Manfaat Atmosfer Bumi Berdasarkan Lapisan Penyusunnya

Manfaat Atmosfer - Setiap planet memiliki lapisan gas yang berfungsi sebagai pelindung. Lapisan yang menyelimuti bumi dikenal dengan sebutan atmosfer. Banyak orang yang belum memahami manfaat atmosfer itu sendiri. Meskipun sebenarnya, manfaat dari atmosfer selalu dirasakan oleh makhluk hidup di bumi setiap saat.

Lapisan atmosfer merupakan lapisan-lapisan gas yang berkumpul dan menyusun atmosfer secara berurutan mulai dari bagian permukaan bumi hingga keluar angkasa. Lapisan tersebut terdiri dari stratosfer, troposfer, termosfer, eksosfer dan mesosfer.

Perlu Anda ketahui bahwa atmosfer memiliki gas yang terbentuk dari kumpulan-kumpulan unsur dalam jumlah yang banyak. Manusia memang tidak bisa melihatnya secara langsung, tapi peranan gas dan lapisan atmosfer ini sangat luar biasa untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

Manfaat Atmosfer Berdasarkan Lapisannya
Atmosfer bisa dianalogikan sebagai pelindung atau payung raksasa bumi. Dimana lapisan terluarnya berfungsi untuk melindungi dari berbagai jatuhnya komet dan meteor di angkasa. Seperti yang diketahui bahwa pemanasan global saat ini sangat berpotensi mengganggu dan merusak lapisan atmosfer. Hal ini terbukti dari banyaknya fenomena-fenomena alam yang begitu mengkhawatirkan.

Jadi disini dapat terlihat jelas bahwa lapisan atmosfer memang memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Di bawah ini adalah manfaat atmosfer berdasarkan lapisan penyusunnya.

1. Eksosfer
Lapisan terakhir ini bermanfaat untuk melindungi bumi agar tidak berbenturan dengan komet, meteor atau benda langit lain di angkasa karena tertarik gravitasi bumi. Setiap benda langit yang mendatangi bumi akan lenyap terbakar. Dengan cepat, benda langit tersebut akan terkikis di lapisan atmosfer sehingga tidak akan membuat kerusakan di bumi.

2. Stratosfer
Manfaat atmosfer selanjutnya bisa dilihat pada lapisan stratosfer. Fungsinya adalah sebagai jalur lalu lintas alat transportasi udara yakni pesawat terbang. Sifat lapisan ini tidak menunjukkan pla perubahan cuaca dengan kondisi yang ekstrim. Sehingga aman untuk lapisan lalu lintas pesawat.

3. Troposfer
Manfaat lapisan troposfer adalah melindungi makhluk hidup dari radiasi negatif yang berasal dari benda-benda langit. Semesta mempunyai banyak benda langit. Benda langit tersebut mengandung radiasi negatif yang mampu mengganggu dan merusak organ tubuh makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Tanpa adanya lapisan troposfer, maka efek radiasi tersebut akan mampu masuk ke bumi.

4. Ionosfer
Ionosfer adalah lapisan yang mempunyai muatan listrik. Lapisan ini memang sangat berfungsi untuk memantulkan gelombang radio dan kegiatan telekomunikasi. Di lapisan Ionosfer, kenaikan temperatur yang sangat signifikan sering terjadi. Hal ini dikarenakan adanya proses penyerapan radiasi yang berasal dari sinar UV.

5. Mesosfer
Manfaat atmosfer pada lapisan mesosfer adalah mengikis semua benda langit yang akan jatuh ke bumi. Sebelum menyentuh permukaan bumi, benda langit tersebut akan habis terbakar pada lapisan mesosfer.

Suhu di lapisan ini sangat panas. Hal tersebut dikarenakan adanya pergeseran udara di lapisan mesosfer. Apabila ada serpihan meteor yang jatuh, maka artinya meteor tersebut memang berukuran sangat besar serta mempunyai kecepatan yang tinggi.

Selain lapisan di atas, atmosfer juga memiliki manfaat lain jika dilihat dari kandungan gas yang ada di dalamnya. Salah satu gas yang ada di atmosfer adalah oksigen. Dimana fungsinya tentu saja untuk makhluk hidup agar bisa bernafas.

Selain itu, adapula Nitrogen yang berperan untuk proses pertumbuhan tanaman, karbondioksida untuk kegiatan fotosintesis, Ozon untuk menyerap radiasi matahari dan lain sebagainya. Demikianlah ulasan tentang manfaat atmosfer, semoga bermanfaat.

Manfaat Atmosfer Bumi Berdasarkan Lapisan Penyusunnya