Peristiwa Alam di Indonesia yang Pernah Terjadi

Indonesia merupakan salah satu negara yang tercatat sebagai negara rawan bencana. Hal ini karena beberapa aspeknya seperti lokasinya yang dikelilingi oleh cincin api, merupakan tempat bertemunya beberapa lempeng bumi, dan sebagainya. Lalu, apa saja peristiwa alam di Indonesia yang pernah terjadi dan memberikan dampak kerugian pada ekosistem makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya? Berikut beberapa diantaranya.

1. Gunung Meletus
Peristiwa alam di Indonesia yang sering terjadi adalah gunung meletus. Seperti yang kita tahu, sebagian besar kawasan di Indonesia memiliki gunung berapi yang aktif dan bisa meletus sewaktu-waktu. Walaupun memberikan banyak kerugian seperti hilangnya banyak nyawa, ada pula dampak positif dari peristiwa alam tersebut. Material yang disemburkan saat gunung berapi meletus dapat membuat tanah menjadi lebih subur karena kandungan mineral di material semburan tersebut.

Di Indonesia telah tercatat banyak peristiwa gunung meletus. Beberapa contohnya adalah yang terjadi pada 2014 kemarin. Pada tahun tersebut, atau tepatnya tanggal 13 Februari, gunung Kelud yang ada di Kediri Jawa Timur meletus dan menyebabkan kerugian hingga radius tertentu. Pada tahun yang sama di bulan Januari juga terjadi letusan Gunung Sinabung yang terdapat di Sumatra Utara.

2. Gempa bumi
Peristiwa lainnya yang juga seingkali terjadi di Indonesia adalah gempa bumi. Peristiwa gempa bumi bisa terjadi ketika lempengan bumi mengalami pergerakan atau pergeseran. Akibatnya, saat gempa terjadi, berbagai jenis benda yang ada di permukaan tanah akan terasa bergoyang. Ketika terjadi dalam skala besar, salah satu peristiwa alam di Indonesia tersebut bisa merobohkan apa saja bahkan bangunan bertingkat sekalipun.

Ada banyak kasus gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah gempa berkekuatan 6,2 SR yang melanda kabupaten Bener Meriah dan Aceh Utara pada 2 Juli 2013 kemarin. Akibat gempa tersebut, ada sekitar 39 jiwa yang meninggal. Peristiwa gempa bumi juga terjadi di kawasan lainnya seperti Jawa pada 2 September 2009. Akibat gempa tersebut, sekitar 100 jiwa meninggal dunia.

3. Tsunami
Selain gempa bumi dan gunung meletus, bencana alam di Indonesia yang juga terjadi adalah Tsunami. Tsunami sendiri merupakan peristiwa naiknya air laut ke permukaan atau daratan hingga radius yang jauh. Peristiwa tersebut biasanya dipicu oleh gempa atau pergerakan lempeng yang ada di dasar laut. Dari sekian banyak kasus Tsunami yang terjadi di Indonesia, tsunami di Aceh dan Sumatra Utara pada tahun 2004 merupakan salah satu tsunami yang memilukan. Akibat peristiwa yang terjadi pada Desember 2004 tersebut, sekitar 168.000 warga Indonesia menjadi korbannya. Peristiwa ini bahkan juga memakan korban dari penduduk di negara-negara sekitar Samudra Hindia.

peristiwa alam


4. Banjir bandang
Contoh peristiwa lainnya yang juga terjadi di Indonesia adalah banjir bandang. Banjir itu sendiri bisa disebabkan oleh faktor manusia maupun faktor alam seperti tingginya curah hujan di suatu kawasan atau aktivitas membuang sampah di sungai yang membuat sungai tidak mampu menampung air. Salah satu contoh banjir bandang yang terjadi dalam skala besar adalah Banjir bandang di Langkat Sumatra Utara pada 2003 lalu. Akibat dari salah satu contoh peristiwa alam di Indonesia tersebut sekitar 129 orang meninggal dunia dan 100 orang lainnya dinyatakan hilang.

5. Tanah Longsor
Tanah longsor juga merupakan salah satu peristiwa yang seringkali terjadi di beberapa kawasan yang ada di Indonesia. Bencana alam tersebut bisa terjadi akibat ulah manusia maupun faktor alam itu sendiri. Ketika manusia seringkali menebang hutan, kepadatan tanah menjadi berkurang. Akibatnya, saat hujan turun, tanah tidak mampu menampung air yang meresap hingga akhirnya terjadilah tanah longsor.

Di tahun 2014, telah tercatat ada 413kejadian tanah longsor di Indonesia. Di tahun tersebut, tercatat sekitar 343 jiwa meninggal dunia akibat tanah longsor. Berdasarkan tingkat terjadinya, bencana ini paling sering melanda kawasan Sumatra Selatan disusul dengan provinsi Jawa Tengah dengan 272 kasus, Jawa Timur dengan 213 kasus, Aceh dengan 51 kasus, dan Jawa Barat yang memiliki 290 kasus tanah longsor.

6. Badai atau angin ribut
Selain beberapa peristiwa alam di Indonesia sebagaimana yang disebutkan di atas, jenis peristiwa lainnya yang juga seringkali terjadi adalah badai atau angin ribut atau juga angin topan. Bencana alam yang satu ini terjadi ketika ada perbedaan suhu dan tekanan di udara sehingga menyebabkan hembusan kencang yang bisa merusak benda-benda yang dilaluinya. Di Indonesia, salah satu jenis badai yakni puting beliung, pada 2014 saja telah tercatat terjadi sebanyak 496 kejadian.

Demikian beberapa contoh peristiwa alam yang pernah terjadi di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak contoh peristiwa alam di Indonesia, manakah yang pernah terjadi di sekitar tempat Anda tinggal?

Peristiwa Alam di Indonesia yang Pernah Terjadi