Kamis, 31 Agustus 2017

Negara Amerika Serikat (USA) : Peta, Jumlah Penduduk, dan Sistem Pemerintahan

Negara Amerika Serikat (USA) terletak di Benua Amerika bagian Utara. Negara Amerika Serikat memiliki garis perbatasan sepanjang 12.048,00 km, dengan Kanada (8.893 km), termasuk 2.477 km dengan Alaska, serta Meksiko (3.155 km). Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian pembagian wilayah perairan dengan Meksiko, dan perselisihan beberapa lahan perbatasan dengan Kanada di Arktik.

Amerika Serikat adalah sebuah negara dengan luas 9.833.517.00 km2, dimana 6,98% merupakan perairan dan 9.147.593,00 km2 merupakan daratan. Negara ini mencakup hanya 50 negara bagian dan 1 distrik yaitu "District of Columbia". Dengan luasan yang demikian maka Amerika Serikat merupakan negara terluas ke-4 di dunia (sekitar setengah ukuran Rusia atau tiga per sepuluh ukuran Afrika).

Koordinat geografis Amerika Serikat adalah 38 00 N, 97 00 W. Washington adalah ibu kota negara Amerika Serikat. Nama Amerika berasal dari Amerigo Vespucci, penjelajah, navigator, serta kartografer Italia. Kode ISO negara Amerika Serikat adalah US.

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Amerika Serikat dalam peta, lengkap dengan perbatasan antar negaranya.

peta dan profil negara amerika serikat

Geografi dan Populasi

Amerika Serikat memiliki ketinggian rata-rata 760 m dpl. Ketinggian terendahnya adalah Death Valley (titik terendah di Amerika Utara) yaitu -86m di bawah permukaan laut. Ketinggian tertinggi adalah Denali (Gunung McKinley) (titik tertinggi di Amerika Utara) yang tingginya 6,190 m atas.

Iklim di Amerika Serikat pada umumnya hangat hingga beriklim sedang, terkadang sangat dingin. Daerahnya terdiri dari dataran tinggi yang luas dengan pegunungan di barat, berjejer pegunungan dlow di timur, lembah sungai yang luas di Alaska, maupun topografi vulkanik di Hawaii.

Amerika Serikat memiliki populasi atau jumlah penduduk 323.995.528 jiwa, menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-3 di dunia. Kelompok populasi dapat ditemukan di beberapa daerah termasuk Great Lakes, pesisir timur dan negara bagian barat yang ekstrem.

Bahasa Inggris, Spanyol, dan bahasa Indo-Eropa lainnya merupakan bahasa yang paling sering digunakan di Amerika Serikat. Kelompok etnis yang paling banyak adalah kulit putih (Eropa), diikuti oleh kulit hitam (Afrika), dan Asia. Mayoritas penduduk memeluk agama Katolik Roma atau Kristen. Kode panggilan (telepon) untuk negara ini adalah 1.

Pemerintahan dan Ekonomi

Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli Tahun 1776. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1788. Sistem pemerintahan negara Amerika Serikat adalah Republik Federal Konstitusional.

PDB negara Amerika Serikat adalah $ 18.600.000.000.000,00 (USD) dengan $ 57.300,00 (USD) per kapita. Hal ini menjadikannya sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-2 dan warganya yang terkaya ke-19 dunia. Mata uang Amerika Serikat adalah Dollar (USD).

Mitra ekspor utama negara ini adalah Kanada, Meksiko, serta China. Ekspor utamanya yaitu produk pertanian, perlengkapan industri, dan barang modal. Sedangkan mitra impor utamanya adalah China, Kanada, dan Meksiko. Impor utamanya meliputi produk pertanian, pasokan industri, barang modal, dan barang konsumsi.

Update Profil Negara Amerika Serikat: 1 Agustus 2017

Mengapa Geologinesia membuat profil negara Amerika Serikat?? jawabannya karena banyak pelaku pertambangan di Indonesia merupakan orang Amerika Serikat. Mereka umumnya berinvestasi maupun sebagai pekerja pada bidang pertambangan mineral, minyak bumi, serta industri metalurgi.

Sebagai geologist yang nantinya banyak berinteraksi dengan orang Amerika Serikat, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu profil maupun budayanya.