Rabu, 30 Agustus 2017

Horizon Tanah yang Harus Anda Ketahui

Tanah ialah sumber daya alam penting. Ia merupakan sumber daya yang dibutuhkan semua pihak baik manusia, hewan dan tumbuhan. Ada banyak variasi tanah antara lain tanah lumpur, tanah rawa dan gurun pasir. Tanah memiliki banyak lapisan yang kerap dinamakan horizon tanah.

Baca juga: Mengenal lebih jauh tentang Lapisan Tanah

Tiap lapisan tanah memiliki karakteristik dan tipe yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa lapisan tanah yang tersusun atas lapisan teratas hingga  terbawah. Simaklah info di bawah ini baik-baik!

1. Horizon O
Horizon tanah paling atas adalah horizon O. Horizon ini mengandung banyak mineral yang dihasilkan dari pelapukan dan pembusukan tanaman atau daun-daun yang jatuh berguguran. Lapisan tanah yang mengandung humus ini memiliki warna agak gelap cenderung kehitaman dan agak tipis jika dibandingkan  dengan lapisan tanah lainnya.

2. Horizon A
Di lapisan kedua adalah horizon B yang sering dinamakan lapisan topsoil. Tanah ini merupakan hasil dari mineral dan pelapukan bahan organik. Tanah ini berwarna coklat agak tua hingga kehitam-hitaman. Tanah ini cukup subur karena tidak jauh dengan horizon O. Tebal tanah ini kurang lebih 20 hingga 35 cm.

3. Horizon B
Lapisan tanah yang selanjutnya ialah horizon B. Lapisan tanah ini dinamakan lapisan sobsoil dan merupakan tempat dimana penimbunan terjadi. Pengendapan yang terjadi di bagian lapisan ini merupakan hasil pencucian bahan material dari lapisan sebelumnya. Berbeda dari horizon A, horizon pada lapisan tanah ini berwarna merah agak kekuningan. Warna tanah ini menandakan jika tanah sudah mulai hilang akan kesuburannya.

Baca juga: Ketahuilah Penyebab Tanah Longsor

4. Horizon C dan R
Lapisan C sangat unik karena terdiri dari batuan-batuan. Lapisan tanah ini belum mengalami pelapukan kimiawi sehingga penampakannya sangat berbeda dibandingkan dengan lapisan sebelumnya. Bahkan, akar tanaman pun tak mampu menembus bagian horizon tanah ini. Selain C, ada pula lapisan R. Sama seperti horizon C, lapisan R ini berbentuk lapisan dengan tekstur lebih keras.

Lapisan tanah ini merupakan lapisan tanah terdalam. Lapisan tanah ini bisa menjadi tanah namun harus membutuhkan waktu yang sangat lama. Di horizon ini sama sekali tak ada tanah sehingga lapisan ini mendapat julukan sebagai lapisan batuan induk.

horizon tanah

Nah, itulah hal yang harus Anda ketahui tentang berbagai lapisan yang ada di dalam tanah. Mengetahui tentang horizon ini sangat penting, apalagi bagi Anda yang bekerja langsung dengan tanah. Jika paham mengenai horizon ini, Anda bisa mengetahui bagaimana keadaan tanah yang akan digunakan.

Baca juga: Macam-macam Jenis Tanah

Dari warna tanah, bisa terlihat dengan jelas bagaimana kesuburan tanah tersebut. Bahkan, bisa diketahui berapa kira-kira umur tanah. Hal ini merupakan informasi yang penting terutama bagi Anda yang berencana menanami tanah ini. Semoga info tentang horizon tanah ini bisa bermanfaat.