Jumat, 06 Oktober 2017

Peta dan Profil Negara Argentina

Negara Argentina Berada di sebelah selatan Amerika Selatan. Argentina memiliki panjang garis perbatasan 11.968.00 km, dimana dengan Chile (6.691 km), Paraguay (2.531 km), Bolivia (1.210 km), Brasil (1.263 km), dan Uruguay (541 km). Kepulauan Sandwich Selatan dan Kepulauan Falkland, Georgia Selatan telah menjadi subyek perselisihan teritorial antara Argentina dan Inggris.

Baca juga: Peta dan Profil Negara India

Argentina merupakan negara di Amerika Selatan dengan luas 2.780.400,00 km2, dimana 1,57% adalah perairan dan 2.736.690,00 km2 adalah daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-9 di dunia atau sedikit kurang dari tiga per sepuluh ukuran AS. Koordinat geografisnya adalah 34 00 S, 64 00 W dan Buenos Aires adalah ibukota negaranya. Kode ISO-nya adalah AR.

Peta Negara Argentina

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Argentina dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Argentina, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

peta dan profil argentina


Negara-negara yang berbatasan dengan Argentina: Paraguay, Chile, Brasil, Uruguay, Bolivia.

Kota-kota di Argentina: Bahia Blanca, Avellaneda, Bahia Blanca, Buenos Aires, Comodoro Rivadavia, Concordia, Catamarca, Cipolletti, Cordoba, Formosa, General Villegas, Corrientes, Curuzu Cuatia, Gobernador Gregores, Lanus, Las Heras, La Plata, La Ribja, Mar del Plata, Mercedes, Mercedes, Moron, Necochea, Neuquen, Puerot Santa Cruz, Parana, Posadas, Puerto Deseado, Punta Alta, Renanco, Rawson, Rawson, Realico, Resario, Resistencia, Salta, Rio Cuarto, Rio Gallegos, San Carlos de Bariloche, San Nicolas, San Justo, San Luis, San Rafael, Santa Fe, San Salvador de Jujuy, Santa Rosa, Trelew, Santiago del Estero, Telen, Ushuaia, Viedma, Venado Tuerto, Villa Nueva dan Zapala.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Australia

Lokasi Penting di Argentina: Bahia Flasa, Bahia Grande, Atlantic Ocean, Bahia Blanca, Bahia Union, Cordillera de los Andes, Golfo San Matias, Gran Laguna Salada, Golfo Nuevo, Golfo San Jorge, Lago Argentino, Lago Pueyrredon, Lago Buenos Aires, Lago Cardiel, Lago Viedma, Laguna Ibera, Rio Chico, Rio Chubut, Laguna mar Chiquita, Pacific Ocean, Rio Colorado, Rio Pilcomayo, Rio Deseado, Rio Parana, Rio Salado dan Uruguay River.

Profil Negara Argentina

Dibawah ini merupakan profil negara Argentina yang mencakup geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, bahaya alam (natural hazard), dan isu lingkungannya.

Geografi
Argentina memiliki ketinggian rata-rata 595 m dpl. Elevasi terendahnya adalah Laguna del Carbon (terletak di antara Puerto San Julian dan Comandante Luis Piedra Buena di provinsi Santa Cruz) yang berada di -105m di bawah permukaan laut. Elevasi tertinggi adalah Cerro Aconcagua (terletak di sudut barat laut provinsi Mendoza, titik tertinggi di Amerika Selatan) yang tingginya 6.960 m dpl.

Jumlah Penduduk (Populasi)
Argentina memiliki populasi sebanyak 43.886.748 orang, menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-32 di dunia. Sepertiga penduduk negara ini tinggal di Buenos Aires. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi; Italia, Inggris dan Jerman juga sering dipakai. Kelompok etnis yang paling banyak adalah orang Eropa dan mestizo. Penduduknya kebanyakan menganut agama Katolik Roma. Kode panggilan untuk negara ini adalah 54.

Pemerintahan
Argentina merupakan negara yang merdeka dari Spanyol pada tahun 1816. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1853 dengan sistem pemerintahan Republik Presidensial.

Ekonomi
GDP (PPP) Argentina adalah $ 879.000.000.000,00 (USD) dengan GDP per kapita $ 20,200.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan ekonomi terbesar ke-26 di dunia serta warganya terkaya ke-82 di dunia. Mata uang Argentina adalah Peso (ARS).

Baca juga: Peta dan Profil Negara China (Cina)

Mitra ekspor utamanya adalah Brazil, China, dan Amerika Serikat. Ekspor utamanya adalah kedelai, minyak bumi, dan kendaraan. Mitra impor utamanya adalah Brazil, China, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi mesin, kendaraan bermotor, minyak bumi, dan gas alam.

Sumberdaya Alam
Sumberdaya logam Argentina meliputi timbal, seng, timah, tembaga, bijih besi dan mangan. Sumberdaya bahan bakar meliputi minyak bumi dan uranium.

Bahaya Alam (Natural Hazard)
Argentina memiliki kejadian banjir yang parah, dan di sebelah timur laut sering dilanda badai angin kencang, yang disebut pamperos. San Miguel de Tucuman dan Mendoza (daerah di Andes) sering mengalami gempa bumi.

Isu Lingkungan
Argentina adalah pemimpin dunia dalam mengurangi efek gas rumah kaca. Namun, mereka masih memiliki sejumlah masalah lingkungan yang khas akibat ekonomi industrialisasi mereka. Ini termasuk: polusi udara, polusi air, degradasi tanah, penggundulan hutan, serta desertifikasi.