#4 Manfaat Peta Bagi Manusia

Manfaat Peta - Pada dasarnya Peta adalah gambaran muka bumi yang tertuang pada sebuah bidang datar dalam skala tertentu. Biasnya pada  gambaran tersebut terdapat simbol-simbol yang mengindikasikan suatu ciri tertentu pada wilayah permukaan bumi tersebut.

Peta telah sejak lama digunakan oleh manusia dalam mendukung aktivitas yang dilakukannya. Benda satu ini sangat berkaitan erat dengan upaya penjelajahan suatu kawasan atau wilayah. Dengan adanya peta manusia dapat mengenali daerah yang akan mereka lalui. Lalu bagaimana sebenarnya manfaat Peta bagi kehidupan manusia ?

Peta memiliki syarat tersendiri agar benar-benar layak untuk digunakan. Adapun syarat Peta diantaranya adalah peta harus bersifat Conform dan Equidistance. Conform merupakan sifat peta yang dilihat dari aspek gambarnya. Gambar pada peta harus sinkron dengan wujud aslinya di lapangan.

Kemudian peta harus bersifat Equidistance, artinya skala wilayah pada peta harus sama dengan jarak wilayah yang sebenarnya. Dengan demikian seseorang  akan dapat dengan tepat mencapai suatu wilayah yang ada peta tersebut.

Peta juga termasuk salah satu benda yang bersifat universal. Artinya benda ini dapat digunakan oleh siapa saja dan untuk hal apapun. Tentu saja penggunaan peta haruslah dilakukan untuk hal-hal yang positif. Misalnya dalam kajian lingkungan, perekonomian, maupun aspek sosial. Sehingga manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan secara pribadi, namun juga dapat dirasakan oleh orang banyak. Untuk lebih jelasnya tentang kegunaan peta, berikut beberapa manfaat Peta bagi kehidupan manusia.

1. Mengetahui Jarak Suatu Wilayah

Manfaat Peta pertama bagi kehidupan manusia adalah dapat mengetahui jarak suatu wilayah dari wilayah lainnya. Sebagai diketahui, bahwa peta dibuat dengan skala tertentu dan skala tersebut dapat mewakili jarak yang sebenarnya.

Dengan mengukur jarak suatu wilayah pada peta dan mengaitkan dengan skala peta itu sendiri, maka seseorang bisa mengetahui jarak asli dari wilayah tersebut. Sehingga seseorang dapat melakukan persiapan tertentu yang berguna untuk menempuh perjalanan dalam jarak yang telah diketahui sebelumnya.

2. Mengetahui Arah

Lazimnya sebuah peta akan mencantum arah mata angin yang meliputi arah Barat, Timur, Selatan, dan Utara. Dengan melihat arah mata angin pada peta, seseorang dapat mengetahui letak suatu kawasan dari kawasan lainnya. Misalnya Indonesia terletak di sebelah Selatan Filipina, Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, dan sebagainya.

3. Mengetahui Kondisi Lingkungan

Manfaat Peta berikutnya bagi manusia adalah mengetahui kondisi lingkungan suatu daerah tertentu. Misalnya jika pada kawasan daerah itu terdapat garis khatulistiwa, maka dapat dipastikan bahwa daerah itu memiliki iklim tropis.

Selain itu, kondisi lingkungan suatu kawasan juga dapat dikenali dari warna kawasan tersebut pada peta. Misalnya, jika suatu kawasan memiliki warna hijau, maka kawasan tersebut merupakan dataran rendah. Jika berwarna cokelat, maka kawasan tersebut merupakan daerah pegunungan.

4. Menetapkan Lokasi Wirausaha

Manfaat Peta lainnya bagi kehidupan manusia adalah dapat membantu seseorang dalam menetapkan lokasi wirausaha yang akan ditekuni.  Misalnya jika ingin memulai usaha pertambakan, maka yang akan dibutuhkan adalah kawasan yang memiliki lokasi perairan. Dengan menggunakan peta, maka seseorang dapat melihat kawasan dengan perairan yang memadai untuk usaha pertambakan. Sehingga wirausaha yang akan ditekuni dapat berjalan secara optimal.

Itulah tadi beberapa manfaat dari peta bagi kehidupan manusia. Peta sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan aspeknya. Misalnya dari aspek isi, peta digolongkan menjadi Peta Umum dan Peta Khusus. Peta Umum biasanya menggambarkan keseluruhan bentuk alam pada permukaan bumi. Peta jenis ini meliputi Peta Dunia, Peta Topografi, dan Peta Korografi. Sedangkan Peta Khusus adalah peta dari kondisi kawasan tertentu saja, sehingga penggunaannya pun juga terbatas.

Di samping itu, peta juga dapat dibedakan dari aspek bentuk dan skala yang dimilikinya. Berdasarkan aspek bentuknya, peta terdiri atas Peta digital, Peta Relief, dan Peta Datar. Peta digital biasanya dibuat dengan menggunakan sistem komputer dan software tertentu. Kemudian Peta relief merupakan jenis peta yang menggambarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Sementara peta data merupakan bentuk peta dengan bidang dua dimensi. Sedangkan berdasarkan skalanya, peta digolongkan menjadi Peta Kadaster (Skala 1:100/ 1:5.000), Peta skala besar (1:5.000/ 1:250.000), Peta skala menengah (1:250.000/ 1:500.000), dan Peta skala kecil (1:500.000/ 1:1.000.000).

Sejatinya semua jenis peta memiliki informasi penting terkait dengan kondisi wilayah yang sebenarnya. Biasanya informasi-informasi berbentuk simbol-simbol tertentu. Simbol yang digunakan dapat berupa simbol titik, garis, bidang, serta warna. Oleh karena itu, pengetahuan tentang simbol-simbol yang ada peta sangat penting untuk dimiliki. Sehingga manfaat dari peta itu sendiri benar-benar dapat dirasakan.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat Peta dan jenis-jenis peta yang ada di dunia. Semoga informasi-informasi di atas dapat berguna dalam menambah wawasan Anda seputar Peta itu sendiri.

#4 Manfaat Peta Bagi Manusia