Arus Laut : Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya

Secara umum pengertian arus laut adalah gerak air laut, dimana proses terjadinya sangat dipengaruhi oleh kecepatan angin, tekanan air (densitas), topografi dasar laut, gaya koriolis dan arus ekman. Berdasarkan hal tersebut diatas, menurut para ahli, arus laut dapat dikenal dalam beberapa jenis diantaranya adalah arus elementer, arus elmen, arus thermoholin, upwelling, down-welling (sinkling) dan arus pantai.

Baca juga: Fenomena Sungai di bawah Laut

Sebelum membahas lebih jauh, diharapkan sobat geologinesia sudah memahami perbedaan antara arus laut dan gelombang laut. Gelombang laut merupakan gerakan air secara osilasi dengan permukaan naik turun, mempunyai panjang, tinggi periode, kecepatan, energi dan lain – lain. Dibawah ini disajikan penjelasan mengenai jenis arus laut dan penyebab terjadinya.

jenis dan proses terjadinya arus laut

Arus Elementer

Arus elementer adalah arus laut yang timbul akibat pengaruh luar seperti :

  • Arus euler yaitu arus yang timbuil oleh gerakan lokal seperti taupan, gelombang dan lain-lain.
  • Arus gradien, arus yang timbul akibat ketidakseimbangan bidang isobar
  • Arus geostropik, arus yang bergerak searah dengan garis isobar dan selalu bergerak tegak lurus terhadap gaya koriolis dan searah putaran jarum jam dibelahan bumi Utara.
  • Arus antitropik, arus yang terdapat di perairan dangkal atau perairan sempit, dimana pengaruh arus koriolis ditiadakan.

Arus Elmen

Arus laut jenis ini timbul akibat gaya koriolis, dimana arus permukaan akan membentuk sudut 45 derajad terhadap arah angin. Arus akan mengecil ke lapisan air bagian bawah dan arahnya dibelokkan oleh gaya koriolis ke kanan di belahan bumi utara.

Baca juga: Bentuk Relief Dasar Laut

Arus Thermoholin

Arus ini timbul akibat gradien suhu oleh variasi iklim di perairan. Perbedaan suhu permukaan dengan suhu bagian dalam air akan menimbulkan arus dingin dan arus panas.

Upwelling

Upwelling merupakan pergerakan air secara vertikal yang naik keatas, dapat juga disebut gerakan air divergen. Hal ini timbul biasanya pada daerah pantai yang relatif terjal.

Down-welling (Sinkling)

Down-welling (sinkling) terbentuk pada saat air bergerak turun karena proses konvergen atau adanya gradien thermohalin dan salinitas. Perbedaan densitas air laut dapat pula terbentuk bila arus permukaan tertumbuk di pantai yang curam kemudian air bergerak ke bawah.

Arus Pantai

Arus pantai timbul karena adanya pergerakkan massa air di sepanjang perairan pantai seperti gerakan gelombang, pasang surut, arus sungai dan pengaruh arus laut atau arus musim yang keadaanya sudah terpecah-pecah. Arus laut yang tiba diperairan pantai akan bergerak dan terpisah-pisah sebagian bergerak searah garis pantai yang disebut long-shore current dan sebagian akan dipantulkan kembali kearah laut yang disebut rip current.

Arus Laut : Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya