Minggu, 27 Agustus 2017

Negara Australia : Peta, Jumlah Penduduk, dan Sistem Pemerintahan

Negara Australia terletak di Oseania. Negara Australia adalah sebuah negara kepulauan. Pada tahun 2007, Australia dan Timor-Leste menyetujui sebuah perjanjian pengembangan dan pembagian pendapatan selama 50 tahun.

Australia adalah negara Oseania dengan luas 7.741.220,00 km2, dimana 0,76% merupakan perairan dan 7.682.300,00 km2 merupakan daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-7 di dunia (sedikit lebih kecil dari 48 negara bagian AS).

Koordinat geografis negara Australia adalah 27 00 S, 133 00 E dan Canberra merupakan ibu kota negara Australia. Kode ISO negara Australia adalah AU.

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Australia dalam peta, lengkap dengan perbatasan antar negaranya.

peta australia dan profil

Geografi dan Populasi

Australia memiliki ketinggian rata-rata 330 m dpl. Ketinggian terendahnya adalah Danau Eyre yang berada di ketinggian 15m di bawah permukaan laut. Elevasinya yang tertinggi adalah Gunung Kosciuszko yaitu 2.229m.

Negara Australia memiliki iklim yang gersang dan semi kering, berkisar dari daerah beriklim sedang di selatan dan timur serta beriklim tropis di utara. Daerahnya terdiri dari dataran rendah dengan padang pasir, serta dataran subur di sebelah tenggara.

Australia memiliki populasi atau jumlah penduduk 22.992.654 menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-56 dunia. Bahasa Inggris adalah bahasa lisan yang paling umum di Australia.

Kelompok etnis utama di negara ini adalah Inggris, Australia, Irlandia, dan Skotlandia. Agama mayoritas di Australia adalah agama Kristen Protestan, walaupun banyak juga yang tidak mempunyai agama. Kode panggilan (telepon) untuk negara ini adalah 61.

Pemerintahan dan Ekonomi

Australia adalah sebuah negara merdeka. Mereka merdeka dari Inggris pada tanggal 1 januari 1901. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1901. Sistem pemerintahan negara Australia adalah Demokrasi parlementer (Parlemen Federal) dibawah monarki konstitusional; Sebuah wilayah Persemakmuran.

PDB negara Australia adalah $ 1.190.000.000.000,00 (USD) dengan $ 48.800,00 (USD) per kapita. Hal ini menjadikannya sebgai negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-19 dan warganya terkaya ke-28 dunia. Mata uang Australia adalah Dollar (AUD).

Mitra ekspor utama negara ini adalah Jerman, Amerika Serikat, dan Italia. Ekspor utamanya berupa batubara, bijih besi, emas, dan daging. Mitra impor utamanya adalah China, Amerika Serikat, dan Jepang. Impor utamanya meliputi mesin dan peralatan transportasi, komputer dan mesin kantor, dan peralatan telekomunikasi.

Update Profil Negara Australia: 1 Agustus 2017

Mengapa Geologinesia membuat profil negara Australia?? jawabannya karena banyak pelaku bisnis pertambangan di Indonesia merupakan orang Australia. Mereka umumnya berada pada bidang pertambangan emas, tembaga, bijih besi, minyak bumi, batubara serta nikel.

Sebagai geologist yang nantinya banyak berinteraksi dengan orang Australia, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu profil maupun budayanya.