Nikel Adalah Unsur Murni Bersifat Logam, Mari Mengenalnya!

Bumi ini tersusun dari berbagai macam unsur, salah satunya adalah nikel. Unsur-unsur kimia yang ada di bumi ini begitu banyak dengan peran dan fungsi masing-masing. Tak terkecuali nikel. Nikel adalah salah satu unsur kimia yang berbentuk logam metal dengan warna yang keperakan. Unsur kimia ini juga bisa ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Bisa dibilang Nikel adalah elemen utama yang ada pada inti bumi. Unsur kimia dengan lambang Ni ini memang memiliki sifat yang keras tapi di lain sisi mudah dibentuk. Pada dasarnya, nikel yang benar-benar asli atau baru saja didapat dari tambang cenderung bersifat lembek dan juga gampang dibentuk. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, unsur kimia ini biasanya masih harus dicampur dengan bahan lain, seperti logam besi. Nikel sendiri memiliki manfaat yang begitu banyak dalam kehidupan manusia, apalagi jika sudah diolah menjadi produk, seperti beberapa manfaat berikut.

1. Campuran Membuat Stainless Steel

Satinless steel sudah bukan hal baru dalam kehidupan sehari-hari. Sifatnya yang mudah dibentuk dan anti karat membuatnya menjadi bahan baku pembuatan berbagai produk. Banyak sekali perabotan yang terbuat dari bahan stainless steel ini. Namun kelebihan ini tidak akan bisa didapat tanpa adanya peran dari Nikel. Ya, Nikel adalah unsur campuran yang membuat besi biasa yang mudah berkarat jadi memiliki sifat anti korosi. Karena itulah kemudian tercipta stainless steel yang berasal dari campuran besi dan nikel.

2. Rangka Kendaraan Bermotor

Beberapa rangka kendaraan bermotor adalah produk lain yang bisa dihasilkan dari nikel ini. Bagian-bagian seperti velg, rangka, knalpot, bumper dan bagian-bagian kecil lainnya terbuat dari bahan campuran nikel. Tepatnya, Nikel adalah unsur campuran yang dikombinasikan dengan unsur krom untuk membuat produk-produk tersebut. Dengan adanya campuran Nikel, maka kualitas bagian-bagian kendaraan bermotor itu menjadi lebih baik karena tampilannya yang mengkilap dan tentu saja tahan karat.

3. Bahan Utama Pembuatan Koin

Anda pasti sudah tidak asing dengan mata uang koin. Ya, mata uang yang juga menjadi alat pembayaran yang sah ini juga dibuat dari bahan dasar Nikel. Bahan dasar pembuatan mata uang koin mendapat campuran dari Nikel untuk bisa mendapatkan bentuk koin yang dikenal saat ini. Nikel adalah unsur pembuat koin yang membuatnya nampak mengkilat dan mudah dibentuk. Karena itulah Nikel dipilih sebagai campuran dalam pembuatannya.

4. Menjadi Bahan Katalis

Manfaat lain dari unsur Nikel adalah bahan katalis. Salah satu yang memanfaatkan Nikel sebagai bahan katalis adalah dalam pembuatan minyak sayur. Nikel dengan sifat yang paling halus banyak dimanfaatkan sebagai bahan katalis minyak sayur. Dengan bantuan dari Nikel, maka minyak sayur akan mengalami proses hidrogenasi yang kemudian bisa membuat minyak sayur menjadi berbentuk padat.

Sebagai salah satu unsur kimia pembentuk bumi, Nikel adalah unsur yang bisa didapatkan dengan cukup mudah. Beberapa negara bahkan menjadi negara yang menghasilkan Nikel terbesar atau negara dengan sumber daya Nikel yang paling banyak. Dengan melimpahnya Nikel, maka tak heran jika manusia memanfaatkannya agar bisa memberi nilai guna yang lebih. Beberapa manfaat dari  Nikel bisa dilihat dari daftar di atas. Secara umum, unsur dengan nomor atom 28 ini digunakan sebagai campuran dari bahan metal lain untuk mendapatkan bahan yang lebih berkualitas. Hal tersebut karena unsur Nikel akan membuatnya lebih mengkilap dan tentunya anti korosi.

Nikel Adalah Unsur Murni Bersifat Logam, Mari Mengenalnya!