Apa itu Air ? Pengertian, Fungsi, Sumber, dan Manfaatnya

Air adalah unsur yang memiliki peran paling penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini. Pernyataan tersebut adalah salah satu pengertian air secara umum. Secara ilmiah, air bisa diartikan sebagai sebuah senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur, yaitu unsur H2 (hidrogen) yang berikatan dengan unsur O2 (oksigen) yang kemudian menghasilkan senyawa air (H2O).

Untuk memahami lebih dalam segala hal tentang air, di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang air dan segala sesuatu tentang air. Mulai dari pengertian air, fungsi, sumber dan manfaat air bagi kehidupan.

Pengertian Air

Sebelum memahami lebih dalam tentang air, tentu dibutuhkan pemahaman tentang air itu sendiri. Di atas mungkin sudah dijelaskan secara singkat tentang definisi air secara umum. Air sendiri mengandung banyak arti, baik secara umum maupun secara istilah yang dikemukakan oleh para ahli.

Salah satu penjabaran definisi air secara ilmiah yang sudah disebutkan di atas yakni sebuah senyawa kimia hasil ikatan antara unsur oksigen dan hidrogen yang kemudian membentuk senyawa air. Senyawa inilah yang paling banyak ditemukan di bumi, yakni mencapai 71%. Lapisan air yang menyelimuti bumi sering disebut dengan hidrosfer.

Penjelasan ilmiah lain tentang pengertian air menyebutkan jika air adalah sebuah zat pelarut. Ya, air merupakan sebuah zat pelarut yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan makhluk hidup. Hal tersebut karena sifat kimia air yang bersifat melarutkan sehingga berperan penting dalam proses metabolisme makhluk hidup.

Baca juga: Geologi dalam Sebotol Air Kemasan

Secara sederhana, air juga bisa diartikan sebagai sebuah sumber kehidupan dan tanda kehidupan. Sumber kehidupan karena setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini memerlukan air untuk bisa bertahan hidup.

Dilain sisi, air juga diartikan sebagai tanda kehidupan. Hal tersebut tidak lain karena di dalam tubuh manusia sebagian besar tersusun dari air, sehingga ketika tidak ada air  maka tidak akan ada kehidupan pada manusia. Dengan begitu, bisa ditarik satu kesimpulan bahwa secara garis besar air merupakan senyawa yang memiliki peran penting dalam mendukung segala sisi kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini.

Fungsi Air

Setelah mengetahui tentang definisi air, selanjutnya Anda harus mengetahui tentang fungsi air itu sendiri. Jika melihat dari beberapa pengertian dari air yang sudah disebutkan di atas, maka sudah bisa dipastikan jika air memiliki fungsi yang begitu penting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Apa saja fungsinya dan untuk siapa saja fungsi itu? Berikut ini adalah penjelasannya.

Salah satu yang bisa menikmati fungsi atau manfaat dari air adalah manusia. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa air adalah sumber kehidupan dan tanda kehidupan. Hal inilah yang terjadi pada manusia, karena tubuh manusia terdiri sebagian besar tersusun atas air, sehingga manusia membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup.

Selain untuk minum dan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, air juga memiliki peran lain bagi manusia. Sebut saja salah satunya adalah untuk memasak. Kita ketahui makanan juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia, namun untuk bisa membuat bahan mentah menjadi makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi, manusia juga harus menggunakan air.

fungsi air

Dengan kata lain, air dibutuhkan untuk bisa menghasilkan makanan yang dibutuhkan oleh manusia. Hal ini sudah membuktikan fungsi penting yang disebutkan dalam definisi air di atas. Intinya, setiap aspek dalam kehidupan manusia pasti membutuhkan air untuk mendukungnya, baik secara individu maupun untuk kebutuhan bersama.

Fungsi selanjutnya adalah air dapat membantu perkembangan perekonomian bagi manusia. Air sangat dibutuhkan baik dalam bidang pertanian, yang mana nantinya menghasilkan produk pangan yang bisa memberikan nilai ekonomi bagi petani. Dalam bidang industri air bisa membantu dalam mengolah segala produk mentah menjadi produk yang siap dipakai oleh manusia.

Fungsi air tidak hanya terbatas pada manusia saja, bagi hewan misalnya, air dapat berfungsi sebagai tempat tinggal. Sedangkan bagi tumbuhan, air berfungsi dalam proses fotosintesis yang akan membantu dalam pertumbuhan tanaman.

Sumber-Sumber Air

Setelah memahami pengertian air dan fungsinya, Anda pasti bertanya-tanya darimana asal sumber air tersebut?. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa air merupakan salah satu unsur yang paling banyak terdapat di muka bumi. Air bisa berasal dari beberapa sumber yang ada di bumi, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Air pada dasarnya bisa berasal dari air permukaan maupun air tanah. Air permukaan ini adalah sumber air yang letaknya berada di atas permukaan tanah. Sedangkan air tanah adalah air yang letaknya berada di bawah permukaan tanah.

Baca juga: Jenis Jenis Air Tanah

Jika melihat dari pengertian air yang menyebutkan jika air adalah hasil ikatan senyawa hidrogen dan oksigen yang kemudian membentuk senyawa, maka kedua unsur ini bisa ditemukan dengan mudah di dalam atmosfer bumi dan pembentukan keduanya juga dapat terjadi di lapisan atmosfer. Karena itu, sumber air juga dapat berasal dari air hujan, yang proses pembentukannya terjadi pada atmosfer bumi.

Untuk air permukaan, sudah umum diketahui beberapa tempat yang menjadi sumber air permukaan. Misalnya saja sungai dan danau, yang mana pada dasarnya kedua area ini adalah area penampungan hujan. Ketika hujan turun, maka dua tempat inilah yang akan menampung tetesan air hujan yang jatuh ke bumi agar terkumpul dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup.

Sedangkan air tanah juga berasal dari hujan, namun tidak jatuh di area-area yang sudah disebutkan di atas (sungai dan danau). Air hujan akan jatuh ke atas permukaan tanah dan merembes ke dalam tanah kemudian tersimpan sebagai air tanah. Untuk lebih memahami proses ini, Anda bisa melihat materi tentang siklus hidrologi.

Manfaat Air

Membahas tentang air tidak akan lengkap jika tidak membahas tentang manfaat dari air itu sendiri. Selain memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi, air juga memberikan manfaat yang besar bagi keberlangsungan hidup semua makhluk di bumi, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Dalam salah satu pengertian air yang telah disebutkan di atas, dijelaskan bahwa air berfungsi dalam proses metabolisme tubuh. Ya, Air bisa membawa manfaat kesehatan bagi manusia karena beberapa kandungan air mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi air secara teratur akan membantu kelancaran proses metabolisme, sehingga manusia tidak mudah terserang penyakit yang berhubungan dengan sistem metabolisme.

Selain itu, air juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting bagi kehidupan. Misalnya saja sebagai sarana transportasi yang juga bisa membantu dalam perekonomian. Air juga bisa memberikan manfaat rekreasi, karena beberapa sumber air bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi, seperti pantai, waduk, sungai dan danau.

Itulah tadi penjelasan lengkap mulai dari pengertian air, fungsi, sumber dan manfaatnya. Dengan mengetahui semua hal tentang air, kita diajarkan untuk bisa lebih bijaksana dalam menggunakannya serta bisa berperan aktif dalam menjaga kelestariannya, karena air adalah unsur yang paling penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup di muka bumi ini.

Apa itu Air ? Pengertian, Fungsi, Sumber, dan Manfaatnya