Selasa, 22 Agustus 2017

Simbol Peta Berdasarkan Bentuk dan Artinya

Simbol peta merupakan bahasa dalam peta. Dengan kata lain, ada informasi yang disampaikan ketika Anda menemukan simbol pada peta. Seperti aspek lainnya pada peta, simbol dalam peta juga diklasifikasikan menjadi beberapa hal. Pengelompokan simbol tersebut berdasarkan pada bentuk dan artinya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Jenis-jenis Peta Berdasarkan Beberapa Aspek

Pembagian Simbol Peta Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, simbol peta dikelompokkan menjadi 3 yaitu simbol titik, simbol garis, dan simbol bidang. Simbol ini diaplikasikan pada peta untuk merepresentasikan suatu lokasi atau unsur lain yang berkaitan dengan skala peta.

Sebagai contoh, pada skala 1:1.000.000, suatu titik bisa merepresentasikan suatu kota. Namun, untuk skala lain seperti 1:1.000, simbol titik belum tentu menunjukkan kota karena biasanya kota disimbolkan dengan bidang.

Sementara itu, simbol garis atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan line simbols ini diterapkan dengan menerapkan garis-garis. Obyek yang direpresentasikan oleh simbol ini antara lain sungai, garis pantai, jalan, batas administratif, batas hutan, dan lain sebagainya.

Sedangkan, simbol yang terakhir yaitu simbol bidang atau simbol area diterapkan untuk mewakili unsur yang memiliki bentuk bidang luas. Contoh obyek yang direpresentasikan oleh simbol ini antara lain hutan, kawasan kabupaten X, areal persawahan, dan sebagainya.

simbol peta

Pembagian Simbol Peta Berdasarkan Artinya

Berdasarkan artinya, lambang peta ini bagi menjadi dua yaitu simbol kuantitatif dan kualitatif. simbol kualitatif merupakan simbol yang menggambarkan kualitas dan keadaan asli dari unsur yang ada di permukaan bumi.

Sementara itu, simbol kualitatif lebih menekankan representasi dari segi besaran atau banyak sedikitnya anggota suatu unsur yang diwakili. simbol kuantitatif ini sendiri bisa berbentuk bidang, garis, atau titik.

Baca juga: Apa itu Peta Geologi ?

Kedua jenis simbol di atas, yaitu simbol kualitatif dan kuantitatif masing-masing dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu simbol huruf atau angka, simbol geometric, dan simbol pictorial. Simbol pictorial disebut juga dengan simbol descriptif. Simbol peta ini menggambarkan bentuk asli dari unsur yang diwakili.

Karena merepresentasikan seperti aslinya, mereka yang melihat simbol ini umumnya bisa langsung mengenai dengan mudah. Sayangnya, peletakan simbol terkadang tidak bisa tepat dengan letak unsur sebenarnya. Selain itu, beberapa simbol juga lumayan sulit digambar.

Sementara itu, untuk simbol geometric pembaca terkadang harus mengecek legenda untuk bisa memahami suatu simbol geometric. Seperti simbol pictorial, simbol geometric juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan dari simbol ini terletak pada tidak adanya hubungan visual pada simbol dengan unsur yang diwakili. Walau begitu, ada beberapa kelebihan dari simbol ini, yaitu penempatan simbol yang lebih akurat serta penggambarannya yang mudah.

Baca juga: Apa Saja Unsur-Unsur Peta ?

Sementara itu, simbol yang terakhir yaitu simbol angka dan huruf memiliki keuntungan yaitu mudah dipahami dan mudah digambar. Sayangnya, simbol ini memiliki kekurangan yaitu kurang akuratnya penempatan lokasi dan agak membingungkan karena huruf atau angka pada simbol peta ini mudah berhimpitan.