Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Malaysia Serta Keuntungannya

Sama-sama terletak di kawasan Asia Tenggara, tentu saja setiap negara-negara di kawasan ini memiliki karakteristik yang berbeda. Bahkan dua negara yang terletak di satu wilayah atau area saja bisa memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, baik dari segi astronomi maupun geografi. Sebut saja misalnya antara Indonesia dan Malaysia. Jika Anda sudah mengenal dengan baik tentang karakteristik dan kondisi geografis dari negara Indonesia, di bawah ini adalah informasi tentang negara lengkap dengan letak astronomis, geografis dan geologisnya serta keuntungan letak geografis negara Malaysia.

Baca juga: Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Malaysia

Negara Malaysia secara umum diketahui terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Malaysia Timur dan Malaysia Barat yang berada di Pulau Kalimantan. Sama seperti negara-negara di Asia Tenggara lainnya, Malaysia juga terletak di bagian utara lintang bumi dan juga di bagian utara garis khatulistiwa.


Secara astronomis, letak Malaysia berada diantara 1°LU - 7° LU dan 100° BT - 119° BT. Namun karena terletak di dua wilayah yang berbeda, letak astronomisnya juga sedikit berbeda, seperti berikut ini:
  • Wilayah Malaysia Timur terletak di Pulau Kalimantan berada pada garis 1°LU - 7°LU serta 100°41’BT - 119°BT.
  • Untuk wilayah Malaysia Barat terletak di posisi 1°LU - 7°LU dan 100°BT - 104°02’ BT.

letak geografis, astronomis, dan geologis malaysia

Letak Geografis Malaysia 

Letak geografis suatu negara bisa dilihat dari bentuk di muka bumi atau posisi dari negara tersebut. Letak geografis beberapa negara ditandai dengan batas fitur geografi maupun negara atau wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tersebut. Seperti Malaysia yang letak geografisnya ditandai sebagai berikut:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut China Selatan, Brunei Darussalam dan Thailand
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Laut Sulu
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Malaka

Lihat disini tampilan Peta Brunei Darussalam, Peta Singapura dan Peta Indonesia untuk memahami letak geografis malaysia.

Letak Geologis Malaysia

Letak astronomis dan geografis suatu negara juga akan mempengaruhi kondisi alam atau geologis dari negara tersebut. Hal tersebut yang juga terjadi pada Malaysia. Di wilayah Malaysia Barat, kondisi geologisnya terdiri dari pegunungan-pegunungan rendah dan bukan termasuk gunung berapi. Selain itu, di wilayah Malaysia Barat ini masih tertutup hutan, terutama hutan karet. Sedangkan untuk Malaysia Timur juga memiliki kondisi geologis yang hampir sama, terdiri dari gunung dan hutan, namun disini terdapat satu gunung yang diklaim sebagai gunung tertinggi di negara Malaysia dengan ketinggian 4.175 m.

Keuntungan Letak Geografis Malaysia

Hampir sama seperti Indonesia, kondisi geografis Malaysia juga tak jauh berbeda dengan Indonesia dengan banyaknya gunung dan hutan. Namun, karena hutan di Malaysia kebanyakan berupa hutan karet maka hal tersebut tentu membawa keuntungan tersendiri, misalnya:

1. Hasil Komoditi Pertanian yang Melimpah
Komoditi pertanian di Malaysia yang terdiri dari karet, kelapa sawit, kakao dan hasil pertanian lainnya cukup besar. Komoditi terbesar itu salah satunya adalah karet yang bahkan sudah menjadi komoditi ekspor unggulan Malaysia.

2. Hasil Tambang yang Cukup Melimpah
Selain pertanian, kondisi geografis Malaysia juga mempengaruhi banyaknya lahan pertambangan. Salah satu hasil tambang yang banyak dihasilkan oleh Malaysia dari kondisi geografisnya adalah tambang timah. Bahkan Malaysia diklaim menjadi negara penghasil tambang timah terbesar di dunia.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa bahkan meskipun terletak di satu kawasan, Asia Tenggara, setiap negara di dalamnya memiliki karakteristik yang berbeda. Karakteristik negara yang berbeda itu dipengaruhi baik oleh letak astronomis, geografis maupun geologisnya yang kemudian mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakatnya.
Komentar