#5 Manfaat Air Tanah dalam Kehidupan Manusia

Manusia memiliki kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Jika tidak dipenuhi maka manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Kebutuhan utama itu adalah udara, air dan makanan. Ketiga hal ini adalah hal yang paling dibutuhkan manusia untuk bisa bertahan hidup. Jika salah satu saja tidak dipenuhi maka manusia bisa dipastikan tidak akan bisa bertahan hidup. Dalam ulasan ini akan dibahas tentang air sebagai kebutuhan utama manusia beserta manfaatnya. Air berasal dari berbagai sumber. Ada yang disebut sebagai air tanah yaitu air yang umumnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Apa sebenarnya air tanah itu dan apa saja manfaat air tanah untuk kehidupan? Berikut akan dibahas lebih lengkap.

Air tanah adalah semua jenis air yang terdapat di bawah lapisan tanah. Air tanah ini juga dibagi lagi menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam. Meskipun letaknya tersembunyi di bawah permukaan tanah, namun air yang tergolong dalam air tanah memiliki peranan penting. Air yang bersumber dari dalam tanah ini merupakan air dengan jumlah terbesar dibandingkan jenis permukaan maupun air  yang ada di atmosfer, yaitu sebesar 0.6 persen. Pada umumnya, air yang sering dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari manusia adalah air tanah dangkal. Dengan kedalaman antara 9-15 meter dari permukaan tanah, volume air tanah diklaim sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai manfaat air tanah juga bisa didapatkan selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyediakan Air Bersih
Manfaat air tanah yang pertama dan utama tentu saja untuk menyediakan air bersih alami yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia. Jenis air ini sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan air bersih karena air tanah tertutup dan dilindungi oleh batu-batuan. Air tanah terletak di dalam tanah yang mana sudah mengalir melewati berbagai jenis batuan. Batuan-batuan ini berfungsi sebagai alat penyaring alami. Maka dari itu, air ini dijadikan sebagai sumber air alami tanpa perlu difilter lagi.

2. Sebagai Sumber Pengairan Pertanian (Irigasi)
Manfaat dari air tanah ini yang tak kalah penting adalah sebagai sumber irigasi. Dalam pertanian, pengairan adalah hal yang sangat penting. Sistem dan jumlah pengairan yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil panen. Saat musim kemarau dengan curah hujan yang rendah, para petani masih harus mendapatkan air untuk mengairi tanamannya. Jika ketersediaan air di permukaan tanah sedikit, solusi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan air tanah. Caranya adalah dengan membuat sumur untuk mengalirkan air tanah ke permukaan dan dialirkan ke sawah.

manfaat air tanah

3. Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik
Semua orang sudah pasti tahu bahwa aliran air bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Biasanya untuk pembangkit listrik ini digunakan air permukaan seperti sungai atau danau. Siapa sangka jika manfaat air tanah yang selanjutnya bisa digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Jika pada air permukaan memanfaatkan aliran air, maka yang sedikit berbeda diterapkan untuk air tanah. Aliran air bawah tanah yang membentuk sungai dibendung terlebih dahulu. Setelah itu, air dipompa ke atas dan dialirkan ke power house. Disini air akan bekerja menggerakkan turbin yang bisa menghasilkan listrik.

4. Memenuhi Kebutuhan Industri
Tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, air tanah juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri. Manfaat air tanah dalam bidang industri ini memanfaatkan air tanah sebagai bahan baku maupun sebagai bahan tambahan pendukung proses produksi. Air tanah sebagai bahan baku utama biasanya diperlukan oleh industri-industri air minum kemasan. Air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh pabrik rata-rata mengambil air tanah sebagai bahan utamanya. Sedangkan untuk bahan pendukung, air tanah biasanya digunakan oleh industri pengrajin batik. Air ini sangat dibutuhkan dalam rangkaian proses pembuatan batik. Semakin baik kualitas air tanah yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan.

5. Sebagai Sarana Wisata
Pemanfaatan air tanah sebagai sebuah destinasi wisata memang masih cukup asing, namun bukan berarti tidak ada. Adanya sungai bawah tanah merupakan sebuah alternatif wisata yang cukup digemari belakangan ini. Adanya aliran sungai bawah tanah ini kemudian dimanfaatkan untuk membuat kegiatan menyenangkan seperti diving dan black water rafting yang biasanya dilakukan di sungai bawah tanah.

Sebagai salah satu sumber kehidupan, air memang harus dipenuhi, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Sama halnya dengan adanya air tanah. Ada beragam manfaat air tanah yang bisa diambil dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain memenuhi kebutuhan air bersih untuk dikonsumsi, air tanah juga bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan. Bisa dilihat dari manfaat yang bisa diambil dari adanya air tanah untuk pertanian, sumber energi hingga sebagai sarana wisata. Jika bisa memanfaatkannya dengan bijak, kita juga akan bisa menikmati beragam manfaat ini lebih lama.

#5 Manfaat Air Tanah dalam Kehidupan Manusia