas dan komponen pembentuknya beraneka ragam.

Ciri utama melange yaitu tersusun atas fragmen atau blok batuan ofiolitik, batuan metamorf berderajat tinggi, dan batuan metasedimen yang telah bercampur dalam massa dasar lempung yang tergerus (pervasively sheared). Dapat terlihat rekahan gerus dengan permukaan berupa cermin sesar (slickenside) dan blok batuan exotic serta native yang mengambang dalam massa dasar yang lebih halus (berupa lempung berwarna abu–abu hingga gelap).

Pengertian Olistostrome

Olistostrome adalah batuan sedimen yang terdiri atas material-material yang bercampur aduk akibat longsoran di bawah permukaan laut. Komponen penyusun olistostrome berupa blok-blok batuan sedimen dan lumpur. Kelompok batuan olistotrome dapat berupa fragmen-fragmen batuan (olistolith atau exotic block) yang mengambang dalam massa dasar lempung. Olistostrome juga tidak memiliki perlapisan yang jelas, tetapi ada semacam perulangan susunan batuan pada skala yang lebih besar (tebal).

Olistostrome juga dapat disebut sebagai sedimentary melange, dikarenakan proses terbentuknya yang berada di cekungan-cekungan hasil proses deformasi pada batuan melange. Karena itu, pada rekaman stratigrafi, kelompok batuan melange akan berada di bawah kelompok batuan olistotrome.


Olistostrome merupakan sebuah unit stratigrafi yang pada umumnya dibedakan antara formasi yang ada di atasnya dengan di bawahnya oleh kontak deposisional. Akan tetapi dengan adanya chert, ophiolite, batuan metamorf, dan batuan sedimen yang didominsasi matrik pelitik, yang tertembus dan terpotong, sehingga memungkinkannya disebut sebagai olistostrome yang tergerus.

Persamaan dan Perbedaan Melange dengan Olistostrome

Huruf "e" (yang pertama) pada kata melange dan olistostrome mengandung pengertian sebagai mixture (campuran). Istilah ini berasal dari penggunaan apostrof Perancis. Baik melange maupun olistostrome merupakan percampuran batuan aneka jenis dan aneka asal, sehingga keduanya akan selalu mempunyai blok-blok fragmen batuan aneka ukuran dan aneka jenis yang terkepung oleh matrix halus (struktur "blocks in matrix"). Struktur "blocks in matrix" ini diakibatkan aktivitas longsoran di lereng palung (inner wall of trench), baik itu melalui proses lengseran, longsoran, maupun delapsi.
batuan tektonik melange dan olistostrome
Gambar melange dan olistostrome.

Sampai pada proses diatas, batuan yang terbentuk akan disebut sebagai olistrostrome. Kemudian, apabila batuan tersebut sudah ter-tektonisasi, maka batuan akan disebut melange. Hal ini diindikasikan dengan matrix-nya yang sudah menjadi "scally clay" atau serpih yang mengersik (sheared matrix). Selain itu, sebagian fragmen dan matrix juga sudah mengalami metamorfosa dan "boudinage". Baik Olistostrome dan melange dapat dijumpai pada wilayah yang sama. Keduanya merupakan bukti primer pada zona konvergen antar lempeng.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner