Apa itu Selat ? Bagaimana Fungsi Pentingnya bagi Manusia

Indonesia adalah sebuah negara maritim yaitu negara dengan luas lautan yang lebih luas jika dibandingkan dengan wilayah daratannya. Sebagai sebuah negara maritim, tak heran jika Indonesia memiliki banyak kekayaan yang berasal dari laut, mulai dari produk hingga kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya.

Salah satu kekayaan alam laut yang dimiliki Indonesia adalah selat. Selat adalah salah satu kenampakan alam laut yang begitu mudah ditemui di Indonesia, karena hampir setiap pulau yang terpisah selalu dihubungkan oleh selat, baik selat dengan skala yang besar maupun kecil.

Pengertian Selat

Sebelum mulai belajar lebih jauh tentang selat, tentu perlu juga untuk mengetahui apa itu selat. Selat adalah sebuah laut sempit yang terletak diantara dua pulau dan menghubungkan kedua pulau tersebut. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia, baik pulau besar maupun pulau kecil, membuat jumlah selat yang ada di Indonesia juga semakin banyak.

Sebut saja beberapa diantaranya adalah selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, atau yang terkenal, Selat Malaka yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Malaysia. Masih ada banyak lagi selat-selat yang bisa ditemukan di Indonesia.

Fungsi Penting Selat untuk Kehidupan

Karena menjadi penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya atau bahkan dengan negara lain, selat tentu memiliki fungsi atau peranan yang signifikan. Fungsi utama selat adalah tentu saja untuk menghubungkan satu daratan dengan daratan lain. Selain itu, selat juga memiliki peran lain yang tak kalah penting, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jalur Transportasi Laut
Peran paling penting dari selat adalah sebagai jalur transportasi. Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau besar dipisahkan oleh laut diantaranya. Termasuk selat yang juga bagian dari laut, maka untuk bisa mencapai pulau lain, selat adalah jalur transportasi yang penting karena selatlah yang menghubungkan lautan antara kedua pulau tersebut.

2. Sumber Perikanan yang Melimpah
Disadari atau tidak, selat adalah sumber perikanan yang begitu melimpah. Hal ini karena selat adalah laut yang juga menjadi jalur dari perpindahan ikan. Selain itu, perbedaan suhu antara di selat dengan laut lepas juga menjadi penyebab banyaknya ikan yang berlalu lalang di kawasan selat.  Karena itulah banyak yang memanfaatkan selat sebagai lokasi untuk menangkap ikan yang strategis.

3. Pusat Perekonomian Masyarakat
Sebagai salah satu jalur transportasi yang penting, selat juga memegang peran penting dalam meningkatkan perekonomian penduduk sekitarnya. Tak jarang di kawasan selat didirikan sarana publik yang mendukung aktivitas kapal yang akan menyeberang. Inilah yang kemudian bisa membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan adanya kapal yang akan menyeberang melalui selat, banyak pelabuhan dibuat di kawasan selat. Adanya pelabuhan ini kemudian membuat kapal-kapal yang hendak menyeberang pun akan singgah. Kapal-kapal yang singgah itu tak jarang merupakan kapal dagang yang nantinya bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar.

Selain itu juga, tak jarang pusat peradaban ataupun kota-kota besar yang maju merupakan kota pelabuhan yang terletak di pinggir selat. Sebut saja Singapura, Istanbul, San Fransisco dan masih banyak lagi lainnya.

Selat tidak hanya merupakan kenampakan alam laut yang timbul karena adanya fenomena alam berjuta-juta tahun yang lalu. Sebagai penghubung antara dua daratan dan terletak di dua wilayah perairan, selat tentu saja memegang peranan penting dalam kehidupan.

Salah satu peran yang sangat penting dari selat adalah menjadi jalur penghubung transportasi antara dua wilayah pulau maupun dua negara. Peran ini saja sudah bisa membawa pada peran lain yang lebih signifikan, misalnya memajukan perekonomian maupun sebagai sarana wisata.

Apa itu Selat ? Bagaimana Fungsi Pentingnya bagi Manusia