Apa itu Tanjung ? Ini Pengertian dan Pemanfaatannya

Pengertian Tanjung

Untuk Anda yang suka travelling tentunya sudah tidak asing dengan tanjung yang dijadikan sebagai obyek wisata. Memang, apa sebenarnya pengertian tanjung? Bagi Anda yang belum tahu, tanjung adalah suatu daratan yang dikelilingi laut pada ketiga sisinya. Daratan ini juga menjorok ke arah laut. Pada dasarnya, tanjung juga merupakan kebalikan dari pengertian teluk. Tapi untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah pengertian tentang tanjung dan manfaatnya.

Pengertian tentang tanjung juga banyak diulas dalam bidang ilmu geografi. Dimana tanjung merupakan salah satu daratan yang letaknya ada di bibir pantai dan terbentuk secara alami. Tanjung juga sering dikenal dengan sebuah semenanjung. Semenanjung sendiri adalah jenis tanjung yang memiliki wilayah cukup luas.

Jika dilihat dalam peta, posisi tanjung terkesan seperti menjadi bagian dari garis pantai dan pulau. Ciri-ciri tanjung adalah terkesan seperti tonjolan ketika dilihat di dalam peta, menjorok ke laut, dan sisi-sisinya dikelilingi laut.

Manfaat Tanjung

Tanjung merupakan sebuah objek dengan segudang manfaat. Fungsi Tanjung sangat menunjang kehidupan manusia. Lalu, apa saja manfaat tanjung? Di bawah ini adalah manfaat tanjung yang perlu Anda ketahui.

1. Lokasi Tambak Ikan
Manfaat tanjung adalah sebagai lokasi tambak ikan. Faktanya, banyak pengusaha ikan atau warga sekitar yang membuat tambak ikan di sekitar area tanjung. Tanjung banyak dipilih karena sangat dekat dengan tempat hidup atau habitat berbagai jenis ikan yang dibudidayakan di tambak. Tidak hanya itu, kegiatan pemeliharaan juga akan lebih mudah jika berada di area tanjung.

2. Sebagai Tempat Tinggal
Manfaat selanjutnya adalah sebagai tempat tinggal penduduk sekitar atau para nelayan yang berada di sekitar pantai. Lokasi tanjung yang dipakai untuk bermukim warga biasanya adalah tanjung dengan luar daerah yang luas.

3. Pintu Masuk Lalu Lintas Perdagangan
Sejak dulu tanjung digunakan sebagai pintu masuknya perdagangan internasional. Tanjung memiliki peranan yang sangat besar dalam proses perputaran dan sirkulasi bisnis impor dan ekspor di berbagai negara.  Hal ini dikarenakan pelabuhan dibuat di dalam tanjung, sehingga kapal-kapal yang membawa barang-barang perdagangan harus mendarat di tanjung untuk proses bisnis selanjutnya. Sebut saja semenanjung malaka yang dari dulu sampai sekarang masih digunakan sebagai pintu utama kegiatan perdagangan ekspor dan impor dari seluruh dunia.

4. Sumber Mata Pencaharian
Manfaat selanjutnya dari tanjung adalah menjadi sumber mata pencaharian. Terutama bagi penduduk yang ada di sekitarnya. Laut yang berbatasan dengan daratan tanjung secara langsung umumnya mempunyai jumlah biota laut dan ikan yang lebih banyak daripada garis pantai atau teluk. Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat setempat. Dimana mereka bisa menangkap ikan kemudian dikonsumsi atau dijual.

5. Mengurangi Kemungkinan Banjir
Manfaat lainnya adalah mengurangi kemungkinan adanya banjir karena pasang surut air laut. Fenomena bencana alam ini dikenal dengan sebutan banjir rob. Perlu diketahui bahwa banjir rob adalah naiknya air laut ke daratan hingga menggenang dan menyebabkan banjir.

6. Lokasi Wisata
Manfaat lainnya adalah sebagai lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta. Tanjung memiliki keindahan yang sangat memukau. Tidak hanya itu, para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di sekitar laut dekat tanjung. Potensi wisatanya sangat tinggi sehingga wajar saja jika pemerintah menaruh perhatian banyak pada obyek wisata tanjung yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Demikianlah beberapa manfaat tanjung. Disini dapat terlihat bahwa tanjung adalah daratan dengan banyak sekali manfaat. Bahkan Anda bisa menjadikannya sebagai obyek wisata laut seru yang wajib untuk dikunjungi.

Apa itu Tanjung ? Ini Pengertian dan Pemanfaatannya