Daftar Daerah Penghasil Timah di Indonesia

Indonesia sebagai Daerah Penghasil Timah yang Melimpah

Pertambangan yang sering Anda dengar biasanya adalah minyak bumi, batu bara, emas dan perak namun masih ada satu jenis tambang lagi yang tak kalah bernilai yaitu timah. Tidak seperti sumber daya alam lainnya, daerah penghasil timah di Indonesia hanya terdapat di beberapa pulau saja. Salah satu pulau yang paling terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia adalah Bangka Belitung.

Kekayaan sumber daya alam timah yang melimpah menyebabkan Indonesia menjadi negara kedua sebagai eksportir timah terbesar di dunia. Jumlah timah yang tercatat rutin diekspor oleh Indonesia mencapai 100.000 ton dan semakin bertambah setiap tahunnya.

Baca juga: Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia Lengkap dengan Pemanfaatannya

Daerah Penghasil Timah di Indonesia yang Paling Banyak Berada di Luar Jawa

Sejauh ini di Indonesia timah banyak ditemukan di wilayah bagian barat namun bukan di pulau Jawa melainkan di pulau Sumatera. Berikut ini adalah daftar daerah mana saja yang menjadi pusat penghasil timah terbesar yang ada di Indonesia.

1. Pulau Belitung
Daerah penghasil timah di Indonesia yang paling banyak adalah di pulau Bangka Belitung tepatnya di daerah Manggar. Bahkan pulau Bangka Belitung ini sudah diakui dunia sebagai pulau penghasil timah terbanyak setelah China.

Adapun faktor lain yang menyebabkan Bangka Belitung mampu menghasilkan timah yang sangat banyak adalah karena pulau tersebut kaya juga akan bebatuan yang memiliki sifat asam. Bangka Belitung mampu menghasilkan timah mencapai 100.000 ton dan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

2. Bakinang
Setelah Bangka Belitung, kini daerah dengan penghasil sumber daya alam timah terbesar dan terbanyak adalah di daerah Bakinang tepatnya di Riau pulau Singkep. Jika Belitung adalah daerah terbesar yang sudah diakui dunia sebagai daerah penghasil timah, maka Bakinang adalah daerah penambangan timah tertua di Indonesia. Selama catatan sejarah, penambangan timah di Bakinang ini sudah terjadi selama dua abad yakni sejak tahun 1812 sampai dengan tahun 1992.

3. Sungai Liat
Daerah penghasil timah di Indonesia selanjutnya terletak di bagian pulau Sumatera yaitu pulau Bangka. Lebih spesifiknya lagi adalah terletak di wilayah Sungai Liat, hasil timah dari daerah ini banyak ditemukan dalam kandungan pasir. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dibandingkan daerah-daerah penghasil timah lainnya.

Baca juga: Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

4. Dabo
Masih di pulau Singkep ternyata ada daerah lain yang menjadi pusat penghasil timah terbesar di Indonesia yaitu daerah Dabo. Di daerah Dabo ini luas area tambang timah yang tersedia sekitar 45.000 ha dengan kegiatan penambangan sudah dilakukan kurang lebih 180 tahun lamanya.

5. Muntok
Muntok yang terletak di kabupaten Bangka bagian barat juga menjadi salah satu daerah penghasil timah di Indonesia.  sama seperti daerah Bangka lainnya, jumlah timah di pulau ini sangat melimpah sehingga setiap sudut daerahnya selalu dijadikan tambang timah termasuk daerah Muntok.

Berdasarkan daftar daerah penghasil timah di Indonesia yang sudah dijabarkan, tidak ada satu daerahpun yang terindikasi terdapat di pulau Jawa. hal tersebut dikarenakan setiap pulau di Indonesia memiliki potensinya masing-masing, seperti halnya pulau Sumatera yang kaya akan timah.

Kemudian pulau Jawa yang kaya akan tambang emas, perak dan sebagainya, lalu Indonesia bagian timur yang kaya akan minyak bumi. Perbedaan hasil sumber daya alam tersebut dikarenakan banyak sekali faktor, mulai dari struktur tanah sampai dengan kondisi alam yang ada di setiap pulau.

Daftar Daerah Penghasil Timah di Indonesia