Teori Atom Dalton | Sang Teori Tertua sebagai Dasar Pengetahuan Atom

Apa itu Atom ?

Atom adalah partikel paling kecil dari setiap zat yang ada di muka bumi ini. Karena menjadi bagian terkecil, maka atom sudah tidak bisa dibagi ataupun dipecah lagi. Penjelasan tentang definisi ataupun sifat-sifat atom sendiri sudah muncul sejak berabad-abad yang lalu. Penjelasannya pun berbeda-beda antara ilmuwan satu dengan ilmuwan lainnya.

Salah satu ilmuwan yang  mengemukakan teori tentang atom paling tua adalah John Dalton dengan teori model atomnya. Teori atom Dalton inilah yang menjadi latar belakang ilmuwan lain mengemukakan teorinya tentang atom.

Baca juga: Perkembangan Teori Atom

Dalil Teori Atom Dalton dan Kelemahannya

John Dalton sendiri merupakan seorang guru dari Inggris. Ia mengemukanan teori atom bukannya tanpa dasar. Teori yang diciptakannya ini berani Ia kemukakan tentu saja setelah melakukan penelitian serta pengombinasian dengan hukum kombinasi kimia.

Dengan dua dasar itulah Dalton kemudian mengemukakan pendapatnya tentang atom ini. Namun seperti teori-teori lainnya, teori yang dikemukakan ole Dalton ini sudah pasti memiliki keunggulan maupun kekurangan. Sebelumnya, berikut ini adalah dalil tentang atom yang dikemukakan oleh Dalton.

teori atom dalton
Gambar teori atom dalton.

1. Atom adalah Partikel Terkecil
Teori atom Dalton terkenal karena menjadi dasar dari teori atom lainnya. Salah satunya adalah konsep yang menyatakan bahwa atom adalah partikel terkecil dari semua unsur materi yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, atom tidak bisa diciptakan ataupun dihancurkan. Namun dalil ini kemudian dibantah oleh peneliti lain yang menemukan bahwasanya atom masih bisa dibagi lagi menjadi bagian yang disebut elektron, proton dan neutron.

Baca juga: Teori Atom Thomson

2. Atom yang Sama adalah Serupa
Konsep atau dalil dari teori atom Dalton yang kedua menyatakan bahwa atom adalah sama jika berasal dari unsur yang sama, namun atom ini berbeda antara satu unsur dengan unsur lainnya. Dalil kedua ini pun ternyata memiliki kelemahan karena penelitian selanjutnya menunjukkan jika atom memiliki perbedaan dalam beberapa hal seperti massa dan kepadatan. Atom yang berasal dari unsur yang sama namun memiliki perbedaan dalam massanya biasa disebut sebagai Isotop.

3. Atom dari Unsur yang Berbeda bisa Bergabung Membentuk Senyawa
Dalil selanjutnya dari teori atom Dalton yang juga kemudian dibantah karena kelemahan teorinya adalah dalil yang menyatakan bahwa atom yang berasal dari unsur yang berbeda bisa digabungkan asal dalam rasio tertentu dan bisa membentuk sebuah senyawa. Hal ini dibantah dengan adanya pembuktian dari teori ini yang tidak bisa diterapkan pada senyawa organik yang kompleks. Senyawa organik kompleks itu misalnya adalah senyawa gula.

4. Atom Elemen Berbeda dalam Segala Hal
Yang terakhir, teori atom dari Dalton menyatakan bahwa atom elemen berbeda dalam segala hal. Pendapat ini kemudian dibantah dengan penemuan yang membuktikan jika pada kasus-kasus tertentu ada atom yang ternyata memiliki massa yang sama. Konsep yang menyatakan bahwa ada atom unsur yang berbeda namun memiliki massa yang sama ini kemudian disebut sebagai Isobar.

Baca juga: Teori Atom Rutherford

Atom sebagai sebuah unsur terkecil dari partikel atau zat memang sudah dipelajari dan ditemukan sejak dahulu. Namun, perkembangan keilmuannya tidak pernah berhenti. Selalu ada penelitian yang terus memperbarui konsep dari teori atom itu sendiri.

Namun, dari semua itu ada satu teori yang menjadi dasar atau peletak pertama dari teori atom yang berkembang saat ini. Teori atom Dalton adalah teori atom tertua yang menjadi dasar pemikiran bagi ilmuwan-ilmuwan untuk terus mengembangkan konsep maupun teori modern tentang atom.

Teori Atom Dalton | Sang Teori Tertua sebagai Dasar Pengetahuan Atom