#4 Contoh Danau Vulkanik dan Upaya Pelestariannya

Danau merupakan cekungan besar yang ada di permukaan bumi yang berisi air dengan dikelilingi oleh daratan sekitar. Air yang ada di danau bisa berupa air asin maupun air tawar. Namun, kebanyakan danau yang ada di dataran berisi air tawar yang sumbernya berasal dari air hujan.  Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan memiliki banyak jenis danau yang kebanyakan digunakan sebagai sumber mata air. Banyak jenis danau yang ada di Indonesia salah satunya  berupa danau vulkanik yang banyak ditemui di sekitar daerah gunung berapi.

Cekungan pada danau vulkanik berasal dari bekas letusan gunung berapi. Cekungan ini lama-kelamaan akan terisi air yang berasal air hujan sehingga terbentuklah sebuah danau. Jenis danau ini terbentuk secara alami dan banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Fungsi danau pun sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satunya sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Danau yang terbentuk secara alami ini menjadi salah satu objek wisata alami yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ada 4 karakter dan ciri khas utama yang dimiliki danau ini, diantaranya adalah sebagai berikut;

• Terletak di wilayah gunung berapi

Dilihat dari proses terbentuknya, sudah pasti danau ini terletak di wilayah gunung berapi. Biasanya gunung ini terletak di puncak gunung berapi yang telah mengalami erupsi dengan mengeluarkan beberapa material vulkanik dari perut gunung.

• Terbentuk akibat erupsi gunung berapi

Ciri yang paling khusus dari danau ini adalah proses terbentuknya yang terjadi setelah erupsi gunung berapi. Muntahan material gunung berapi menyisakan cekungan yang lama-kelamaan akan terisi air lalu membentuk danau.

• Air di dalam danau terisi secara alami

Danau vulkanik terbentuk secara alami dan bukan karena buatan manusia. Air yang mengisi danau biasanya berasal dari air hujan atau sumber mata air yang ada di dekat danau.

• Airnya memiliki kadar belerang yang tinggi

Salah satu unsur yang paling banyak dijumpai di gunung berapi adalah belerang. Jadi tidak heran jika bekas muntahannya juga mengandung sisa belerang. Danau yang berada di puncak gunung berapi ini, airnya juga mengandung belerang bahkan ada yang mempercayainya sebagai obat penyakit kulit yang manjur.

Selain sebagai sumber mata air baik bagi pertanian maupun kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, dan lain-lain. Danau juga memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai pembangkit tenaga listrik, tempat rekreasi, tempat pelestarian jenis tumbuhan dan hewan tertentu, sarana transportasi, dan masih banyak manfaat yang lainnya. Begitu banyaknya manfaat danau vulkanik di Indonesia sehingga kita harus melestarikannya agar danau tidak mengalami kerusakan.

Tidak hanya di Indonesia, jenis danau ini juga tersebar di seluruh dunia. Selain terkenal memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, jenis danau ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Berikut ini adalah beberapa contoh danau vulkanik yang paling indah di dunia.

• Danau Ijen

Danau ini sering disebut dengan kawah Ijen. Warna airnya yang biru kehijauan merupakan salah satu daya tarik dari danau ini. Selain sebagai objek rekreasi, kawah Ijen juga dijadikan sebagai situs pertambangan belerang.

• Danau Towada

Danau Towada merupakan danau kawah terbesar di Jepang. Danau ini telah berusia kurang lebih 13.000 tahun dan terletak diantara sebuah kaldera ganda.

• Danau Toba

Danau yang ada di Indonesia ini memiliki kaldera terbesar di Sumatra. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar no. 1 di dunia. Danau ini terbentuk sekitar 70.000 tahun yang lalu ketika gunung berapi yang besar meletus di lokasi tersebut.

• Danau Crater

Danau ini merupakan salah satu sumber air paling murni di Amerika. Air di danau ini sangat jernih dan berwarna biru. Danau ini terbentuk sekitar 7.700 tahun lalu ketika gunung Mazama meletus dan membentuk sebuah kaldera. Banyak warga sekitar yang menggunakan danau ini untuk beberapa acara spiritual.

Seiring dengan perkembangan zaman, kesadaran masyarakat akan pelestarian danau semakin berkurang. Banyak yang hanya memanfaatkan danau untuk kepentingan pribadi tanpa mempedulikan aspek kebersihan danau. Untuk menjaga keindahan dan kelestarian danau, perlu dilakukan beberapa upaya yang mampu menjaga fungsi danau. Beberapa diantaranya adalah.

• melakukan reboisasi di daerah yang ada di sekitar danau
• mencegah dan mengurangi polutan baik yang ada di sekitar danau maupun yang ada di dalam danau
• membuang sampah pada tempatnya

Danau vulkanik merupakan salah satu jenis danau yang memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Tugas kita sebagai generasi penerus adalah dengan merawat dan menjaga fungsi danau agar bisa dimanfaatkan untuk generasi yang akan datang. Selain dibutuhkan peran aktif dari pemerintah, kesadaran masyarakat akan pelestarian danau pun harus ditingkatkan agar danau semakin bersih dan indah.

#4 Contoh Danau Vulkanik dan Upaya Pelestariannya