Peta Negara Mesir Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Mesir terletak di benua Afrika atau lebih khususnya di Afrika Utara dengan ibukota Kairo. Luas Wilayah Mesir sekitar 1,001,450.00 km2 dimana 0.60% (6,000.00 km2) terdiri atas perairan dan 995,450.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Mesir lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan peta Mesir dengan jelas maka anda dapat mengklik gambar tersebut.

Peta Mesir

Peta Mesir
Gambar Peta Mesir.

Berdasarkan peta Mesir diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Mesir yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan Laut Mediterania dan Laut Merah
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Israel
  3. Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Negara Sudan
  4. Sebelah Barat: Dibatasi oleh Negara Libya

Kota Penting di Mesir

Beberapa kota penting dan besar di Mesir diantaranya adalah El Qahira (Kairo), Abu Sunbul, Al Arish, Al Bawiti, El Mahalla el Kubra, El Minya, Al Fayyum, Suhaj, Tanta, Zagazig, Damanhur, Dumyat (Damietta), Al Ghardaqah, Al Jizah, Baranis, Baris, Benha, Al Kharijah, Mut, Sharm ash Shaykh, Al Minya, Al Qusayr, Al Tur, Qina, Ra's Gharib, Asyut, Elat, Helwan, Idfu, Baltim, Bani Suwayf, Beni Suef, Bur Safajah, Bur Said (Port Said), Cairo, El Giza, El Iskandariya (Alexandria), El Suweis (Suez), Isma'ilia, Luxor, Marsa al 'Alam, As Sallum, Aswan, Marsa Matruh, Shibin el Kom, Siwah, Sudr, Suez dan Zifta.

Sumber Daya Alam Mesir

Sumber daya alam unggulan di Mesir yang dapat dieksploitasi meliputi bijih besi, mangan, timbal dan seng. Sumber daya mineral meliputi talk, gypsum serta asbes. Beberapa sumber daya komersial yang sangat penting bagi negara ini adalah minyak bumi, gas alam, fosfat juga batu kapur.

Peta Negara Mesir Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya