Sabtu, 07 Oktober 2017

Peta dan Profil Negara Perancis (France)

Negara Perancis (France) terletak di Eropa Barat, Perancis memiliki garis perbatasan 2.751.00 km, dimana dengan Andorra (55 km), Belgia (556 km), Jerman (418 km), Italia (476 km), Luksemburg (69 km), Monaco (6 km), Spanyol ( 646 km) dan Swiss (525 km). Selain itu Guyana Perancis memiliki perbatasan sepanjang 1205 km sepanjang Suriname dan Brazil. Perancis terlibat dalam sengketa teritorial terhadap berbagai pulau yang melibatkan Madagaskar, Suriname, Vanuatu, dan Komoro.

Perancis adalah negara Eropa yang mempunyai luas wilayah 643.801,00 km2, dimana 0.52% adalah perairan dan 640.427,00 km2 adalah daratan. Wilayah Perancis juga mencakup wilayah luar negeri Guyana Perancis, Guadeloupe, Martinique, Mayotte, dan Reunion. Hal ini menjadikannya sebagai negara terluas ke-44 di dunia atau empat kali ukuran Georgia. Koordinat geografis Perancis adalah 46 00 N, 2 00 E dan Paris adalah ibukotanya. Nama Perancis berasal dari bahasa Latin "Francia". Kode ISO-nya adalah FR.

Baca juga: Peta dan Profil Negara China (Cina)

Peta Negara Perancis

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Perancis dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Perancis, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

peta dan profil negara perancis

Negara-negara yang berbatasan dengan Perancis: Belgia, Luxembourg, Andorra, Jerman, Italia, Swiss, Monako, dan Spanyol.

Kota-kota di Perancis: Basel, Amiens, Bayeux, Bayonne, Besanoon, Angers, Avignon, Bordeaux, Bourges, Brest, Caen, Chambery, Cherbourg, Cannes, Chalons sur Marne, Clermont Ferrand, La Rochelle, Dax, Dijon, Grenoble, Le Havre, Loriant, Lourdes, Lyon, Marseille, Le Mans, Lille, Limoges, Metz, Nantes, Nice, Nimes, Orleans, Paris, Pau, Montpellier, Mullhouse, Nancy, Perpignan, Rouen, Saint Nazaire, Strasbourg, Toulon, Tours, Troyes, Poitiers, Port Bou, Reims, Toulouse dan Valenciennes.

Lokasi Penting di Perancis: Baie de Douarnenez, Alps, Baie de la Seine, Bay of Biscay, Baie de Bourgneuf, Dordogne River, Terusan Inggris, Golfe du Lion, Golfe du Morbihan, Lac d'Annecy, Sungai Gironde, Golfe de St.-Malo, Lac de Grand Lieu, Lac Leman, Sungai Loire, Sungai Lot, Sungai Marne, Lac de Serre-Poncon, Lac du Bourget, Laut Mediterania, Sungai Meuse, Sungai Rhone, Sungai Seine, Selat Dover, Sungai Moselle, Pegunungan Pyrenees, dan Pegunungan Ural.

Profil Negara Perancis

Dibawah ini merupakan profil negara Perancis yang mencakup geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, bahaya alam (natural hazard), dan isu lingkungannya.

Geografi
Perancis memiliki ketinggian rata-rata 375m dpl. Titik terendahnya adalah delta Sungai Rhone yang berada di bawah permukaan laut. Elevasinya tertingginya adalah Pegunungan Blanc yang tingginya 4.807m.

Iklim di sebagian besar wilayah negara ini bervariasi, dari sejuk hingga dingin, dengan musim panas yang lebih hangat dan musim dingin yang lebih dingin terutama di wilayah selatan Mediterania. Daerahnya sebagian besar landai, dengan perbukitan bergelombang di utara dan barat serta pegunungan di bagian selatan dan timur.

Jumlah Penduduk (Populasi)
Perancis memiliki populasi sebanyak 66.836.154 orang, menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-21 di dunia. Sebagian besar penduduk negara ini tinggal di sebelah tenggara dan utara.

Baca juga: Peta dan Profil Negara India

Bahasa Prancis merupakan bahasa resmi. Kelompok etnis utama yang dilaporkan adalah Celtik dan Latin dengan minoritas Slavia, Teutonik, Indocina, Afrika Utara, dan Basque. Mayoritas penduduknya memeluk agama Katolik Roma, dengan minoritas Muslim. Kode panggilan untuk negara ini adalah 33.

Pemerintahan
Perancis merupakan sebuah negara merdeka. Republik Perancis didirikan pada tahun 1792. Konstitusi terakhirnya diratifikasi pada tahun 1958 dengan sistem pemerintahan Semi-Presidensial Republik.

Ekonomi
GDP (PPP) Prancis adalah $2,700,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita $42,400.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-10 di dunia serta warganya terkaya ke-38 di dunia. Mata uang negara ini adalah Euro (EUR).

Mitra ekspor utamanya adalah Jerman, Spanyol, dan Amerika Serikat. Ekspor utamanya adalah mesin dan peralatan transportasi, serta pesawat terbang. Mitra impor utamanya adalah Jerman, China, dan Italia. Impor utamanya meliputi mesin serta peralatannya, kendaraan, minyak mentah, dan pesawat terbang.

Sumberdaya Alam
Perancis memiliki beberapa sumber mineral yang meliputi bijih besi, bauksit, seng, feldspar, fluorospar dan gypsum. Berbagai sumberdaya alam lainnya dari negara ini meliputi kalium, antimon, arsenik, batubara, uranium, kayu, dan ikan.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Argentina

Bahaya Alam
Perancis memiliki banyak bahaya alam (Natural Hazard), beberapa di antaranya adalah: banjir, tanah longsor, badai angin musim semi, kekeringan, serta kebakaran hutan yang sering terjadi di bagian selatan dekat Mediterania.

Isu Lingkungan
Perancis memiliki masalah pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara dan air. CIA "The World Factbook" melaporkan bahwa polusi udara banyak berasal dari emisi industri dan kendaraan, dan polusi air berasal dari limbah perkotaan dan limpasan aktivitas pertanian. Di negara ini juga terjadi beberapa kerusakan hutan akibat hujan asam.