Senin, 27 November 2017

#4 Tips Cara Menggunakan Kompas Geologi

Kompas geologi merupakan alat yang berguna untuk mengukur kemiringan lereng, mengukur azimuth pada kelurusan struktur, ataupun mengukur kemiringan lapisan batuan dan kedudukan lapisan batuan. Dalam kompas geologi Anda akan menemukan lingkaran dalam derajat, clinometer disertai tabung yang digunakan untuk mengukur kemiringan, nivo leveling serta sebuah jarum magnit. Kompas geologi merupakan alat yang sangat penting untuk membantu pekerjaan kita. Adapun cara menggunakan kompas geologi harus tepat agar mendapatkan hasil yang akurat.

Terdapat beberapa cara menggunakan kompas geologi. Cara penggunaan kompas geologi berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan. Namun sebelum mulai digunakan, terdapat empat hal yang harus Anda pastikan, yakni sebagai berikut:

1. Cek deklanasi dan inklanasi
Deklanasi merupakan jumlah sudut penyimpangan antara utara yang sebenarnya dengan arah utara magnetis. Ukuran deklanasi berbeda-beda di tiap daerah. Cara untuk mengetahuinya adalah melihat salah satu tepi yang terdapat di peta. Ketika Anda menggunakan kompas geologi di suatu tempat, kompas yang digunakan harus sesuai dengan deklinasi yang berada di lokasi tersebut. Anda dapat menyesuaikan kompas dengan memutar lingkaran dengan derajat yang berada di dalam kompas ke kanan ataupun ke kiri. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan arah utara magnetis dan utara sesungguhnya. Poin nol harus disesuaikan dengan indeks pin yang berada di kompas, dan disesuaikan dengan besarnya deklanasi. Sementara itu, inklanasi merupakan situasi ketika jarum magnet tidak berada dalam posisi horizontal. Apabila diposisikan secara horizontal, ujung jarum kemudian terkena kaca penutup sehingga pembaca kompas dapat gagal membaca kompas dengan benar. Adapun cara mengubahnya adalah menggeser pemberat yang berada di lengan jarum ke tengah ataupun ke ujung.

2. Lakukan pengukuran untuk mengukur sudut lereng
Sudut lereng sendiri besarnya dapat diukur dengan penggunaan kompas geologi. Cara menggunakan kompas geologi untuk mengukur sudut lereng adalah dengan membaca klinometer. Membaca sudut lereng pun dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

- Mulailah cara menggunakan kompas geologi dengan membuka kompas hingga kompas membentuk sudut 45°. Peganglah kompas dengan menekuk tangan sebesar 90°. Arahkan ke titik yang diinginkan melalui lubang penglihatan yang dinamakan ‘sighting window’ dan ‘peep sight’. Pastikan titik tersebut sejajar dengan mata. Atur kesejajarannya dengan menggerakkan kompas ke atas ataupun ke bawah. Putar pengatur yang berada di belakang kompas untuk menggerakan klinometer. Gelembung yang berada di nivo lonjong harus dapat dilihat lewat cermin. Angka yang ditujukan adalah besar sudut lereng yang ditunjukkan oleh klinometer.

3. Lakukan penentuan azimuth (arah)
Azimuth merupakan arah posisi titik yang hendak dituju dari lokasi kita berdiri. Adapun tips cara menggunakan kompas geologi untuk menentukan arah adalah sebagai berikut:

- Tahap pertama dalam cara menggunakan kompas geologi adalah pegang kompas setinggi dada atau pinggang. Buka kompas hingga kompas membentuk sudut 135° dan hadapkan kedepan. Putar kompas hingga sampai pada titik yang terlihat dalam tutup kompas dan sejajar atau berhimpit dengan ujung penunjuk ‘sighting arm’ serta garis hitam cermin. Ketika nivo leveling sudah menempati posisi tengah. Catat angka yang ditunjuk pada jarum utara kompas.

4. Lakukan pengukuran kemiringan
Sebelum melakukan pengukuran lebih jauh, Anda juga harus memastikan pengukuran kemiringan. Dengan mengukur kemiringan secara tepat, Anda bisa mulai menggunakan kompas geologi sebagaimana mestinya. Adapun cara penggunaan untuk mengukur kemiringan adalah dengan menaruh permukaan yang memiliki tulisan W agar tegak lurus sesuai dengan jurus yang sudah diukur. Atur gelembung hingga gelembung yang berada pada nivo lonjong terletak di tengah. Selanjutnya, baca angka yang berada pada skala clino, dan catatlah angka yang berada disana.


cara menggunakan kompas geologi
Gambar cara menggunakan kompas geologi.

Daftar di atas merupakan cara penggunaan kompas geologi yang baik dan benar. Gunakan tahap-tahap di atas agar mampu mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Pastikan untuk melakukan tahap-tahap tersebut dengan perlahan dan hati-hati. Hal ini dikarenakan kesalahan pengukuran dapat berakibat fatal pada tahap penelitian Anda selanjutnya. Oleh karena itu, tidak perlu terburu-buru ketika melakukan pengukuran dengan kompas geologi, agar Anda dapat memperoleh hasil yang akurat.

Hal ini terutama dikarenakan cara menggunakan kompas geologi cukup rumit, terlebih apabila Anda seorang pemula yang belum memahami cara kerja kompas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka tips pertama adalah pastikan Anda memahami komponen apa saja yang berada dalam kompas geologi. Selain itu, pahami juga fungsi dari komponen-komponen tersebut dengan baik. Banyaknya komponen yang ada dalam satu kompas cukup membingungkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat kompas geologi Anda. Apabila tidak dirawat dengan baik, maka dikhawatirkan komponen seperti jarum maupun leveling dapat berubah dan menghasilkan pengukuran yang tidak akurat. Oleh karena itu, jangan menaruh kompas geologi pada tempat yang terhimpit ataupun tempat yang kotor.