Inilah Keunggulan Tanah di Indonesia beserta Jenis-Jenisnya

Keunggulan tanah di Indonesia merupakan satu faktor penting yang perlu diketahui. Hal ini agar masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan tanah yang dianugerahi di negara ini dengan sebaik-baiknya. Jika mampu memanfaatkan sumber daya alam ini dengan baik, maka suatu negara pasti akan maju. Sumber daya alam merupakan suatu hal yang diberi dengan gratis oleh Sang Pencipta. Tidak semua negara memiliki kelebihan sumber daya alam yang sama. Begitu pula dengan unsur penting ini, setiap daerah memiliki jenis tanah yang berbeda tergantung dengan lingkungannya.

Tanah merupakan unsur yang terbentuk dari bebatuan setelah mengalami proses pelapukan selama bertahun-tahun. Tanah yang baik adalah tanah yang didalamnya terkandung mineral sebesar 50%, bahan organik 5% dan air 25%. Perbedaan letak geografis dan astronomis di Indonesia sangat penting dalam terbentuknya berbagai macam tanah. Keunggulan tanah di Indonesia pun pasti berbeda-beda sesuai dengan letak dan jenisnya.

Adapun jenis-jenis tanah di berbagai daerah di Indonesia, antara lain :
1. Tanah Aluvial
Tanah ini merupakan jenis tanah yang terbentuk dari proses endapan lumpur. Biasanya karena terbawa oleh aliran sungai. Jenis tanah ini biasa ditemukan di bagian hilir sungai sebab dibawa dari hulu sungai. Tanah yang berwarna cokelat hingga kelabu ini sangat cocok untuk pertanian. Seperti misalnya pertanian padi maupun palawija seperti jagung, tembakau, dan jenis tanaman lainnya. Keunggulan tanah di Indonesia jenis Aluvial ini yaitu memiliki tekstur yang lembut dan mudah digarap sehingga tidak butuh kerja keras untuk mencangkulnya. Tanah aluvial ini bisa ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Papua.

2. Tanah Andosol
Jenis tanah yang satu ini terbentuk dari proses vulkanisme gunung berapi sehingga biasa disebut dengan jenis tanah vulkanik. Keunggulan tanah di Indonesia yang cocok untuk segala jenis tanaman dimiliki oleh tanah Andosol. Hal itu karena tanah Andosol mengandung unsur mineral yang banyak. Tanah ini bisa ditemukan di daerah yang dekat dengan gunung berapi. Di daerah Jawa, Bali, Sumatera, dan Nusa Tenggara terdapat banyak tanah jenis ini.

3. Tanah Entisol
Tanah Entisol terbuat dari pelapukan material yang dikeluarkan oleh elemen-elemen gunung berapi seperti debu, pasir, lahar, dan lapili. Tanah yang dikenal sangat subur ini merupakan tipe tanah yang masih muda. Tanah tersebut bisa ditemukan di dekat gunung berapi. Tanah ini berupa gundukan pasir dan bisa ditemukan di Pantai Parangtritis Yogyakarta serta di daerah Jawa lainnya.

4. Tanah Humus
Tanah ini terbentuk dari pelapukan tumbuh-tumbuhan dan mengandung banyak unsur hara. Selain itu, tanah ini juga memiliki unsur mineral yang banyak sehingga sangat subur. Keunggulan tanah di Indonesia yang satu ini adalah sangat baik untuk melakukan cocok tanam. Warna dari tanah jenis ini adalah kehitam-hitaman. Tanah ini banyak ditemukan di daerah yang memiliki banyak hutan. Daerah-daerah tersebut meliputi Kalimantan, Jawa, Papua, dan sebagian wilayah Sulawesi.

keunggulan tanah di indonesia
Gambar tanah humus.

5. Tanah Inceptisol
Tanah jenis ini terbuat dari batuan sedimen atau metamorf. Tanah ini memiliki warna agak kecokelatan, kehitaman, dan campuran yang agak keabu-an. Tanah Inceptisol ini cocok untuk perkebunan kelapa sawit. Selain itu, cocok juga untuk perkebunan karet. Tanah ini bisa ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

6. Tanah Mergel
Tanah ini terbentuk dari batuan kapur yang mengalami pelapukan dan dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti tanah liat. Teksturnya hampir sama seperti pasir. Salah satu keunggulan tanah di Indonesia ini yaitu tanahnya subur dan cocok digunakan untuk persawahan dan perkebunan. Selain itu, terdapat banyak kandungan mineral dan air di dalam tanah jenis ini. Tanah Mergel bisa ditemukan di daerah dataran rendah seperti Solo, Madiun, dan Kediri.

7. Tanah Liat
Tanah liat adalah tanah yang sangat tidak asing bagi hampir semua orang. Tanah ini terbentuk dari campuran aluminium dan silikat yang memiliki diameter kurang atau tepat 4 mikrometer. Tanah ini terbuat dari proses pelapukan batuan silika. Prosesnya dilakukan oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari panas bumi. Tanah liat bisa dengan mudah ditemukan merata di seluruh daerah di Indonesia dan bisa dimanfaatkan.

Tanah ini sangat banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan atau keperluan lainnya. Masyarakat Indonesia bahkan sebagian menjadikan tanah ini sebagai sumber penghasilan untuk bekerja atau berbisnis. Tanah yang berwarna abu-abu pekat atau hampir berwarna hitam ini bisa diolah dalam berbagai bentuk peralatan rumah tangga. Hasil olahan yang terbuat dari tanah liat ini antara lain gelas, piring, keramik dan lain-lain. Peralatan rumah tangga tersebut termasuk peralatan yang dibutuhkan sehari-hari dan biasa diperjualbelikan. Keunggulan tanah di Indonesia yang satu ini sangat menguntungkan bagi kehidupan masyarakat.

Inilah Keunggulan Tanah di Indonesia beserta Jenis-Jenisnya