#5 Nama Danau di Indonesia yang Terkenal

Secara istilah, Danau adalah sebuah cekungan besar yang berada di suatu permukaan bumi dan digenangi oleh air. Pada umumnya danau dapat terjadi karena beberapa hal, seperti glester yang mencari dan mata air yang mengeluarkan air secara terus menerus. Air yang menggenangi danau  biasanya tergolong air tawar maupun air asin. Untuk danau yang digenangi oleh air tawar, kebanyakan berada pada daerah yang lebih tinggi. Danau sendiri dapat dijumpai dengan mudah di Negeri tercinta, Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia memiliki danau dengan namanya masing-masing. Bahkan diantara danau-danau tersebut, sudah sangat akrab dengan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan keindahan alam di sekitarnya yang masih terjaga. Berikut ini beberapa nama Danau di Indonesia dengan alamnya yang indah.

1. Danau Cermin
Danau satu ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kalimantan Timur. Dikatakan sebagai danau cermin, lantaran danau ini memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman 3 meter. Sehingga mata pengunjung dapat melihat secara langsung kehidupan di dalamnya tanpa  perlu menyelam terlebih dahulu.  Selain dikenal dengan Danau Cermin, danau Desa Labuan ini juga dikenal dengan nama Danau Dua Rasa.  Hal ini dikarenakan karena rasa dari air danau tersebut yang merupakan perpaduan antara air asin dan air tawar. Bahkan danau ini termasuk ke dalam daftar nama danau terindah yang ada di Indonesia. Pasalnya, selain air yang jernih, danau ini juga memiliki gradasi warna yang terdiri atas biru tua, toska, biru muda, dan putih. Sehingga tidak heran jika danau cermin ini digolongkan pada danau terindah. 

2. Danau Toba
Nama Danau di Indonesia berikutnya adalah Danau Toba. Danau satu ini sudah sejak lama telah akrab di telinga masyarakat. Bahkan legenda terbentuknya danau ini sering kali diangkat ke dalam industri perfilman tanah air. Danau Toba sendiri terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan panjang sekitar 100 Km, Lebar 30 Km, dan Kedalaman 450 m, menjadi Danau ini sebagai danau terbesar di Indonesia. Sehingga hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi Danau Toba sebagai salah satu objek wisata Sumatera Utara. Hal uni lain dari danau ini ialah adanya sebuah pulau yang berada di tengah-tengah danau, yaitu Pulau Samosir.  Pulau ini diketahui memiliki alam yang masih terjaga kelestariannya, lantaran belum terlalu sering dikunjungi oleh manusia. Pada pulau tersebut juga terdapat beberapa bukti peradaban manusia, yaitu berupa Kuburan Batu.

3. Danau Ranu Kumbolo
Nama Danau di Indonesia berikut ini cukup akrab di telinga para pendaki gunung. Secara geografis, danau ini terletak provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kaki Gunung Semeru. Danau ini  berada pada ketinggian 2.400 mdpl dan juga dikenal dengan sebutan surga yang tersembunyi. Pasalnya untuk mencapai ke danau Ranu Kumbolo ini, wisatawan harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Namun lelah dari upaya pendakian tersebut segera terlunaskan dengan pemandangan indah danau tersebut. Pada saat pendakian, wisatawan juga akan disuguhkan barisan pepohonan yang rindang dan menyejukkan. Kemudian pada malam harinya, dengan kondisi langit cerah maka wisatawan akan dapat menikmati gemerlap bintang. Agar kelestarian Danau Ranu Kumbolo tetap terjaga, maka para wisatawan dilarang mandi, menggunakan sabun, maupun buang air besar dan air kecil di danau tersebut.

nama danau di Indonesia

4. Danau Maninjau
Danau Maninjau adalah sebuah nama Danau di Indonesia yang berada Kabupaten  Agam, Sumatera Barat. Danau ini merupakan jenis danau vulkanik yang terletak pada ketinggian 460 mdpl. Untuk sampai ke Danau Maninjau, pengunjung harus melewati jalanan berkelok yang dikenal dengan sebutan Kelok 44. Danau ini menyuguhkan pemandangan bukit-bukit yang masih asri dan alami. Salah satu bukit memiliki puncak tertinggi dan menjadi salah satu objek wisata. Puncak tersebut dikenal dengan sebutan Puncak Lawang. Danau Maninjau juga termasuk ke salah satu danau terindah yang ada di Indonesia.

5. Danau Sentani
Selanjutnya, nama Danau di Indonesia yang juga memiliki panorama indah adalah Danau Sentani. Danau ini terletak di wilayah Indonesia paling Timur, yaitu Papua. Secara geografis, Danau Sentani berada di cagar alam Cycloops dengan ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani dikenal memiliki keindahan alam yang dihiasi oleh 21 pulau-pulau kecil. Bahkan kawasan sekitar danau ini memiliki hewan endemik, yaitu hiu gergaji dan ikan pelangi merah. Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan yang berkunjung ke danau juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, menyelam, dan naik sampan. Danau ini juga memiliki agenda tahunan yaitu berupa Festival Danau Sentani. Pada acara tersebut, akan ditampilkan upacara adat ,beberapa tarian adat, dan makanan khas Papua.

Itulah tadi 5 nama Danau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain kelima nama di atas, masih banyak nama-nama danau lainnya yang ada di Indonesia. Seperti Danau Singkarak, Danau Kerinci, Danau Poso, Danau Paniai, dan seterusnya. Demikianlah, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda tentang danau-danau yang ada di Indonesia.

#5 Nama Danau di Indonesia yang Terkenal