Daftar Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Anda pasti tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar, daerah penghasil minyak bumi di Indonesia tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke. Sejak dahulu minyak bumi seperti sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Sebelum masyarakat menggunakan kompor gas, minyak bumi menjadi kebutuhan wajib untuk memasak. Namun, seiring berjalannya waktu mengingat jumlah minyak bumi yang terbatas sehingga bahan baku untuk memasak digantikan oleh penggunaan gas elpiji.

Walaupun sudah diganti menggunakan gas elpiji, nyatanya masih ada saja segelintir orang yang di pedesaan yang masih menggunakan minyak bumi sebagai media untuk memasak. Sekarang ini, penggunaan terbesar minyak bumi adalah untuk bahan bakar seperti pertamax, premium dan solar.

Baca juga: Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

Persebaran Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke

Tambang minyak bumi yang ada di Indonesia paling banyak ada di wilayah Sumatera, beberapa daerah di pulau Jawa dan Sulawesi. Berikut adalah persebaran berbagai lokasi yang lebih spesifik dari setiap daerah penghasil minyak bumi di Indonesia.

1. Wonokromo
Daerah pertama yang menjadi lokasi penghasil minyak bumi di pulau Jawa adalah daerah Wonokromo. Wonokromo adalah sebuah daerah yang berada di Jawa Timur minyak bumi yang dihasilkan dari daerah Wonokromo ini mampu mencapai 52.616 barrel dalam setiap harinya. Adapun 52.616 barrel tersebut terdiri dari 326 barrel untuk kondensat dan 52.290 adalah minyak mentah.

2. Natuna
Natuna atau yang biasa dikenal sebagai pulau Natuna merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia tepatnya berada di Riau. minyak bumi yang dihasilkan dari daerah ini dapat mencapai angka 365.827 barrel dalam setiap harinya. Adapun minyak mentah yang dihasilkan per hari adalah 359.777 barrel dan untuk kondensat sekitar 6.050 barrel per hari. Di wilayah Riau sebetulnya masih ada 6 blok daerah penghasil minyak bumi yaitu di mountain front Kuantan, Siak, Selat Panjang, Rokan, dan Pekanbaru.

3. Babo
Daerah penghasil minyak bumi di Indonesia terbesar selanjutnya setelah pulau natuna adalah daerah Babo tepatnya di wilyah Indonesia bagian timur yaitu Papua. Wilayah Babo mampu menghasilkan 140.660 barrel minyak bumi setiap harinya dengan 6.568 barrel adalah kondensat sedangkan sisanyan adalah minyak mentah.

Baca juga: Daerah Penghasil Timah di Indonesia

4. Sorolangun
Diantara semua daerah penghasil minyak bumi di Indonesia, minyak bumi yang dihasilkan dari daerah Jambi ini tidaklah terlalu banyak yakni hanya 19.506 barrel setiap harinya. Jumlah 19.506 terbagi atas 8.870 barrel kondesat dan minyak mentah sebanyak 10.659 barrel. Walaupun jumlahnya tidak sebanyak ketiga daerah sebelumnya, namun sorolangun adalah ladang minyak terbesar ketujuh yang dimiliki oleh Indonesia.

Selain daerah yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi daerah penghasil minyak bumi di Indonesia yang tersebar. Walaupun daerah penghasil minyak bumi ini masih banyak, namun bukan berarti pasokannya juga masih tersedia banyak. Menurut penelitian beberapa tahun terakhir, pasokan minyak bumi yang ada di Indonesia terus berkurang. Apabila masyarakat tidak berhemat dan bijaksana dalam memanfaatkannya maka ketersediaan minyak bumi akan cepat habis dalam waktu yang singkat.

Kebutuhan minyak bumi yang semakin tinggi terutama untuk bahan bakar, menuntut perusahaan pengelola minyak bumi untuk memperbanyak minyak yang diperoleh. Apabila hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka proses pengeboran bawah laut akan semakin dalam dan hal tersebut tentu saja sangat membahayakan.

Daftar Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia