Mengenal Sifat-Sifat Logam dan Manfaatnya

Logam adalah salah satu unsur yang membentuk bumi. Ada banyak jenis logam yang bisa ditemukan di permukaan bumi ini. Berbagai jenis logam ini masing-masing tentu memiliki manfaat dan sifat yang berbeda. Sifat logam yang berbeda-beda inilah yang kemudian bisa memberikan manfaat yang beragam pula bagi manusia yang ingin memanfaatkannya.

Logam adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti metallon. Yang mana metallon ini merujuk pada salah satu unsur kimia yang bisa membentuk ion serta memiliki sifat-sifat tertentu yang melekat di dalamnya.

Sifat Logam yang Bisa Dimanfaatkan dalam Kehidupan
Logam memiliki sifat-sifat tertentu yang membedakannya dengan unsur lain seperti unsur non-logam misalnya. Sifat logam berbeda-beda dan bervariasi tergantung pada jenisnya. Namun ada beberapa sifat umum yang pasti dimiliki oleh setiap logam. Sifat-sifat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kuat
Diantara beragam jenis logam yang bisa dijumpai, sifat logam yang pasti dimiliki oleh setiap logam adalah kuat. Semua jenis logam juga sama-sama berbentuk padat, kecuali satu jenis logam yang bernama raksa.

Sifat kuat pada logam pun bisa ditingkatkan dengan cara dicampur dengan jenis logam lain maupun dengan jenis non logam. Dengan mencampurkan logam dengan logam lain, maka akan diperoleh sifat logam baru yang nantinya bisa semakin memberikan manfaat bagi manusia.

2. Bersifat Konduktor Panas
Jika berbicara tentang logam tentu tak bisa dilepaskan dari sifatnya yang satu ini. Ya, sifat logam yang juga dimiliki oleh semua jenis logam adalah dapat menghantarkan panas (konduktor) dengan baik. Hal ini bisa disebabkan karena ketika pada salah satu bagian dari logam dipanaskan, maka elektron yang ada di dalam logam akan menerima energi panas tersebut.

Adanya energi tersebut kemudian juga mengakibatkan gerakan dan energi kinetik logam semakin bertambah cepat. Energi kinetik itu kemudian disalurkan kepada elektron lain. Inilah yang kemudian menyebabkan logam menjadi panas ketika salah satu bagiannya dipanaskan.

3. Bisa Ditempa dan Dibentuk
Berbicara tentang logam pasti tak bisa dilepaskan dari produk-produk yang terbuat dari logam. Produk-produk ini tercipta karena memanfaatkan sifat dari logam yang bisa ditempa sehingga memungkinkannya untuk dibentuk menjadi berbagai ragam bentuk.

Sifat bisa ditempa dan dibentuk ini bisa terjadi tergantung pada mudah tidaknya lapisan-lapisan pada atom menggelincir di atas lapisan atom yang lain. Semakin mudah lapisan-lapisan atom ini menggelincir, maka akan membuat logam tidak akan hancur saat dibentuk dengan cara ditempa.

4. Mengkilap
Hal lain yang menjadi ciri atau sifat logam adalah mengkilap jika terkena cahaya atau ketika digosok. Sifat mengkilap pada logam ini didapatkan karena cahaya matahari yang mengenai permukaan logam bisa memantulkan cahaya tersebut. Hal inilah yang membuat logam bisa mengkilap. Sifatnya yang mengkilap ini jugalah yang dimanfaatkan untuk membuat perhiasan dari beberapa jenis logam.

Itulah tadi beberapa sifat logam secara umum yang harus Anda ketahui. Banyaknya jenis logam yang bisa ditemukan di dunia ini tentu saja membuat sifat-sifat antar logam tersebut juga bervariasi. Belum lagi jika satu logam dicampurkan dengan jenis logam lain untuk membentuk logam baru, maka sudah pasti akan memberikan sifat baru pada logam tersebut.

Beberapa sifat dasar pada logam di atas jugalah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat beberapa produk dari logam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat.

Mengenal Sifat-Sifat Logam dan Manfaatnya