Rabu, 17 Februari 2016

Ukuran, Kehalusan, dan Bentuk Emas Aluvial

Ukuran Emas Aluvial (Placer)

Sebagian besar emas aluvial (placer) terdapat dalam bentuk butiran-butiran berukuran halus yang disebut “dust” (debu), tetapi oleh para penambang yang beruntung kadang ditemukan juga gumpalan-gumpalan atau bongkah-bongkah yang lebih besar yang disebut “nuggets”. Secara umum kisaran ukuran nugget emas aluvial (placer) mirip biji-bijian sampai mirip kacang-kacangan, tetapi nuggets yang beratnya 1 - 10 pon (0,5 – 5 kg) juga cukup umum ditemukan.


Sampai saat ini nuggets terbesar yang pernah ditemukan adalah “the Welcome Stranger” yang ditemukan di Ballarat, Australia, yang beratnya 2.280 ons (sekitar 69 kg), “the Blanche Barkley” dari Victoria seberat 1.752 ons (sekitar 53 kg), dan “the Carson Hill” dari California seberat 1.296 ons (sekitar 39 kg). Di tahun 1936 ditemukan juga sebuah nugget seberat 1.752 ons di Pegunungan Ural (Rusia).
bentuk dan ukuran emas aluvial (placer)
Gambar berbagai macam ukuran dan bentuk emas aluvial (placer).

Nugget terbesar dari Australia ditemukan sedikit di bawah singkapan, sehingga tidak digolongkan ke dalam jenis nugget aluvial sungai. Nugget terbesar yang dilaporkan dari Yukon seberat 85 ons (sekitar 2,6 kg). Pernah juga ditemukan nugget seberat 47 ons (sekitar 1,4 kg) dari Arizona dan 40 ons (sekitar 1,2 kg) dari Montana. Tentu saja kesemua nuggets tersebut tergolong nugget-nugget yang luar biasa (istimewa, di atas rata-rata). Jika kita ingin merata-ratakannya, maka secara umum partikel-partikel emas aluvial berukuran pasir kasar.

Masih ada ukuran emas aluvial yang lebih kecil, yaitu partikel-partikel sangat halus yang disebut "flour" (tepung). Terestimasi bahwa emas "flour" dari Snake River rata-rata mengandung sekitar 5.000 warna. Float-float emas flour ini gampang dan cepat terekspose di udara terbuka, dan bisa terbawa sampai ratusan mil. Tingkat kehalusannya yang sangat ekstrim menjelaskan terjadinya distribusi yang luas dari warna dalam keseluruhan lebar dan tebal gravel-gravel sungai.

Bentuk Emas Aluvial (Placer)

Bentuk emas aluvial umumnya menyerupai disk (disclike), sehubungan tumbukan atau benturan kontinyu yang telah dialaminya selama tertransportasi. Nugget umumnya berbentuk rounded tetapi dengan outline (garis bentuk) yang tidak teratur. "Dust" dan "flour" berbentuk pellet-pellet pipih dan disk-disk tipis dengan tebal hanya sekitar 2 mikron. Emas yang terkristalisasi jarang ditemukan pada endapan aluvial, tetapi nugget Latrobe (23 ons, atau sekitar 700 gram) yang terdapat British Museum merupakan contoh yang indah dari kristal emas yang berhasil lolos dari tahap mutilation (pengrusakan).

Kehalusan (Fineness) Emas Aluvial

Kualitas atau fineness (kehalusan) dari emas biasa diekspresikan dalam parts per 1.000 (1.000 menunjukkan emas murni) atau dalam satuan fine. Fineness emas aluvial bervariasi pada kisaran 500 – 999 fine; sedangkan pada vein 500 – 850 fine. Sebagian besar (dominan) emas aluvial kehalusannya di atas 800 fine. Peneliti menyimpulkan bahwa kehalusan rata-rata emas di vein California adalah 850 fine, sedangkan pada emas aluvial Tersier rata-rata 930 – 950 fine.


Disimpulkan juga bahwa fineness emas aluvial akan bertambah dengan bertambahnya jarak transportasi dan menurunnya ukuran butir. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nugget-nugget "Klondike" memiliki fineness yang lebih besar pada bagian luar dibandingkan bagian dalam. Observasi ini menunjukkan bahwa sebagian perak pada bagian luar butiran-butiran emas tersebut telah mengalami pelarutan.