Daftar Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

Daerah Penghasil Tembaga - Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat melimpah, khususnya sumberdaya mineral dan batubara. Pada kesempatan kali ini Geologinesia akan memberikan daftar nama-nama daerah penghasil tembaga di Indonesia, melingkupi nama Kecamatan, Kabupaten, serta Provinsi.

Baca juga: Daftar Perusahaan Pertambangan Tembaga

Perlu dijelaskan disini bahwa daftar ini diperoleh dari data pemerintah terkait bidang energi dan sumberdaya mineral (ESDM) maupun berdasarkan data yang dikeluarkan oleh badan pusat statistik Indonesia (BPS).


Daftar daerah penghasil tembaga ini meliputi keberadaan tembaga baik itu yang telah atau sementara dalam tahapan inventarisasi (eksplorasi) maupun telah masuk dalam tahapan produksi (tambang). Berikut adalah daftar nama-nama daerah penghasil tembaga di Indonesia:

Daerah Penghasil Tembaga

  1. KOTANOPANG, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA.
  2. SIEMPAT NEMPU HILIR DAN TANAH PINEM, DAIRI, SUMATERA UTARA.
  3. SILUNGKANG, LUNTO, SUMATERA BARAT.
  4. TASIKMALAYA, JAWA BARAT.
  5. TULAKAN, PACITAN, JAWA TIMUR.
  6. SEKONGKANG, SUMBAWA BARAT, NUSA TENGGARA BARAT.
  7. SANAMAN MANTIKEI, KATINGAN, KALIMANTAN TENGAH.
  8. DONGGALA, SULAWESI TENGAH.
  9. BAOLAN, TOLI TOLI, SULAWESI TENGAH.
  10.  BONE, SULAWESI SELATAN.
  11. KUALA KENCANA-TEMBAGAPURA, MIMIKA, PAPUA

Demikianlah artikel mengenai "Daftar Nama Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia". Diharapkan postingan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa pada artikel terupdate Geologinesia berikutnya.

Baca juga: Daftar Perusahaan Pertambangan Emas

"Kamu telah membaca Nama-nama Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia. Jika materi ini berguna, silahkan dibagikan melalui tombol share dibawah ini. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi silahkan membagikannya."
Komentar